Bikin Konten Berkualitas? Say No More, Ini Tipsnya!

0
6
Konten Berkualitas

Punya konten yang berkualitas dan disukai oleh orang banyak adalah impian para content creator. Konten yang berkualitas menjadi kunci untuk mendapatkan traffic yang bagus untuk medsos seorang creator. Seorang fans awalnya pasti ‘jatuh cinta’ pada pandangan pertama melihat feed atau konten yang ada di laman profil yang baru saja ia temukan. Dengan membuat konten yang berkualitas, kamu tak hanya akan menarik perhatian dan memikat audiens,  namun juga menciptakan hubungan emosional dengan mereka.

Lalu, bagaimana sih cara membuat konten yang berkualitas? Jangan khawatir, Allstars akan memberikan petunjuk buatmu. Yuk, disimak yah!

Cara Membuat Konten Berkualitas

cara membuat konten

Melakukan Riset Dan Survey

Ide dan eksekusi adalah yang paling utama dalam pembuatan konten. Namun, jauh sebelum itu, perlu ada satu tindakan agar sampai ke titik pengerjaan konten, yaitu melakukan riset. Apa saja yang perlu dilakukan? Pahami hal apa yang sedang menjadi tren belakangan ini. Lakukan juga survey kepada audiens (bisa dari keluarga, teman, atau bahkan orang yang tak kamu kenal menggunakan aplikasi survey) supaya apa yang ada di kontenmu bisa relate dengan tren dan kesukaan orang-orang masa kini.

Jika sudah menemukan gayamu sendiri, jangan lupa untuk memantau ‘kompetitor’ dengan konten serupa untuk bahan perbandingan. Jadikan para kompetitormu sebagai acuan untuk membuat konten yang lebih baik dari mereka..

Memahami Pentingnya Keyword

Setelah menemukan ide konten yang menarik, saatnya kamu memasuki fase berikutnya yaitu belajar tentang keyword. Kenapa sih hal ini bisa penting? Kini, hampir semua creator berlomba-lomba agar kontennya bisa muncul di halaman pertama Google. Jika kontenmu muncul di laman pertama Google, sudah pasti kontenmu bisa dengan mudah menarik audiens. Untuk memaksimalkan ini, kamu bisa mulai untuk mempelajari dan menggunakan berbagai macam tools untuk riset keyword, seperti SEMrush, Ahrefs, Ubbersuggest, dan lainnya. Cari dan kumpulkan keyword yang ada dari konten yang sudah kamu produksi, kemudian, riset satu per satu sehingga menemukan keyword yang tepat.

Punya Perspektif Yang Unik

Kenapa sih seorang creator bisa disukai banyak orang? Jawaban paling mudah adalah karena mereka menawarkan konten yang menarik.

Jika kita tarik lagi, hal yang menarik itu bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah karena unik. Sebuah konten tentu akan memikat audiens saat menawarkan sesuatu yang berbeda atau bahkan baru, belum pernah ada sebelumnya. Yang perlu kamu lakukan sebenarnya tidak harus sesuatu yang susah. Mungkin bisa saja apa yang akan kamu bicarakan sudah banyak yang membicarakannya, namun kamu bisa saja mencari cara penyampaian yang unik, yang belum digunakan sebelumnya. Misalnya, kamu bisa saja mengajarkan orang untuk berinvestasi tapi dengan menggunakan pendekatan stand up comedy.

Kembali lagi ke poin pertama semakin banyak kamu melakukan riset, akan semakin mudah menemukan perspektif unik yang ingin digunakan.

Punya Headline yang Kuat

Familiar dengan istilah clickbait? Belakangan banyak konten yang memiliki judul yang seprovokatif itu dan sukses membuat kita ingin segera mengklik dan menyimak konten tersebut.

Padahal, tidak sedikit yang ternyata isinya ‘begitu aaja’. Nah, headline atau judul yang baik yaitu yang akan menarik perhatian banyak orang, namun tidak memprovokasi seperti clickbait. Dengan kamu banyak belajar, riset, membaca, dan lainnya, harusnya akan ada banyak perbendaharaan kata di kepalamu. Pilih kata-kata yang punya makna kuat dan bisa mewakili apa isi kontenmu. Tentu, kamu bisa membuat orang penasaran, misalnya dengan tidak memberi tahu inti dari kontenmu itu.

Perlu diingat juga, judul yang kuat harus beriringan dengan konten yang berkualitas. Makanya, jika kamu sudah punya konten yang menurutmu punya kualitas, sangat penting untuk menyertai headline yang berkualitas pula.

Nah, setelah mencoba beberapa hal di atas, kamu sudah mulai punya pola pikir untuk membuat konten yang berkualitas. Selalu ingat, yang berkualitas itu bukan soal yang banyak, yang mahal, atau yang sama sekali berbeda. Konten yang berkualitas adalah sesuatu yang bisa menjawab, mengisi, dan mencerahkan para audiens yang menyimaknya. Semoga sukses yah untuk semua konten yang kamu buat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini