Simak Cara Cari Uang Online dengan Affiliate Marketing Indonesia!

0
43
affiliate marketing allstars

Ada salah satu cara yang bisa dimanfaatkan oleh para kreator di dunia maya untuk menambah cuan, yaitu melalui affiliate marketing Indonesia. Program ini sudah ada sejak lama, tetapi semakin populer beberapa tahun belakangan, terutama dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat. Terbukti sepanjang 2017-2021, ketertarikan terhadap affiliate marketing program meningkat hingga 300%.

Rata-rata, affiliate marketers merupakan influencer, blogger, hingga kreator. Pada affiliate marketing program, perusahaan membayar komisi untuk setiap prospek (atau klik) yang dihasilkan afiliasi atau untuk setiap transaksi penjualan aktual. Komisi afiliasi bervariasi, mulai dari 3% hingga 70%, tergantung pada industri dan jenis produk. Untuk kamu yang baru mau coba, yuk, simak cara cari uang online dengan affiliate marketing berikut ini!

Pengertian affiliate marketing program dan cara kerjanya

Affiliate marketing Indonesia adalah wadah untuk menerima komisi dengan cara menjual produk secara online. Kamu dapat membantu perusahaan atau brand menghasilkan lebih banyak penjualan dengan imbalan komisi.

Sebagai affiliate, kamu bekerja dengan cara merekomendasikan produk atau layanan ke audiens, bisa lewat blog, platform media sosial seperti Instagram, podcast, atau website. Kamu akan mendapat komisi setiap kali seseorang melakukan pembelian melalui tautan (link) unik milikmu.

Pendapatan dari affiliate marketing Indonesia ini biasanya berasal dari empat sumber, yaitu:

Sale 

Kamu mendapatkan komisi untuk setiap penjualan dari link unik yang dimiliki. Ini adalah model pembayaran umum untuk affiliate marketing program e-commerce.

Install

Selain dari sale, affiliate juga bisa memperoleh pendapatan dari install. Kamu dibayar untuk setiap pemasangan (installment) yang dihasilkan dari traffic website-mu. Tujuan konten yang kamu buat adalah untuk mempromosikan aplikasi dan software seluler sehingga orang mengunduh atau menginstalnya.

Lead

Lead dalam affiliate marketing berarti tindakan yang dilakukan oleh pengunjung. Tindakan ini dapat berupa pendaftaran di website atau layanan online, intinya bukan penjualan. Lead diatur oleh perusahaan. Dalam model pembayaran per lead, kamu bisa mendapatkan komisi untuk setiap lead.

Click

Ini adalah sistem pembayaran langka di mana kamu mendapatkan komisi untuk setiap klik pada tautan afiliasi yang kamu miliki. Program bayar per klik digunakan oleh perusahaan besar dengan tujuan untuk membangun brand awareness (kesadaran merek). Pelanggan tidak perlu mendaftar atau membeli apa pun. Cukup dengan mengunjungi website merchant, kamu sudah bisa memperoleh pendapatan.

Manfaat program affiliate marketing Indonesia

Secara umum, manfaat affiliate marketing Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu untuk brand dan affiliate itu sendiri. Berikut ulasannya:

1. Untuk brand

  • Membangun reputasi baik –  Jika dilakukan dengan benar, affiliate marketing menghasilkan kepercayaan brand tertinggi di antara semua jenis iklan. Dengan metode ini, brand memberi insentif kepada pelanggan aktual untuk bertindak sebagai agen penjualan. Affiliate berbicara tentang pengalaman pribadi dalam menggunakan produk brand, sehingga membangun kredibilitas untuk perusahaan. Affiliate juga menghasilkan konten original yang dapat menjadi bagian dari kampanye pemasaran organik perusahaan.
  • Menambah reach –Dengan affiliate marketing, brand juga mendapatkan eksposur langsung dan masif ke audiens influencer. Karenanya, program ini menjadi cara yang cepat dan efisien untuk memperluas basis pelanggan brand tanpa menghabiskan banyak uang. Hanya lewat kerja sama dengan influencer yang merupakan bagian dari target pasar brand, brand bisa memanfaatkan basis penggemar influencer untuk menambah reach.
  • Bantu tingkatkan sales – Affiliate marketing program memiliki biaya iklan terendah di antara berbagai model iklan lainnya. Model pembayaran komisi per sale, misalnya, menguntungkan bagi brand karena hampir tidak berisiko menghabiskan banyak uang untuk iklan tanpa hasil penjualan apa pun. Affiliate-lah yang memiliki tanggung jawab membuat konten kreatif untuk mempromosikan link afiliasi uniknya sendiri.

2. Untuk affiliate

  • Mendapat passive income – Affiliate marketing merupakan salah satu strategi generasi passive income. Sebab, setelah merekomendasikan produk atau layanan kepada audiens, kamu akan menerima uang jika terjadi pembelian.
  • Menambah wawasan seputar pengembangan konten – Affiliate marketing adalah teknik pemasaran di mana kamu dapat memperoleh uang nyata dan menambah wawasan seputar pengembangan konten dengan mempromosikan produk dan layanan perusahaan lain. Ini adalah cara terbaik bagi content creator untuk memonetisasi konten dengan cara yang cepat dan efisien. Kamu dapat mengerjakan hal-hal yang kamu sukai dan mendapat uang.
  • Networking – Secara keseluruhan, networking untuk affiliate sangat fleksibel karena kamu dapat bergabung dengan beberapa program sekaligus. Bekerja sama dengan banyak brand, affiliate bisa memperluas networking untuk semakin membesar peluang pendapatan.

Melihat tingginya peminat terhadap affiliate marketing Indonesia, terbukti bahwa cara tersebut memang efektif untuk mencari uang online. Di sisi lain, brand juga bisa mendapat keuntungan dari meluasnya jangkauan audiens mereka melalui besarnya jumlah followers para affiliate.

Bagi brand yang ingin meningkatkan brand awareness maupun penjualan melalui program ini, kunjungi website Allstars. Di Allstars, Anda dapat memilih profil influencer yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda! Selain itu, kamu sebagai influencer juga bisa gabung di Allstars Affiliate untuk menjalankan affiliate marketing program dari para brand melalui Allstars.

Baca juga : Mau dapat cuan, ayo gabung di Tiktok Affiliate program

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini