Ingin Bisnismu Banyak Pelanggan? Mulai Jalankan Online Marketing!

0
20
bisnis online marketing

Dengan adanya perkembangan teknologi dan sistem informasi, tentu saja berdampak bagi banyak hal, mulai dari munculnya profesi baru, perubahan gaya hidup, hingga cara memasarkan produk. Masyarakat kini bisa mengakses banyak hal lewat handphone atau perangkat elektronik lainnya. Nah, tentu saja para pemilik bisnis atau brand pun dituntut untuk bisa menguasai serta menjalankan online marketing untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan keeping up dengan para kompetitor.

Online marketing adalah sistem pemasaran produk yang memanfaatkan atau menggunakan jaringan internet dan online platform untuk menjangkau konsumen potensial. Online platform yang digunakan sangat beragam, mulai dari website, Search Engine Optimization (SEO), email marketing, hingga media sosial. 

Ada banyak keuntungan bagi para pemilik bisnis atau brand yang menggunakan sistem online marketing. Yang pertama, biaya yang dibutuhkan lebih terjangkau dibandingkan dengan marketing yang dilakukan secara offline, terutama biaya produksi dan distribusi. 

Selanjutnya, dengan jumlah pengguna digital media yang begitu banyak saat ini, online marketing bisa meningkatkan penjualan secara signifikan, tentu saja dengan strategi serta campaign yang tepat dan audiens spesifik yang ditargetkan. 

Keuntungan yang terakhir adalah efektivitas marketing yang bisa dievaluasi dengan mudah. Para pelaku bisnis atau brand bisa mendapatkan data spesifik mengenai efektivitas sebuah konten, jumlah pengunjung, hingga menentukan target audiens dari hasil laporan tersebut.

Lalu, bagaimana agar online marketing bisa dijalankan secara efektif? Simak tipsnya di bawah ini, yuk!

Tips Memaksimalkan Online Marketing

Memiliki website khusus

Jika offline marketing memiliki toko fisik atau booth, maka online marketing memiliki website. Situs ini nantinya akan menjadi tempat untuk menampilkan semua informasi mengenai bisnis, informasi produk, hingga syarat & ketentuan. 

Sama seperti yang sudah disebutkan di atas, semua akses atau transaksi yang terjadi di website akan mudah untuk dievaluasi. Kita bisa mengetahui mulai dari range usia, daerah asal, jenis kelamin, hingga produk yang paling populer. Selain hal-hal itu, memiliki website bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis tersebut. Pembuatan website pun semakin mudah, kamu bisa menggunakan jasa vendor pembuat situs atau menggunakan WordPress.

Mempelajari SEO untuk optimisasi konten yang efektif

Setelah memiliki website, selanjutnya pelajari SEO (Search Engine Optimization) untuk memaksimalkannya. Sebagai salah satu sumber informasi yang paling banyak diakses, Google berpotensi menjadi jembatan agar produk yang dijual bisa ditemukan secara online

Tentu saja salah satu alasannya karena banyak orang yang mencari informasi terkait produk terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Ini artinya produk harus mudah untuk ditemukan melalui hasil pencarian Google. Dengan mempelajari SEO, para pelaku bisnis atau brand bisa menemukan kata kunci yang tepat atau paling banyak diakses sehingga visibilitas produk atau website-nya dapat lebih meningkat.

Melakukan endorsement dengan beberapa influencer

Para influencer adalah orang-orang yang memiliki pengaruh di media sosial atau digital. Kebanyakan dari mereka telah memiliki audiensnya masing-masing, sesuai dengan keahlian atau niche-nya. 

Influencer sendiri dibagi menjadi dua kategori, yaitu micro dan macro influencer. Micro influencer adalah mereka (biasanya bukan selebriti) yang memiliki kurang dari 10 ribu pengikut di media sosial. Sedangkan macro influencer adalah orang-orang yang sudah dikenal di luar media sosial dan memiliki jumlah pengikut mulai dari 100 ribu hingga jutaan. 

Dengan memilih influencer relevan dengan produk yang akan dipasarkan, peluang penjualan pun akan meningkat. Para pengikut influencer akan meniru, menggunakan, atau minimal mencari tahu produk yang digunakan oleh pujaannya tersebut.

Membuat email marketing

Tips selanjutnya adalah membuat email marketing atau pengiriman pesan komersial seperti newsletter serta promosi lewat email. Efektivitas email marketing cukup tinggi, sebab bisa dibilang kita dapat masuk ke dalam area personal mereka, yaitu kotak masuk email. Walau kerap dianggap sebagai spam, pada kenyataannya para konsumen memang ingin menerima info terbaru, terutama dari produk favoritnya. Selain itu, kamu juga bisa memberikan penawaran yang menarik lewat email marketing berupa kupon atau diskon spesial. 

Merespon review online

Selain Google, masyarakat akan mencari tahu manfaat, cara menggunakan, atau hal-hal lainnya terkait sebuah produk lewat video review. Dengan banyaknya video review yang bisa ditemukan, reviewer bahkan menjadi profesi baru yang banyak digemari oleh masyarakat. 

Sebagai pemilik bisnis atau brand, kita perlu memantau konten-konten review yang memuat produk yang kita pasarkan. Dengan merespon konten-konten tersebut, baik menanggapi review positif maupun negatif, masyarakat akan melihat kepedulian brand akan produknya. 

Menerapkan affiliate marketing

Program afiliasi atau affiliate marketing adalah hal yang lazim ditemui di lingkup marketing. Program berbasis komisi ini memiliki beberapa keuntungan yang pernah Allstars bahas di sini. Karena pada dasarnya masyarakat menerapkan sistem human trust human, program seperti ini bisa efektif. 

Orang cenderung lebih tertarik pada produk yang sudah digunakan oleh kenalannya, ketimbang langsung dari iklan. Selain itu, biaya yang dibutuhkan pun cukup fair karena pembayaran yang baru dilakukan jika produk terjual.

Untuk memahami lebih banyak hal seputar online marketing lainnya, tetap simak penjelasan Allstars, ya! Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan Allstars, platform influencer marketing yang akan membuatmu terhubung dengan banyak brand ternama dari berbagai industri yang akan membuat peluangmu sebagai content creator semakin besar!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini