Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Membuat Konten Viral

0
59
cara buat Konten viral

Saat sekarang ini, siapa sih di antara kamu yang tak ingin memiliki konten yang viral? Tentu saja viral yang dimaksud di sini bersifat positif, artinya konten yang kamu buat bisa menginspirasi dan sampai ke hati banyak orang.

Nah, sebenarnya banyak konten viral yang didasari oleh ketidaksengajaan. Dengan kata lain, keviralannya tidak direncanakan. Karena kebetulan konten atau postingan yang dibuat sifatnya menginspirasi banyak orang, kemudian tingkat interaksi dan shareable-nya tinggi. Namun, bukan berarti juga viral tak bisa direncanakan. 

Walau tak ada aturan pasti untuk membuat sebuah konten bisa menjadi viral, paling tidak ada beberapa teknik yang bisa membuat kontenmu memiliki kualitas tinggi yang nantinya harapannya bisa membawanya menjadi viral.

Membuat konten viral itu bagus, bagaimana kalau kalian buat yang berkualitas juga? simak deh disini.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat kontenmu viral.

Punya judul atau caption yang menarik

Judul atau caption adalah hal pertama yang dilihat oleh orang saat mendapati sebuah konten. Makanya, untuk mendapatkan perhatian, kamu memerlukan judul atau caption yang menarik atau bahkan sedikit provokatif (dalam arti positif). Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan judul konten, misalnya menggunakan dan mengimprovisasi frasa yang sudah dikenal luas. Kamu juga bisa mengaitkan judul kontenmu dengan hal yang tengah ramai diperbincangkan saat ini, dengan harapan bisa secara organik menjaring para audiens yang tengah meramaikan topik tersebut. 

Padat dan jelas

Dalam membuat konten, kita dituntut untuk cermat mengalokasikan topik. Jangan sampai, apa yang kita sampaikan terasa bertele-tele, sehingga audiens meninggalkan konten kita sebelum masuk ke topik yang sebenarnya ingin kita bahas. Namun, jangan pula topik utama disodorkan di awal pembahasan. Pelajari cara content creator dalam menyampaikan pendapat mereka. Ada yang menggunakan storytelling, ada pula yang memulainya dengan sebuah pertanyaan yang sifatnya menggelitik keingintahuan audiensnya. Selain itu, gunakan juga bahasa yang mudah dipahami. Tak ada salahnya mengikuti tren bahasa yang tengah tren saat ini. Jika kamu berpikir untuk menggunakan cara berkomunikasi yang baru, pastikan hal itu tidak membuat audiensmu kebingungan. 

konten viral yang ditonton bersama-sama

Bisa ‘memainkan’ emosi

Membuat konten viral itu bagus, bagaimana kalau kalian buat yang berkualitas juga? simak deh disini.

Nah, yang satu ini jadi hal paling penting untuk dipelajari nih. Menyambung dari hal sebelumnya dalam pembuatan konten, selain mudah dipahami, konten yang kamu buat harus bisa membangkitkan emosi audiens kamu.

Agar konten punya potensi viral, kamu perlu memahami psikologi konten viral. Agar tingkat sharing konten yang kamu buat tinggi, butuh konten yang bisa memicu reaksi emosional seseorang. Dengan kata lain, kamu perlu mempublikasikan konten yang membuat orang-orang bereaksi cukup kuat sehingga mereka akan membagikannya di jejaring sosial favorit mereka tanpa berpikir dua kali.

Topik yang paling banyak dibagikan dan dibicarakan orang biasanya topik yang baru (belum pernah ada sebelumnya), unik, lucu, kontroversial, atau sekadar yang tidak biasa. Walau reaksi pada konten viral tidak selalu positif, tetapi kunci untuk membuat konten viral adalah membangkitkan respons emosional.

Konten yang Interaktif

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat konten viral adalah membuatnya jadi lebih interaktif. Konten yang interaktif akan jauh lebih menarik karena seolah lebih ‘melibatkan’ audiens-mu. 

Konten interaktif seperti kuis dan polling adalah beberapa jenis konten yang akan membuat para audiens melibatkan diri dan kemudian membagikannya ke media sosial mereka. Kenapa hal seperti ini menarik untuk banyak orang? Yang pertama mungkin banyak dari mereka yang ingin menguji pengetahuan mereka sendiri dan untuk melihat bagaimana orang lain berpikir. Selain model kuis atau polling, kamu juga bisa mengakhiri konten yang kamu buat dengan melemparkan pertanyaan, misalnya menanyakan pendapat para audiens. Nah, harapannya dari situ akan timbul interaksi dari orang-orang yang menyimak konten yang kamu buat. Kamu bisa mengetahui jumlah engagement rate akun instagram kamu di kalkulator engagement rate Allstars!

Membuat konten viral itu bagus, bagaimana kalau kalian buat yang berkualitas juga? simak deh disini.

Selain beberapa hal di atas, jelas untuk membuat potensi viral sebuah konten menjadi tinggi adalah kualitas dan konsistensi dari konten itu sendiri. Tentu, kita ingin konten kita menjadi viral karena hal yang baik, bukan karena konten kita adalah sesuatu yang buruk atau negatif. Satu hal yang bisa dilakukan adalah teruslah membuat konten dan nantinya kualitas dalam output konten yang kamu buat akan terus terasah. Selamat berkarya, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini