Ampuh! Inilah 5 Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal HP

0
117
youtuber pemula

Dapat dikatakan, keseharian kebanyakan orang saat ini tak bisa lepas dari YouTube, aplikasi streaming yang bisa diakses di berbagai media, mulai dari handphone, laptop, PC, hingga Smart TV. Lewat YouTube, kita bisa mengetahui banyak hal baru, cara menggunakan suatu barang, melihat review produk yang ingin digunakan, atau konten hiburan lainnya. Secara tidak langsung, kehadiran YouTube mempermudah banyak hal. 

Misalnya saja, jika dahulu kita ingin belajar memainkan gitar, maka kita akan mencari tempat kursus gitar atau bertanya pada kenalan yang sudah menguasainya. Dengan adanya YouTube, sekarang kita bisa duduk di kamar dan mencari cara belajar gitar dari ribuan YouTuber yang tersedia di layanan streaming tersebut. Bahkan, kamu bisa menjadi youtuber pemula modal HP, lho. Dilansir dari artikel ini, terhitung pada Januari 2022 jumlah pengguna YouTube di Indonesia bahkan mencapai angka 25 juta!

Dengan semakin berkembangnya YouTube, tentu saja jumlah kreator konten yang ada juga mengalami lonjakan. Selain menuai popularitas, menjadi YouTuber juga bisa mendatangkan penghasilan, biasanya lewat adsense dan endorsement. Penghasilan YouTuber yang sukses pun tidak main-main. Lihat saja Maell Lee, Ria Ricis, Atta Halilintar, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengintip berapa penghasilan fantastis para YouTuber sukses di artikel ini, ya!

5 Cara Menjadi YouTuber Pemula Modal HP

Kini, menjadi seorang YouTuber sudah menjadi cita-cita anak muda hingga dewasa. Terlebih, dengan teknologi yang semakin maju pun, peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu menyusahkan. Kamu hanya perlu menyiapkan sebuah handphone untuk bisa menjadi Youtuber. Yup, HP! 

Lewat perangkat smartphone ini, kamu bisa membuat berbagai konten dan kemudian diunggah ke dalam YouTube. Tentu saja, sebelumnya kamu harus memiliki beberapa hal di bawah ini. Simak yuk!

Memilih hal yang paling dikuasai

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari tahu apa yang paling kamu kuasai. Tentu saja hal ini kamu sendiri yang paling mengerti, apakah keahlian seputar hobi, edukasi, atau lainnya. Kamu juga bisa menanyakan orang terdekat yang paling mengenalmu. 

Yang jelas, tidak ada keahlian yang sepele, apa pun itu. Karena Allstars percaya, setiap keahlian punya peminatnya masing-masing. Jadi, sudahkah kamu menemukan keahlianmu sendiri?

Mengemas konten dengan menarik

Jika sudah menemukan hal yang paling dikuasai, selanjutnya sajikan hal tersebut ke dalam konten yang menarik. Caranya? Pertama, cari dan pelajari konten dari para YouTuber lainnya yang memiliki keahlian yang sama denganmu. 

Setelah mengetahui cara mereka menyampaikan dan mengetahui tanggapan dari audiens, pikirkan hal yang belum dibuat oleh mereka dengan tetap melihat respon audiens sebagai pegangan karena dari situlah kita bisa mengetahui interest para audiens. 

Bahkan, konten yang serius seperti konten pelajaran atau edukasi lainnya, bisa memiliki banyak penggemar jika penyajiannya pun dikemas secara menarik. Yang perlu dicatat, menarik di sini bukan berarti harus serba wah dalam pembuatannya, namun bisa juga kamu menangkap sudut pandang yang belum pernah dirasakan sebelumnya. 

Selain itu, pastikan kamu mengambil video dengan pencahayaan yang cukup bagus atau menggunakan lampu tambahan agar hasil video memiliki pencahayaan yang baik.

Menggunakan aplikasi editing yang baik

Yang berikutnya bersifat teknis namun sangat penting perannya, yaitu editing. Bayangkan kamu menonton sebuah video yang hanya menampilkan orang berbicara, tanpa editing apa pun, selama 10 menit saja. Pasti kamu akan merasa bosan menyimak video tersebut, terlepas apa yang disampaikan dalam video tersebut sangat penting. Itulah sebabnya, jangan sia-siakan konten yang menarik dengan editing seadanya. 

Ada berbagai aplikasi editing yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma atau yang berbayar dengan penambahan fitur-fitur lainnya. Salah satu hal yang penting untuk dibuat adalah bumper video atau pembukaan untuk setiap videomu, penggabungan/split antara mode pembicara serta hal yang ingin diperlihatkan, dan supers atau tulisan di video yang berguna untuk meng-highlight hal yang kamu utarakan. Jangan lupa untuk menggunakan musik dan sound effect yang menarik guna memberikan dinamika pada video.

Menentukan target penonton

Menentukan target penonton butuh analisis yang cukup mendalam. Yang pertama, tentukan faktor demografi penonton baik dari usia, gender, pekerjaan, edukasi, status, dan lainnya. 

Kemudian hobi serta ketertarikan para audiens. Yang terakhir adalah pencarian kata kunci, hashtag, serta topik yang unik dan paling banyak dicari. Dengan menentukan hal-hal tersebut, kamu bisa dengan mudah membuat konten yang relevan dengan target audiens yang ingin kamu dapatkan. 

Konsisten saat mempublikasi konten

Last but not least hal butuh konsistensi dalam pembuatan konten YouTube agar channel-mu terus berkembang. Jangan khawatir jika mendapatkan sedikit viewers di awal pembuatan channel-mu, karena semua orang akan mengalaminya. 

Dengan membuat konten secara konsisten, audiens bisa tertarik untuk mengikuti channel Youtube-mu karena saat mereka tertarik pada sebuah konten, maka akan mencari tahu kreator konten tersebut untuk mencari konten lainnya. Jika melihat konten yang diunggah secara asal-asalan, tentu saja ketertarikan mereka akan berkurang.

Demikian penjelasan terkait cara menjadi Youtuber pemula modal HP yang wajib kamu ketahui. Nah, buat kamu para kreator konten yang ingin mengetahui seluk beluk YouTube dan lainnya, pastikan kamu mendapatkan informasinya di Allstars ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini