Punya Segudang Ide Konten, Inilah Profil Lengkap Ria Ricis

0
93
Ria Ricis dalam pekerjaan

Siapa yang tidak kenal Ria Ricis? Selain dikenal sebagai adik dari seorang aktris dan pendakwah Oki Setiana Dewi, Ricis sudah lebih dulu dikenal sebagai selebgram dan YouTuber bagi masyarakat Indonesia. Melalui dua platform tersebut, ia mendulang popularitas yang menjadikannya sebagai YouTuber wanita pertama yang punya jumlah subscribers terbanyak di Asia Tenggara. Ingin tahu lebih jauh tentang Ria Ricis? Baca terus artikel ini sampai selesai, ya!

Siapakah itu Ria Ricis?

Lahir di Batam, Kepulauan Riau pada 1 Juli 1995, wanita bernama asli Raia Yunita ini adalah seorang aktris, selebgram, YouTuber, dan penulis yang terkenal di tanah air. Awalnya, Ricis mulai terkenal setelah mengunggah sebuah video singkat yang kala itu viral di Instagram.

Resmi bergabung ke platform media sosial Instagram pada Juli 2014, Ricis baru menjadi selebgram pada tahun 2016. Perlahan tapi pasti, mulai banyak orang yang suka dan menjadi followers-nya. Ricis pun memanggil penggemarnya dengan sebutan “The Ricis”. Per Oktober 2022, Ricis sudah memiliki jumlah followers sebanyak 32,2 juta, lho!

[ Embed Instagram profile https://www.instagram.com/riaricis1795/?hl=en ]

Bermula dari Instagram dan mengisi acara televisi, Ricis berinisiatif mengunggah video YouTube pada tahun 2016. Ia pun memberikan ruang bagi para penggemar untuk request jenis video yang ingin mereka lihat meskipun saat itu ia belum terlalu aktif menggunakan YouTube.

[ Embed Youtube profile https://www.youtube.com/channel/UC8IZ4WQLGHhTCp-dLgHLnlQ/videos ]

Setelah mencoba berbagai ide konten, mulai dari bernyanyi hingga touring rumah pribadi, kanal YouTube Ricis meledak lewat video berjudul “Ria Ricis Makan Squishy”. Video yang diunggah pada tahun 2017 tersebut telah ditonton sebanyak 115 juta kali. Namun sayang, pada akhir Oktober lalu channel Youtube resmi milik Ricis diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sampai menunggu kembalinya akun tersebut, Ricis aktif berkonten di channel Youtube RICIS TV.

Sejak saat itu, Ricis terus membuat konten-konten yang menghibur. Kini, ia pun tidak lagi hanya fokus nge-vlog, melainkan juga memanfaatkan popularitasnya untuk mengembangkan bisnis. Kesuksesannya wanita berusia 27 tahun ini menjadi inspirasi bagi banyak anak muda di tanah air.

Prestasi dan Kesuksesan yang Berhasil Dicapai oleh Ria Ricis

Popularitas Ria Ricis sebagai content creator tidak terlepas dari berbagai prestasi dan kesuksesan yang telah diraihnya. Berikut ini beberapa di antaranya!

YouTuber dengan penghasilan bulanan tertinggi

Ria Ricis sempat menjadi YouTuber dengan penghasilan bulanan tertinggi. Pada November 2021, data Social Blade mencatat perkiraan penghasilan Ria Ricis dari kanal YouTube-nya mencapai rentang Rp675,07 juta hingga Rp10,80 miliar per bulan. Bahkan, Ria Ricis sukses menggantikan posisi Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad, dan Baim Wong yang sempat bergantian menduduki posisi pertama sebagai YouTuber berpenghasilan tertinggi.

Menjajal dunia literasi dengan menjadi penulis buku

Masa awal pandemi yang membuat semua orang harus mengurangi aktivitas di luar rumah membuat Ria Ricis memilih produktif dengan menjadi penulis. Meskipun mempunyai empat kanal YouTube yang tiga di antaranya memerlukan konten untuk di-upload setiap hari, Ria Ricis tak merasa kesibukannya menulis mengganggu pekerjaan utamanya sebagai content creator. Beberapa buku yang ia ciptakan bertajuk “Ricis”, “Saya Pamit”, “NEXT”, “Bukan Buku Nikah (BBN), dan “Maaf Untuk Papa”. Semua bukunya pun laris dan disukai pembaca Indonesia.

Memenangkan beberapa penghargaan dari ajang bergengsi

Memiliki segudang ide konten yang fresh, menarik, dan menghibur, Ria Ricis juga sukses memenangkan sejumlah penghargaan dari berbagai ajang bergengsi. Ia berhasil membawa pulang penghargaan Sosial Media Awards 2016, Nickelodeon Indonesia Kids Choice Awards 2017, hingga Video Content Creator Awards 2021. Segudang penghargaan tersebut ia jadikan motivasi untuk membuat konten-konten yang lebih baik bagi masyarakat tanah air.

Melebarkan sayapnya dengan menjadi pebisnis

Lewat profesinya sebagai content creator, Ria Ricis memang mendapatkan pemasukan bernilai ratusan juta hingga miliaran Rupiah. Namun, kondisi finansial ini tidak menghalangi Ria Ricis untuk melebarkan sayapnya dengan menjadi pebisnis. Meskipun sempat jatuh sakit karena jadwalnya yang begitu padat, Ricis tetap semangat menjalani berbagai bisnisnya.

Pertama, ada bisnis produk kecantikan yang ia beri nama Keyglow. Merek lotion pencerah kulit ini diklaim mampu memberikan banyak manfaat, mulai dari menutrisi, mencerahkan, melembapkan, dan menghilangkan bekas luka pada kulit.

Selain itu, Ricis juga membuka bisnis busana Muslim bernama Ricis by Khayra. Bisnis hijab ini ia klaim menghasilkan omzet paling besar dibandingkan bisnisnya yang lain. Cukup terjangkau, produk-produk Ricis by Khayra dijual dengan harga mulai dari Rp50.000-an.

Sedangkan di bidang kuliner, Ricis pun mencoba peruntungan lewat Jogja Cushy Cheese di Yogyakarta. Bisnis kue kekinian ini menyediakan enam varian rasa dengan harga Rp55.000-an. Bersama sang kakak, Oki Setiana Dewi, ia juga menjalankan bisnis ayam geprek bernama Ok-Cis.

Demikian informasi mengenai profil lengkap Ria Ricis yang punya segudang ide konten menarik. Tidak mengherankan jika banyak brand yang tertarik berkolaborasi dengan dirinya untuk mempromosikan produk-produk mereka. Jadi, apabila ingin memperluas eksposur brand kamu secara efektif, mari bekerja sama dengan influencer yang tepat. Untuk kebutuhan ini, kamu bisa bergabung bersama Allstars, platform influencer marketing pertama di Indonesia. Klik di sini untuk info selengkapnya!

Baca juga : Abel cantika dan karier transformasinya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini