Kenali Creative Marketing untuk Gaet Pasar yang Lebih Luas, Yuk!

0
28
creative Marketing ilustration

Dengan adanya kemajuan teknologi informasi yang terus berkembang dari waktu ke waktu, masyarakat pun kian menjadi kritis dalam menanggapi berbagai hal, termasuk marketing. Menyikapi hal ini, para pelaku bisnis dan brand pun mengikuti perkembangan yang ada, yaitu meningkatkan kreativitas dalam pemasarannya atau yang biasa disebut dengan creative marketing. Dengan mengandalkan creative marketing, ketertarikan dari sisi pelanggan atau calon pelanggan bisa tercipta. Selain itu, kredibilitas brand pun akan meningkat di mata masyarakat. 

Lebih jelasnya, creative marketing merupakan proses pencarian serta penggunaan konsep atau ide kreatif ke dalam strategi marketing dengan tujuan kesuksesan penjualan produk atau jasa. Yang menjadi kunci dari creative marketing adalah memahami produk sendiri dengan baik, mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan audiens, dan menghubungkannya secara emosional. 

Yup, emosional adalah kata yang erat kaitannya dengan creative marketing. Seseorang akan tertarik atau membeli sebuah produk saat mengetahui apa manfaat produk tersebut bagi dirinya yang digambarkan dengan jelas dan mudah dimengerti. 

Lalu, apa saja manfaat dari creative marketing bagi para pemilik bisnis atau brand

Meningkatkan brand awareness

Dengan menjalankan strategi creative marketing, masyarakat atau audiens bisa membedakan sebuah brand dengan kompetitornya, tentu saja berbeda dengan cara yang positif. Jika dilakukan terus-menerus, nantinya pemilik bisnis atau brand bisa menemukan ciri khas atau karakteristik dari pemasarannya sendiri. 

Meningkatkan penjualan

Jika brand awareness meningkat, penjualan pun bisa dipastikan akan mengalami peningkatan pula. Pesan atau kesan yang didapatkan oleh masyarakat dari creative marketing yang dijalankan kemudian berubah menjadi keinginan untuk membeli atau mendapatkan produk yang dipasarkan.

Mendatangkan investor

Seakan terus berjalan rodanya, setelah penjualan meningkat, investor pun akan melihat potensi yang ada pada bisnis atau brand tersebut. Tentunya dengan adanya penambahan daya tersebut, creative marketing yang nantinya akan dijalankan bisa mengalami improvement yang jauh lebih baik lagi.

Mendapatkan mitra bisnis yang potensial

Sama seperti investor, dengan hasil penjualan yang baik, mitra pun akan datang membawa penawaran kerja sama. Hal ini penting karena para pemilik bisnis atau brand bisa mengembangkan usahanya lebih jauh lagi dengan bantuan mitra bisnis tersebut.

3 Ide Creative Marketing yang Bisa Dicoba

Nah, setelah mengetahui tentang creative marketing beserta tujuannya, selanjutnya ada beberapa contoh ide atau konsep creative marketing yang bisa dilakukan, yaitu:

Mengadakan promo khusus

Yang pertama adalah membuat sebuah promo yang mana mengharuskan seseorang untuk melakukan sesuatu, alih-alih hanya menggunakan kode promo. Sebagai contoh, ada sebuah perusahaan produk kecantikan yang akan memberikan diskon bagi para konsumennya yang membawa kemasan bekas untuk didaur ulang. Selain punya value yang positif, adanya potongan harga tentu akan menimbulkan ketertarikan lebih bagi konsumen.

Membuat karakter atau animasi khusus

Banyak brand yang dikenal lewat logo atau simbolnya walau tidak tertera namanya di situ. Membuat karakter atau animasi khusus bisa memperkenalkan sebuah brand dengan efektif. Cara yang bisa dilakukan untuk menemukan karakter yang tepat adalah menuliskan karakteristik, sifat, atau attitude brand dan kemudian mengarahkannya pada visual yang menggambarkan hal-hal tersebut. 

Membagikan video tutorial

Contoh kreatif yang terakhir adalah video tutorial. Zaman sekarang, hampir semua orang akan mencari informasi di internet. Mulai dari cara memasang ban yang benar, memasak praktis, sampai dengan belajar gitar semuanya bisa kita dapatkan. Itulah sebabnya, walau terkesan sepele, video tutorial memiliki dampak besar. Pertama, secara tak langsung produk akan terus terlihat. Kedua, audiens akan lebih memahami produk. Yang terakhir, video tutorial yang menarik punya potensi untuk dibagikan ke lingkup yang lebih luas lagi jika bermanfaat.

Hal yang harus diperhatikan dalam creative marketing adalah talk to human. Tinggalkan sejenak layar komputer atau ruangan kerja, lalu ajak banyak orang untuk berbicara. Dari situ akan banyak sparks yang bermunculan untuk dijadikan sebuah ide kreatif. 

Kamu juga bisa bergabung dengan Allstars, platform influencer marketing yang akan membuatmu terhubung dengan banyak brand ternama dari berbagai industri yang akan membuat peluangmu sebagai content creator semakin besar. Yuk, gabung di Allstars sekarang!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini