Pilih Kamera Vlog Yang Tepat Agar Bisa Keren. Ini Tipsnya!

0
41
kamera vlog yang tepat

Apakah kamu seorang vlogger atau punya minat di bidang ini? Kamu berada di waktu yang pas untuk membaca artikel ini, karena kali ini Allstars akan memberikan tips untuk memilih kamera yang tepat agar hasil video kamu makin keren. Kenapa sih, penting untuk memilih kamera vlog yang tepat? Mudah saja, karena kamera menjadi hal yang esensial bagi para vlogger untuk mendapatkan hasil gambar dan video terbaik. Makanya, memilih kamera tidak bisa sembarangan. Apa yang jadi pilihanmu harus disesuaikan dengan kebutuhan vlog yang akan kamu produksi. 

Setiap spesifikasi dan fitur harus diteliti lebih dalam agar dapat menunjang aktivitas vlog-mu. Sebagai contoh, jika vlog yang kamu buat adalah tentang traveling tentu selain membutuhkan lensa yang baik, kamu juga butuh kamera berdesain ringan agar efektif dibawa ke mana pun.

Sebelum menuju kamera vlog yang direkomendasikan, kita akan ulas sedikit apa sih yang diharapkan dari sebuah kamera untuk vlogging. Yang pertama, sudah pasti hasil tangkapannya. Perlu dipertimbangkan apakah kamu akan merekam vlog dalam Full HD 1080p atau UHD 4K.

Misalnya kamu akan memilih untuk hasil 4K, kamu juga harus memiliki PC yang sanggup mengedit video 4K. Selanjutnya stabilisasi kamera, yang mana sangat penting untuk hasil video yang berkualitas dan bisa memanjakan mata para subscribers. Stabilitas kamera diperlukan untuk mengurangi atau menghilangkan goncangan selama proses perekaman. Biasanya diperlukan tools lain seperti handheld ‘gimbal’ untuk memaksimalkan stabilisasi kamera. Selain dua hal tersebut, masih banyak hal lain seperti portabilitas yang memungkinkan kamera tidak merepotkan saat dibawa ke mana-mana, kemampuannya menangkap gambar dengan kondisi low light, dan punya input mikrofon yang baik.

Kalian tahukah peralatan lengkap untuk menjadi Vlogger ?

Nah, without further ado, ini beberapa jenis kamera vlog yang Allstars rekomendasikan untuk kamu memulai vlog-mu sendiri.

Rekomendasi Kamera Vlog

Fujifilm X-A3

kamera Fujifilm X-A3

Fujifilm menjadi salah satu brand yang menjadi andalan bagi banyak fotografer. Tak hanya foto, kualitas video yang dihasilkan pun sangat baik dan tidak salah jika kamera ini kamu gunakan untuk aktivitas vlog-mu. Kamera ini menggunakan lensa Fujinon XC 16-50 f/3,5 – 5,6 OIS II sebagai lensa bawaan dengan resolusi 24,2 MP. Dengan spek tersebut, kamera ini mampu meng-capture foto macro dengan baik. Desain kamera ini juga pas untuk melakukan selfie dan vloging karena layar bisa dilipat ke posisi selfie. Layar kamera mirrorless Fujifilm X-A3 berukuran 3 inci, ditambah sudah dibekali fitur touchscreen.

Olympus Pen E-PL8

kamera Olympus Pen E-PL8

Kamera ini selain dibekali sensor 16MP, juga memiliki desain yang ramping serta ringan namun tetap tangguh. Jadi pas nih buat dibawa saat kamu merekam vlog-mu, terlebih jika kamu membuat travel vlog. Kamera vlog ini punya banyak fitur yang akan mendukung aktivitas vlog. Misalnya, fitur stabilizer video dalam kamera mampu memberikan hasil mulus sehingga, video akan tetap stabil ketika pengguna bergerak atau berjalan.

Nikon 1 J5

kamera Nikon 1 J5

Untuk kamu yang membuat vlog dengan banyak pergerakan atau aktivitas seperti olahraga, kamera ini cocok buatmu. Kamera ini dilengkapi dengan lensa bawaan 10-30 mm f/3,5–5,6 dan sudah memiliki kemampuan resolusi hingga 4K. Shutter speed-nya sendiri bisa mencapai angka 1/16000s, yang artinya gambar akan tetap stabil walau dalam pergerakan yang cepat. Fitur-fitur yang dimiliki juga tergolong lengkap, misalnya built in Wi-Fi & NFC, serta layar flip on. Kemampuan selfie kamera ini juga tergolong mumpuni dengan resolusi 20,3 MP.

Bawa apa aja nih peralatan lengkap untuk menjadi Vlogger ?

Canon Powershot G7X

kamera Canon Powershot G7X

Kamera vlog ini pernah digunakan oleh salah satu stand up comedian, content creator, vlogger terkenal, seperti Raditya Dika, Awkarin, dan Joshua ‘Jojo’ Suherman. Kamera ini punya kelebihan yang penting dimiliki seperti yang tertulis sebelumnya, bisa menghasilkan gambar yang baik dalam kondisi low light. Selain ini, kamera ini juga memiliki fitur-fitur seperti Auto, Hybrid Auto, Manual, Aperture Priority, Shutter Priority yang akan menghasilkan gambar serta video berkualitas terbaik.

Ketahui sekarang peralatan lengkap untuk menjadi Vlogger

Nah itu tadi beberapa rekomendasi kamera vlog yang bisa kamu gunakan untuk memulai vlog-mu. Tentu, selain beberapa rekomendasi di atas, masih banyak kamera lain yang bisa jadi pertimbanganmu. Kamu bisa ‘menguliknya’ dari review para expert atau nantikan rekomendasi lainnya dari Allstars. All the best yah buat vlog-mu!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini