Serba-Serbi Make Up Artist dan 3 MUA Hits di Kalangan Selebriti

2
2023
makeup artist
Makeup Artist Paling Hits

Riasan wajah telah menjadi kebutuhan setiap perempuan yang selalu ingin terlihat cantik. Namun, nggak semua perempuan percaya diri dengan hasil riasannya sendiri. Makanya, solusinya adalah menyewa jasa make up artist (MUA) untuk merias, terutama di saat momen-momen spesial! Supaya mendapatkan hasil rias yang memuaskan, para perempuan tentu nggak mau sembarangan mencari MUA. Mereka biasanya akan memakai jasa MUA yang memiliki jam terbang tinggi dan profesional merias artis – artis papan atas. Cari tahu apa itu MUA dan siapa saja MUA yang populer di kalangan para artis, yuk!

Serba-Serbi dan Tugas Make Up Artist (MUA)

Seperti namanya, make up artist (MUA) adalah seniman yang memanfaatkan kulit sebagai media, utamanya adalah kulit wajah menggunakan make up sebagai produknya. Di sisi lain, make up artist juga dapat dikatakan sebagai make up designer yang mana tugas utamanya adalah merancang riasan pada wajah yang temanya disesuaikan dengan kebutuhan.

MUA bertanggung jawab dalam menyiapkan para modelnya menggunakan teknik make up, termasuk berdiskusi mengenai preferensi yang dimiliki para model mengenai tema make up. Tak jarang, MUA juga bertugas dalam menerapkan teknik make up sesuai dengan brief yang telah ada sebelumnya, biasanya menggunakan keterampilan yang dimiliki atau peralatan make up yang beragam. 

Sekilas pekerjaan dari MUA adalah pekerjaan yang sederhana, padahal tidak, lho. Hal ini dikarenakan butuhnya kreativitas dan skill yang mumpuni dari para MUA. Pasti para MUA tidak ingin model yang didandaninya gagal dan tidak sesuai harapan. Maka dari itu, diperlukan kemampuan khusus dalam mencocokkan tiap dan perlengkapan produk make up terhadap konsep yang diberikan, juga model yang akan didandani.

Mereka bahkan memilih jasa MUA yang berpengalaman merias para selebritis meskipun harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah.

Ternyata MUA Itu Ada Kategorinya, Lho!

makeup artist
(Sumber: Journal.sociolla.com)
Profesi MUA sudah tidak asing buat para pembaca yang sering berkecimpung di acara event, baik wedding, branding produk, fashion, dll. Mrk mempunyai beberapa spesialisasi yang kamu harus paham sebelum memilih MUA MUA untuk kategori komersial seperti syuting iklan atau sinetron di televisi, berbeda dengan kategori fashion dan wedding. MUA untuk wedding biasanya menonjolkan complexion yang serba tebal, baik itu untuk riasan mata, pipi, maupun bibir.Yuk pahami peran mereka dalam suatu event, siapa mereka dan bagaimana mereka begitu dikenal oleh artis- artis papan atas Indonesia

Beda dengan MUA untuk fashion yang harus bisa mengatur penggunaan complexion di beberapa area wajah. MUA untuk fashion juga harus pandai bermain warna agar sesuai dengan tema yang diusung pada saat itu.

3 Jajaran Make Up Artist Hits Langganan Para Selebritis

Bukan rahasia lagi, di balik riasan wajah selebritis yang nyaris tanpa cela, ada tangan-tangan ahli dari MUA yang bekerja. Karena hasilnya yang memuaskan, nggak heran kalau para MUA ini berani mematok harga yang tinggi untuk setiap hasil riasannya.

Berikut adalah deretan MUA yang menjadi langganan para artis dan selebritis di Indonesia:

1. Philipe Karunia

makeup artist philipe karunia
Makeup Artist – Philipe Karunia

MUA berwajah tampan ini mengaku belajar tata rias secara otodidak. Berawal dari pekerjaannya sebagai Beauty Consultant Shu Uemura, Philipe mulai mempelajari kosmetik dan mengaplikasikannya sesuai dengan tema dan karakter. Sejak itu dia mulai mantap untuk menekuni dunia tata rias.

MUA langganan Maudy Ayunda dan Dewi Sandra ini memiliki ciri khas riasan yang natural dan fresh-look. Philipe Karunia juga telah merilis sebuah buku berjudul “Because You’re Special” (Karena anda Special) yang membahas tentang aneka tips make up bagi pemula hingga profesional.

2. Bubah Alfian

makeup artist bubah alfian
Makeup Artist – Bubah Alfian

Bubah Alfian memulai kareir di bidang make up sejak tahun 2006. Riasannya yang bernuansa natural dan flawless telah memikat Tyra Banks, seorang top model papan atas dunia. Tyra Banks lalu mengajaknya berkolaborasi untuk merias seluruh peserta America’s Next Top Model Season 20th. Wah, keren banget ya! 

Raisa, Cinta Laura, Pevita Pearce, Nagita Slavina, dan Isyana Sarasvati termasuk deretan artis langganannya. Bubah Alfian juga pernah merias artis internasional Bebe Rexha. Atas keahlian yang dimilikinya, maka tak heran kalau Bubah Alfian telah menjadi salah satu MUA yang paling hits di kalangan selebritis.

3. Ryan Ogilvy

Makeup Artist - Ryan Ogilvy
Makeup Artist – Ryan Ogilvy

Ryan Ogilvy berkesempatan merias Dian Sastrowardoyo saat bermain film “Ada Apa Dengan Cinta”. Dian kemudian menjadikan Ryan sebagai MUA pribadinya. Ryan kemudian diajak bekerja sama dengan Maybelline yang membuat namanya kian terkenal! 

Nggak tanggung-tanggung, mulai dari Chelsea Islan hingga Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, sangat menyukai hasil riasannya yang flawless! Ryan juga pernah merias wajah Gigi Hadid dan Caitlyn Jenner sehingga membuat namanya menjadi terkenal hingga ke luar negeri.

Itulah deretan make up artist yang hits di kalangan selebritis. Hasil riasan para MUA ini memang sangat bagus. Nggak heran kalau client-nya adalah para selebritis. Nah, kalau Anda ingin menggunakan jasa mereka, siap merogoh kocek yang sedikit dalam ya!

Baca Juga : Jenis – jenis make up artis

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini