Jenis jenis Buzzer, Peran dan Tujuannya Masing-Masing

0
718
jenis buzzer

Di era media sosial seperti sekarang ini, kamu mungkin sudah pernah mendengar istilah buzzer. Kali ini, kita akan bahas jenis jenis buzzer yang paling besar dan terkenal, terutama karena tujuannya yaitu buzzer politik dan marketing. Namun, apakah kamu sudah tahu apa itu buzzer, peran, dan tujuannya? Mari kita bahas dulu apa arti Buzzer. 

Kamu sudah tahu fungsi buzzer itu apa? Yuk simak disini!

Apa itu Buzzer?

Buzzer adalah sekelompok orang yang memiliki ‘misi’ untuk memperkuat sebuah pendapat atau pemikiran, khususnya di media sosial atau secara luasnya di media internet. Buzzer sendiri lahir karena saat ini media sosial menjadi salah satu ruang utama untuk berbagi pemikiran. Orang yang bisa saja diam di dunia nyata, bisa jadi sangat mudah menyampaikan apa yang ada di pikirannya lewat media sosial. Karena hal inilah, buzzer menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah gerakan atau kampanye. 

Kamu sudah tahu fungsi buzzer itu apa?? Yuk simak disini!

Jenis Jenis Buzzer

Buzzer Politik

Yang pertama kita membahas tentang buzzer politk. Tapi sebelumnya ketahui dulu istilah dari buzzer politik.

Apa itu buzzer politik?

Buzzer politik adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan untuk raise issue, menggiring opini, menaikkan atau menurunkan pamor seseorang. Biasanya, buzzer politik berkontribusi besar untuk memenangkan sebuah ajang pemilihan, baik pusat maupun daerah.

Agar mendapatkan tanggapan yang antusias dari para followers, biasanya, buzzer harus membuat topik menarik lewat media sosial yang dikelolanya. Seorang buzzer harus membangun citra diri yang mencolok untuk memenangkan ‘kompetisi’ ini. Makanya tak jarang konten yang dibuat bersifat provokatif, bisa dalam arti positif maupun negatif. Yang paling penting adalah dari konten yang dibuat bisa menghasilkan interaksi yang tinggi dan kemudian mengarah pada sosok yang meng-hire-nya.

Semakin tinggi interaksi tentang kandidat politik dan isu-isu di media sosial, semakin dianggap sukses pula sang buzzer.

Walau kadang menghasilkan sentimen publik terhadap tokoh politik atau topiknya, peran buzzer masih memberikan keuntungan, yaitu exposure. Karena yang paling penting adalah bagaimana pada akhirnya seorang tokoh politik bisa dikenal oleh masyarakat luas yang menjadi parameter kesuksesannya.

Setelah interaksi tercipta, selanjutnya tugas seorang buzzer politik adalah menyusun plan untuk menciptakan persona positif figur politik tersebut.

macam-macam buzzer dan perannya

Buzzer Marketing

Sebenarnya peran buzzer marketing tak berbeda jauh dengan buzzer politik, hanya tujuannya sajalah yang membedakannya. Para buzzer untuk marketing atau promosi bisnis ini biasanya akun-akun media sosial yang punya pengaruh besar atau dikenal dengan sebutan Key Opinion Leader (KOL). Untuk menjadi seorang buzzer marketing, para buzzer ini dituntut untuk memiliki skill marketing yang berbeda dengan mereka yang ‘berjualan’ di dunia nyata atau lewat media ATL (above the line, media besar seperti televisi, billboard, radio). Para buzzer ini harus memiliki strategi untuk mempromosikan sesuatu secara softselling. Biasanya mereka akan menggunakan pola storytelling atau raise issue dengan cara mengawalinya lewat teaser atau pertanyaan yang memancing perhatian para netizen. Karena sudah memiliki pengikut dalam jumlah besar dan memiliki cirinya sendiri-sendiri, pendapat para buzzer ini lebih mudah dipercaya dan diterima oleh para pengikutnya. Karena itu tidak heran hampir semua brand memiliki strategi untuk memasarkan produknya lewat komunikasi via KOL. 

Setelah mengetahui kedua jenis buzzer di atas, pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana sih cara meng-hire mereka?

Selain bisa memilih langsung lewat kontak yang biasanya dicantumkan di profil para buzzer itu sendiri, kamu juga bisa menghubungi agensi buzzer atau jasa penyedia influencers. Mereka-mereka ini telah memiliki pengalaman mengkoordinasikan buzzer dan umumnya mempunyai jaringan buzzer yang luas dengan beragam konten. Dari situ, mereka bisa merekomendasikan dan membuat strategi dengan buzzer yang sesuai dengan karakter brand atau sosok yang ingin di-buzz keberadaannya.

Kamu sudah tahu fungsi buzzer itu apa?? Yuk simak disini!

Yang terakhir, kinerja para buzzer ini dianggap sukses jika memenuhi empat pencapaian ini, tingginya exposure, tingginya interaksi, tingginya tingkat content sharing, dan tentunya peningkatan jumlah produk atau jasa yang terjual. Makin viral unggahan para buzzer Instagram dan buzzer Twitter, maka semakin sukses pula promosi yang dilakukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini