Cara Menjadi Influencer dengan Konten yang Menarik

0
38
cara menjadi influencer

Menjadi seorang influencer adalah salah satu profesi yang sangat menjanjikan saat ini. Apa lagi Instagram terus berkembang pesat menjadi sebuah media marketing yang sangat potensial menjangkau market yang luas. Hal ini menjadikan banyak brand yang memanfaatkan kekuatan seorang influencer sebagai bagian dari strategi marketing mereka untuk menggaet pembeli. Nggak tanggung-tanggung, bahkan mereka rela mengucurkan dana yang nggak sedikit demi mendapatkan influencer yang tepat dan berpengaruh! 

Namun begitu, meski terdengar sangat “wah” dan mengagumkan, nyatanya menjadi seorang influencer nggak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan daya tarik yang besar agar sebagai influencer Anda bisa memengaruhi khalayak untuk membeli sebuah produk tertentu. Hm … lalu, apa saja sih yang harus dilakukan supaya bisa jadi influencer yang berbobot dan potensial?

5 Tips untuk Menjadi Influencer dengan Konten yang Berbobot 

Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa jadi influencer yang berkualitas dan berbobot. Yuk, disimak! 

1. Tentukan Apa yang Anda Minati atau Sukai

cara menjadi influencer adalah melakukan hal yang disukai
(Sumber: Pinterest.com)

Sebelum Anda merintis karir menjadi seorang influencer, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui apa yang Anda cintai atau sukai. Setelah mendapatkan jawabannya, lanjutkan dengan melakukan riset kecil-kecilan, lalu membuat konsep untuk konten yang akan dibagikan.

Tips ini nantinya bisa mempermudah Anda dalam pembuatan konten. Pastinya konten yang akan dibuat harus konsisten sesuai dengan apa yang sudah Anda rencanakan. Seiring berjalannya waktu, Anda akan mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru. Pengalaman dan pengetahuan baru ini bisa dimanfaatkan untuk membuat konten yang lebih menarik lagi dari sebelumnya. 

2. Merapikan Feed Instagram

Apabila Anda sudah yakin ingin menjadi seorang influencer, sebaiknya segera rapikan feed Instagram Anda. Tujuannya supaya feed Instagram menjadi lebih rapi dan menarik untuk dilihat. Merapikannya bisa dimulai dengan memilih mood warna foto yang senada satu sama lainnya. 

Setelah itu, Anda harus belajar tools editing seperti VSCO atau Adobe Lightroom. Setelah menguasai tools tersebut, Anda bisa mengedit foto agar hasilnya berkualitas, lalu mengunggahnya. Jangan lupa untuk selalu mengunggah foto dengan caption yang menarik, ya. Misalnya, memasukkan kalimat ajakan atau penggunaan kiasan atau ungkapan yang sedang tren. Dengan begitu, followers Anda bisa lebih tertarik dan merasa dekat dengan konten yang Anda promosikan! 

3. Consistency is The Key 

konsisten adalah salah satu cara menjadi influencer
(Sumber: Talkinginfluence.com)

Bekerja dalam bidang apapun, konsistensi merupakan salah satu kunci terpenting, nggak terkecuali untuk jadi seorang influencer. Kalau Anda merupakan influencer maka harus punya konsistensi dalam mengunggah konten. Anda juga harus tetap memperhatikan kualitas video atau foto yang diunggah serta topik yang sudah ditentukan.

karena, walaupun Anda sering mengunggah konten namun konten yang diunggah nggak memberikan nilai untuk followers, hal ini tidak akan ada hasilnya. Maka dari itu, perlu dipikirkan dengan matang sebelum Anda membuat konten. Disarankan untuk membuat planner yang di dalamnya berisi tema-tema yang akan Anda unggah ke sosial media.

4. Mencoba Tren Baru  

Salah satu hal penting lainnya jika Anda ingin sukses dari media sosial adalah nggak boleh malas untuk melakukan riset mengenai tren yang saat ini sedang happening. Tren yang dimaksud di sini bukan hanya tema konten, tetapi juga platform dan bentuk konten. Supaya mendapatkan tren baru, maka Anda bisa memulai dengan mempelajari tren yang saat ini sedang viral di luar negeri.

Jika sudah viral di luar negeri, bisa dipastikan beberapa waktu kemudian akan booming di Indonesia. Biasanya tren yang viral di luar negeri akan booming di Indonesia 1 sampai 6 bulan kemudian. Namun begitu, diperlukan juga untuk mengamati konten viral yang berasal dari dalam negeri juga. Gunakan pola ATM, amati, tiru, dan modifikasi agar konten kita tidak sekadar menjadi konten yang ‘mengekor’.

5. Memperluas Networking atau Relasi

perluas relasi adalah cara menjadi influencer
(Sumber: Mywellnesshub.in)

Namanya juga pemula, tentu sangat membutuhkan networking yang sangat luas. Jika Anda nggak mau memperluas networking atau pergaulan maka kemungkinan untuk berkembang akan lebih sulit. Lagi pula, cara untuk memperluas networking sangat mudah kok, bisa langsung dimulai dengan sering melakukan interaksi dengan influencer lainnya.

Cara selanjutnya, Anda diharapkan menjadi lebih rajin untuk datang ke acara-acara yang sifatnya mengumpulkan para influencer atau bergabung dengan komunitas dengan minat dan passion yang sama dengan Anda. Cara ini nggak hanya akan memperluas networking yang dimiliki, tetapi juga bisa menambah ilmu maupun wawasan mengenai topik yang ingin diperdalam.Nah, itulah 5 tips agar menjadi seorang influencer yang menarik. Terlepas dari tips-tips yang disampaikan di atas, menjadi influencer perlu proses dan kreativitas supaya bisa menarik perhatian banyak orang maupun mendatangkan tawaran kerja sama dengan brand. Jadi, Anda jangan lelah untuk terus belajar ya, supaya bisa mendapatkan kesuksesan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini