Dear Podcaster, Simak Cara Membuat Podcast yang Menarik Yuk!

0
22
equipment podcast

Belakangan ini podcast tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Makin banyak channel podcast yang dibuat, baik dari selebriti, influencer, hingga kreator konten. Terbukti dengan riset yang dilakukan oleh Demand Sage bahwa pada tahun 2022 saja. Terdapat 2.4 juta podcast dengan 66 juta episode di seluruh dunia, lho. Fantastis, bukan? Karena itu, diperlukan cara membuat Podcast yang menarik untuk mendapatkan antusias yang banyak di kalangan pendengar. 

Satu hal yang membuat podcast digemari adalah topik yang disuguhkan menarik dan dibawakan dengan santai. sehingga pendengarnya bisa menyimak kapan dan di mana saja. Tentunya selain topik yang menarik, produksi yang baik pun dibutuhkan. Agar para pendengar podcast bisa menikmati pembicaraan yang ada dengan nyaman. 

Mengenal Podcast Lebih Dekat

Pada dasarnya, podcast adalah hasil rekaman audio (biasanya perbincangan) yang diunggah lewat media internet dan akhirnya bisa didengarkan oleh orang banyak. Secara teknis, perbedaan paling mencolok dari podcast dan radio adalah radio memiliki frekuensi siaran tertentu yang bisa diakses secara terbatas. Bahkan hanya di beberapa daerah. Sementara itu, podcast bisa diakses dari mana saja karena salurannya menggunakan platform berbasis internet. 

Tak hanya itu saja, radio juga memiliki keterbatasan waktu siaran. sedangkan podcast bisa didengarkan kapan saja, bahkan kamu bisa melanjutkan untuk mendengarkannya atau mengulangnya kembali.

Selain menarik bagi pendengarnya, podcast juga menjadi media alternatif bagi para kreatornya. Dengan antusiasme yang tinggi di kalangan masyarakat. Kreator podcast kini semakin banyak karena bisa menjadi saluran penghasilan serta media exposure yang baru. 

Selain itu, untuk terus membuat konten yang relevan dengan kondisi saat ini, kamu bisa berinteraksi lewat konten-konten yang kamu unggah di platform lainnya seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Misalnya saja, setelah mendapatkan topik yang diinginkan kamu bisa me-mention para pendengar yang sudah memberikan suggestion topik atau menjawab pertanyaan yang ada. Seru banget, kan?

5 Cara Membuat Podcast, From A To Z

Nah, jika sudah mengenali apa itu podcast, sekarang saatnya membuat podcast-mu sendiri. Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan supaya hasil audio serta topik yang dibawakan bisa dinikmati dengan baik. Yuk, simak!

Mempersiapkan Alat Rekaman

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah alat-alat pendukung produksi podcast. Untuk kamu yang baru mulai membuat podcast, kamu bisa menggunakan handphone atau laptop. 

Selanjutnya, unggah aplikasi audio recorder untuk merekam dan audio editing untuk memotong atau menambahkan audio lainnya di dalam hasil rekaman. Sebagai tambahan, di beberapa handphone dan laptop sudah tersedia aplikasi yang dibutuhkan dan mudah untuk digunakan. 

Elemen yang paling penting dalam produksi podcast adalah microphone. Semakin baik kualitas microphone yang kamu gunakan, semakin baik pula rekaman audio yang dihasilkan. 

Menentukan topik dan menyusun skrip

Sudah mempersiapkan peralatan audio? Selanjutnya tentukan topik yang akan disuguhkan. Kamu bisa memulainya dengan mendengarkan podcast yang tengah hits, membaca artikel terkini, atau dari perbincangan orang-orang di sekitarmu. 

Hal terpenting dalam menentukan topik adalah relevansi, baik oleh kreator maupun kondisi saat ini serta konten yang bermanfaat untuk disimak. Jika sudah menemukan topik yang tepat, selanjutnya kamu bisa buat struktur skrip yang mudah diingat dan bisa diaplikasikan pada podcast-mu selanjutnya. 

Walau terkesan sebagai perbincangan biasa, dalam sebuah podcast ada skrip yang sudah dibuat agar perbincangan berjalan dengan lancar tanpa ada jeda saat bahan perbincangan mulai habis.

Memulai Proses Rekaman

Ada dua hal yang perlu diperhatikan saat kamu mulai merekam podcast. Pertama, jangan terpaku pada skrip yang sudah dibuat atau berusaha menghafalnya. Skrip yang sudah dibuat hanya menjadi arahan semata dan jika perbincangan sudah mulai “memanas” kamu bisa melakukan improvisasi dengan melempar topik yang bahkan tidak ada di skrip sebelumnya. 

Hal kedua adalah tempat kamu merekam. Pastikan kamu berada di sebuah ruangan yang memiliki ketenangan serta akustik yang baik atau tidak bergema untuk menghasilkan audio rekaman yang baik.

Mengedit Hasil Rekaman

Layaknya sebuah film, proses selanjutnya adalah mengedit hasil rekaman. Bisa saja karena perbincangan yang seru menghasilkan rekaman selama berjam-jam. Pastikan kamu menyunting pembicaraan yang di luar topik dan menjaga durasi yang tepat. Memang tidak ada anjuran untuk durasi yang pasti, namun ada baiknya tetap menjaga pembicaraan secara stay on the line dan topik.

Unggah Hasil Rekaman di Podcast Hosting

Terakhir, cara membuat podcast adalah dengan mengunggah hasil rekaman yang sudah kamu edit di podcast hosting. Ada banyak pilihan hosting yang bisa kamu gunakan, salah satunya yang paling banyak digunakan adalah Anchor dari Spotify. Tulis judul yang menarik dan unik sehingga nantinya podcast-mu bisa menarik perhatian dan mudah untuk ditemukan.
Itulah serba-serbi tentang podcast yang harus kamu ketahui sebelum membuatnya.  Kamu juga bisa bergabung dengan Allstars Indonesia, platform influencer marketing yang akan membuatmu terhubung dengan banyak brand ternama dari berbagai industri yang akan membuat peluangmu sebagai content creator semakin besar! Jadi, sudah siap memulai podcast-mu sendiri?

Baca juga : Cari Uang Online dengan Affiliate Marketing

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini