Tips dan Trik Menjadi Vlogger Profesional

2
67
vlogger

Popularitas Youtube sebagai platform hiburan memang sangat besar saat ini. Kebiasaan menonton Youtube untuk menghilangkan penat atau mencari hiburan sudah seperti gaya hidup yang dilakukan masyarakat. Seiring dengan hal ini, menjadi seorang vlogger juga semakin diminati. Apalagi dengan perkembangan YouTube yang makin pesat, vlogger bisa memperoleh penghasilan yang cukup besar dari Youtube.

Untuk sukses menjadi seorang vlogger profesional, ada banyak hal yang harus dilakukan, terutama dalam proses produksi video yang akan di-upload. Pastinya dibutuhkan alat pendukung supaya kualitas video yang dihasilkan bisa maksimal! Lalu, apa aja sih alat yang dibutuhkan oleh seorang vlogger? 

5 Alat yang Dibutuhkan oleh Vlogger Profesional 

alat yang dibutuhkan vlogger
(Sumber: Engagelive.com)

Bagi vlogger pemula pasti masih bingung apa saja alat yang dibutuhkan dalam membuat vlog. Nggak perlu bingung lagi, inilah rekomendasi 5 alat yang harus dipersiapkan oleh seorang vlogger.

1. Kamera yang Mumpuni 

Untuk membuat video sudah pasti akan sangat membutuhkan kamera. Sebagai pemula, Anda bisa memanfaatkan kamera Smartphone yang dimiliki. Namun, jika ingin membuat video di luar ruangan direkomendasikan untuk menggunakan action cam supaya hasilnya lebih bagus dan stabil. Nah, kalau Anda memiliki budget yang lebih besar lagi, direkomendasikan untuk menggunakan kamera DSLR untuk mendapatkan hasil recording yang maksimal. 

2. Tripod 

Alat selanjutnya yang dibutuhkan adalah tripod. Keberadaan tripod dalam membuat vlog bisa membantu pengambilan gambar sehingga hasilnya stabil, nggak goyang, dan berkualitas. Saat ini tripod hadir dalam beberapa ukuran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan ukuran kamera Anda. 

3. Peralatan Lighting atau Pencahayaan 

Apabila Anda akan membuat video vlog di sebuah ruangan yang minim cahaya pastinya akan membutuhkan lighting yang memadai nih. Pencahayaan akan sangat berguna, terutama untuk mendapatkan hasil gambar yang memiliki kualitas bagus. Jadi, jika memungkinkan siapkan flash ataupun aksesoris lighting ya.

4. Mikrofon  

Nggak cuma soal visual aja, seorang vlogger juga perlu memperhatikan komponen utama lainnya, yaituaudio. Maka dari itu, persiapkan mikrofon dengan kualitas yang baik saat akan membuat video. Kehadiran mikrofon ini nantinya akan membantu Anda supaya suara bisa terdengar lebih jernih dan jelas dalam video yang dibuat. 

5. Komputer atau Laptop 

Terakhir, vlogger juga akan membutuhkan komputer atau laptop. Sebelum video dipublikasikan pastinya akan melewati proses editing kan? Nah, proses editing yang dilakukan melalui komputer atau laptop. Jika ingin mendapatkan kualitas video terbaik disarankan untuk menggunakan komputer atau laptop dengan spesifikasi tinggi. Jangan lupa untuk meng-install software yang tepat untuk mengedit. 

Tips Membuat Konten Vlog Agar Menarik dan Keren

konten vlogger
(Sumber: Mei-review.com)

Selain peralatan yang mumpuni, kualitas isi konten adalah hal yang nggak bisa Anda abaikan. Sayangnya, masih banyak vlogger pemula yang merasa kebingungan bagaimana cara buat vlog di YouTube yang menarik dan keren. Eits, nggak usah khawatir. Inilah beberapa tips supaya konten vlog yang Anda buat bisa menarik dan keren. 

1. Rencanakan Ide dan Konsep Vlog dengan Matang 

Tips pertama yang harus Anda lakukan agar vlog yang dibuat bisa menarik adalah dengan membuat konsep dan ide yang matang. Catat saja semua ide, gambaran, atau konsep vlog yang ada di pikiran Anda. Setelah itu, breakdown semua ide itu ke rencana yang siap dieksekusi. 

Misalnya adalah pembuatan alur video, tempat pengambilan video, apa saja yang akan ditampilkan dalam video, dan lain sebagainya. Langkah ini penting sekali sebagai langkah awal akan kualitas konten yang akan Anda hasilkan nantinya. Jadi, pastikan sudah menyusun konsep ini dengan matang ya! 

2. Rencanakan Jadwal Rutin Posting Vlog 

Setelah memiliki peralatan dan konsep yang matang, maka Anda bisa melanjutkan ke bagian pengambilan video atau shooting vlog. Perlu Anda ingat, kalau konsistensi adalah salah satu kunci keberhasilan seorang vlogger. Maka dari itu, ketika sudah berkomitmen menjadi vlogger, pastikan Anda punya jadwal rutin untuk mengupload vlog Anda ya. 

Tanpa adanya jadwal, target konsistensi akan sangat sulit untuk dicapai. Selain itu, disela-sela menunggu jadwal yang sudah ditetapkan, Anda bisa mencari ide baru apalagi ya yang sekiranya bisa membuat vlog Anda banyak ditonton. Lakukan brainstorming dengan matang dan upload video sesuai dengan jadwal yang dibuat.

3. Berkolaborasi dengan Vlogger Lain 

Agar channel Youtube yang dimiliki bisa lebih berkembang, ajaklah kolaborasi vlogger lain untuk membuat konten. Misalnya, Anda adalah vlogger spesialis makanan dan jalan-jalan, maka cari juga vlogger dengan spesialisasi yang sama. Atau, bisa juga mencari vlogger lain dengan latar belakang atau spesifikasi yang berbeda. Dengan begitu, kesan unik bisa muncul dan berpeluang lebih disukai penonton. 

Nah, itulah beberapa peralatan yang harus disiapkan vlogger pemula dan tips agar konten vlog bisa menarik. Semoga informasi ini bisa jadi inspirasi bagi Anda yang ingin terjun ke dunia YouTube ya! 

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini