Terbaru, Kini Durasi Video TikTok Bisa 5 Menit, lho!

0
43
durasi terbaru video tiktok

Jika ditanya apa platform media sosial yang paling populer saat ini, pasti kebanyakan akan menjawab TikTok. Yup, media sosial yang satu ini kini makin banyak digemari oleh berbagai kalangan dan rentang usia yang beragam. Lewat TikTok, banyak orang yang bisa mengekspresikan dirinya lewat konten-konten video pendek, tak terkecuali para influencers

Media sosial yang awalnya dikenal dengan konten-koten musically ini berkembang menjadi platform untuk berbagi banyak hal. Yang menarik, karena keterbatasan durasi, kreativitas para kreator di TikTok semakin terasah. Mereka dituntut untuk membuat konten yang ringan, mudah dimengerti, singkat, dan padat. Banyak juga konten-konten yang memiliki gaya bercerita yang absurd, yang walau begitu justru menjadi gaya baru dalam membuat sebuah konten. 

Nah, sama halnya seperti media sosial lainnya, TikTok pun terus melakukan pembaruan demi memberikan experience terbaik bagi para penggunanya.  Dengan adanya pembaruan ini diharapkan nantinya semakin banyak pengguna baru yang menggunakan TikTok sekaligus memberikan ‘kanvas kosong’ yang lebih besar bagi para kreatornya. 

Perkembangan Batas Durasi Upload Video TikTok

Bicara soal pembaruan tersebut, baru-baru ini TikTok mengeluarkan kebijakan baru yaitu perpanjangan durasi video yang diunggah. Perubahan durasi di TikTok ini bukanlah yang pertama kali. Awalnya video yang bisa diunggah berdurasi 2 menit, kemudian berubah menjadi 3 menit, dan yang terbaru saat ini menjadi 5 menit. 

Pembaruan ini sudah dilakukan sejak bulan Agustus 2021 yang lalu dan masih menjalani tes untuk beberapa pengguna. Hal ini penting dilakukan karena yang namanya pembaruan juga tak selalu disambut dengan antusias oleh semua orang. 

Perlu dilakukan ab testing demi mendapatkan insight dari para pengguna, misalnya apakah mereka menyukai perubahan ini atau justru malah tetap ingin menggunakan TikTok yang memiliki batasan waktu 3 menit saja.

Alasan di Balik Penambahan Batas Durasi Upload Video Tiktok

Jika kita bahas lebih dalam, alasan di balik diperpanjangnya durasi TikTok ini adalah karena hal yang sudah disebutkan sebelumnya, pengguna TikTok makin banyak dan beragam. Konten yang dibuat di TikTok kini tak lagi hanya sebatas musically dan sejenisnya, tapi lebih jauh lagi banyak kreator yang membuat review produk, film, sampai dengan musik atau para kreator yang membuat konten tutorial.

Bagi mereka yang membuat konten jenis tersebut, durasi tentu menjadi salah satu bagian penting demi menyajikan informasi yang lengkap. Keterbatasan durasi tak lagi menjadi penghalang bagi kreator yang ingin lebih jelas dan lengkap dalam menyajikan kontennya. Tingkat kompleksitas konten pun semakin meningkat dan harapannya bisa lebih menarik banyak audiens untuk menyimak. 

Misalnya, dengan durasi 5 menit, seorang kreator bisa menyajikan konten tutorial membuat resep masakan yang unik. Dalam hal review produk pun, skema konten bisa makin tertata dengan baik dengan adanya durasi yang lebih panjang. Mulai dari perkenalan, penggunaan, hingga penjelasan kelebihan serta kekurangan sebuah produk menjadi bisa tersampaikan dengan baik.

Yang perlu diingat, untuk mengunggah konten berdurasi 5 menit ini, pengguna diharuskan sudah merekam video tersebut sebelumnya. Jadi, para pengguna tidak bisa merekam langsung dari TikTok jika ingin mengunggah video berdurasi 5 menit. Hal ini juga memungkinkan kreator untuk memoles, merangkai, dan mengedit videonya dengan maksimal terlebih dahulu sebelum akhirnya diunggah.

Nah, apa pendapat kamu tentang pembaruan ini? Dapatkan terus informasi terbaru seputar TikTok dan media sosial lainnya hanya di Allstars!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini