Buzzer dan Influencer? Ini yang Membedakan Mereka

1
42
buzzer
Perbedaan Buzzer dan Influencer

Akhir-akhir ini istilah buzzer semakin nggak asing lagi dalam dunia maya. Istilah buzzer berasal dari bahasa Inggris dan dalam ranah media sosial artinya orang yang mempromosikan sesuatu.

Umumnya yang menekuni profesi ini adalah orang yang memiliki pengaruh tertentu untuk menyuarakan sebuah kepentingan.

Nah, profesi ini berbeda dengan influencer yang lebih dahulu dikenal. Sekilas memang hampir sama karena sama-sama menyuarakan kepentingan tertentu. Seorang yang menjadi influencer adalah mereka yang memiliki pengaruh besar. Misalnya saja public figure, selebgram atau vlogger. Untuk memahami lebih detail perbedaannya, simak ulasannya di bawah ini yuk!

Peran Buzzer Mulai dari Brand Marketing Hingga  Kampanye Politik

perbedaan buzzer dan influencer
(Sumber: Fortune.com)

Sejak kemunculannya, peran buzzer dalam berbagai bidang sangatlah besar. Hal ini terkait dengan tugasnya dalam mempromosikan sesuatu. Mulai dari marketing hingga politik, tak bisa lepas dari profesi yang satu ini. Terlebih sejak ada media sosial, untuk menjalankan perannya sangat mudah. 

Di bidang politik sendiri, peran profesi ini dalam berbagai momen selalu disorot. Utamanya, momen pilkada beberapa bulan yang lalu. Buzzer politik ini adalah sekelompok orang yang memiliki tugas untuk menggiring opini, menciptakan isu, dan menaikkan pamor seseorang.

Mereka harus bisa membangun citra yang mencolok untuk mendapatkan tanggapan luar biasa dari followers. Berbagai macam isu akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan perhatian publik.

Perbedaan Buzzer dan Influencer

perbedaan buzzer dan influencer
(Sumber: Jurnal.id)

Saat ini, dalam keperluan kampanye digital, banyak yang sulit membedakan antara buzzer dan influencer. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang mencolok, lho. Beberapa hal yang membedakan keduanya adalah:

a. Jumlah Audiens

Jika membahas perbedaan keduanya, hal yang terlihat paling jelas adalah perbandingan jumlah followers mereka. Influencer memiliki jumlah followers lebih banyak. Dengan jumlah pengikut yang banyak, influencer memiliki kekuatan yang besar untuk mempromosikan suatu hal dan membuat pengikutnya turut membeli produk tersebut. Hal ini tentunya berbeda dengan buzzer. 

Buzzer memiliki jumlah pengikut yang tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan influencer. Tugas buzzer yang menggiring opini, menciptakan isu, dan menaikkan pamor seseorang bisa dilakukan meski jumlah pengikut mereka kecil. Kekuatan opini yang mereka ciptakan itulah yang nantinya bisa mengubah dan mempengaruhi pandangan banyak orang terhadap suatu hal. 

b. Engagement Rate 

Engagement rate atau tingkat keterlibatan audiens pada buzzerbiasanya lebih rendah dibandingkan dengan influencer. Karena pola informasi yang digunakan berulang-ulang, menyebabkan audiens cenderung menghindar. Namun, sebenarnya mereka nggak kehilangan rasa tertarik pada hal dipromosikan.

Berbeda dengan tingkat keterlibatan pada influencer yang biasanya jauh lebih tinggi. Ini dikarenakan pola komunikasi yang lebih personal. Tingginya keterlibatan followers atau audiens menyebabkan sebuah brand mempercayakan promosinya pada influencer.

c. Indikator Keberhasilan

Cara kerja buzzer yang cenderung lebih mudah membuat banyak orang akhirnya tertarik untuk menekuni profesi ini. Apabila dilihat dari cara kerjanya, profesi ini  lebih berpotensi membuat produk tertentu menjadi viral atau trending. Sedangkan indikator keberhasilan seorang influencer dilihat dari tingginya konversi produk yang dipromosikan.

Dari sudut jangkauannya, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Fokus utama dari buzzer biasanya untuk menjangkau lebih banyak orang agar tahu tentang hal yang dipromosikan. Sementara influencer harus bisa mengajak followers-nya untuk melakukan sesuatu.

Nah, itulah perbedaan buzzer dan influencer. Meski terdengar sama, nyatanya perbedaan di antara keduanya sangat kentara sekali. Influencer lebih fokus mengajak untuk melakukan sesuatu sedangkan buzzer lebih fokus menyampaikan informasi. Cara kerja influencer juga nggak terlalu sulit dan cenderung lebih mudah! Semoga informasi ini bisa menjawab pertanyaan Anda tentang buzzer dan influencer ya!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini