Ikuti 4 Tips Ini untuk Meningkatkan Engagement Rate TikTok

0
116
Tiktok ilustrasi

TikTok saat ini menjelma menjadi media sosial pilihan dalam mempromosikan bisnis. Hal ini disebabkan oleh peningkatan engagement rate pengguna TikTok secara masif dalam beberapa tahun terakhir. Pada awal 2022 ini, TikTok tercatat memiliki 92,07 juta pengguna berusia 18 tahun ke atas di tanah air. Data ini diperoleh dari sumber periklanan ByteDance.

Besarnya jumlah pengguna TikTok membuat para pebisnis dapat memanfaatkan peluang ini. Setidaknya ada ​​tiga alasan mengapa TikTok menjadi pilihan yang baik untuk bisnis, yaitu ruang besar untuk konten buatan pengguna, teknik pemasaran baru, dan penargetan Gen-Z yang mudah. Agar lebih maksimal menggunakan TikTok untuk bisnis, kamu perlu tahu tips meningkatkan engagement rate TikTok. Penasaran? Berikut informasinya!

Apa Itu Engagement Rate TikTok?

Engagement rate adalah pengukuran keterlibatan followers dalam suatu akun media sosial. TikTok merupakan salah satu media sosial yang paling sering digunakan. Banyak konten menarik dalam aplikasi ini yang membuat jumlah penggunanya fantastis. Tidak heran jika banyak pegiat digital marketing menjadikan TikTok sebagai sarana ampuh untuk melakukan pemasaran. 

Dalam melakukan pemasaran melalui media sosial, penting untuk mengetahui engagement rate karena ini adalah metrik standar yang dimanfaatkan untuk mengukur performa konten. Baik influencer maupun digital marketer perlu memahami engagement rate sosial media ini agar mampu menilai keterlibatan audiens dengan post yang sudah dipublikasikan.

Engagement rate TikTok yang baik ditandai oleh suatu konten yang mendapatkan banyak perhatian dari followers. Sebagai alat riset, engagement rate juga bisa digunakan untuk memahami keinginan audiens berdasarkan jumlah interaksi dengan konten tertentu. Penilaian bisa dilakukan dengan melihat postingan mana yang memiliki jumlah engagement paling banyak atau paling sedikit.

Komponen yang Mempengaruhi Engagement Rate TikTok

Ada beberapa komponen yang mempengaruhi engagement rate TikTok. Berikut penjelasannya:

Comment

Bagi brand, comment adalah cara yang bagus untuk berinteraksi dengan follower dan membangun koneksi di TikTok. Semakin banyak yang comment, semakin meningkat pula engagement kamu di tiktok.

Share

Saat follower klik “Share” lalu “Copy Connection”, algoritma menganggap video tersebut dikirim ke orang lain. Akibatnya, peringkat video menjadi lebih tinggi, membuatnya lebih mungkin untuk muncul di #FYP dan berpengaruh terhadap engagement rate.

Like

Like juga bisa digunakan untuk mengukur performa kamu di TikTok. Untuk mendapatkan like lebih banyak, kamu bisa coba membuat nama dan bio yang menarik, membuat tautan Instagram dan YouTube, profil tidak private, mengikuti tren terbaru, hingga menggunakan sound dan hashtag populer.

View

Di TikTok, penghitungan view sangat sederhana. Begitu video kamu mulai diputar, itu dihitung sebagai penayangan. Jika video diputar otomatis atau berulang, atau viewer kembali menontonnya beberapa kali, semua itu dihitung sebagai penayangan baru.

Total playtime

Total playtime atau total waktu menonton dihitung hingga detik terakhir untuk setiap video. Kamu dapat memeriksa total playtime di TikTok secara mingguan dan bulanan, total waktu pemutaran video, informasi tentang siapa yang menonton, dan banyak lagi.

Cara Menghitung Engagement Rate TikTok

Cara menghitung engagement rate TikTok saat ini cukup mudah karena sudah banyak platform yang menyediakan layanan penghitungannya. Beberapa website yang bisa digunakan untuk membantu menghitung jumlah adalah HypeTrace, HypeAuditor, dan Inbeat.

Tips Meningkatkan engagement rate TikTok

Berikut beberapa tips meningkatkan engagement rate TikTok:

Posting secara rutin

Konsistensi dan tekad adalah dua faktor yang mempengaruhi engagement rate TikTok. Posting secara rutin membantu kamu menahan perhatian audiens lebih lama. Pastikan untuk mem-posting berbagai konten video resolusi tinggi karena akan paling banyak dilihat oleh audiens. Postingan yang dibagikan juga harus bisa memiliki ciri khas tersendiri, sehingga audiens bisa dengan mudah mengenali dan ingin tahu akan brand atau campaign yang sedang dijalankan.

Gunakan fitur interaktif 

Kamu juga bisa meningkatkan nya dengan cara menggunakan fitur interaktif, salah satunya seperti fitur Q&A. Fitur Q&A diluncurkan oleh TikTok untuk menjawab berbagai pertanyaan dari netizen. Saat melakukan siaran langsung dan ingin membuka sesi tanya-jawab, fitur ini juga bisa dipakai. Brand kamu bisa menggunakan fitur Q&A ini untuk menjawab pertanyaan dari audiens sehingga meningkatkan engagement.

Selain fitur Q&A, TikTok juga menyediakan fitur membalas comment dengan video hingga Stitch. Fitur membalas comment dengan video memungkinkan kamu untuk memilih alternatif balasan berupa teks atau kembali mengunggah video baru sebagai bentuk respons. Dengan membalas komentar audiens menggunakan video, kamu meningkatkan minat audiens dan membuatnya merasa spesial. Sedangkan fitur Stitch digunakan untuk mengutip video TikTok dari pengguna lain yang biasanya digunakan untuk konten video reaksi atau kutipan informasi.

Perhatikan analytics

Dengan memperhatikan analytics, kamu dapat melakukan perbaikan terhadap konten yang diunggah. Jika ada kesalahan pada jam tayang, kamu bisa menyesuaikan ulang jadwal unggah konten. Analytics akan memberikan kamu informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan engagement ratemu di TikTok, itulah kenapa begitu penting untuk dipertimbangkan.

Terus bereksperimen

Jangan pernah lelah untuk terus membuat konten-konten TikTok yang menarik. Melalui trial and error, kamu nantinya akan dapat menentukan jenis konten yang paling sesuai dengan brand dan disukai oleh audiens.

Itulah tadi beberapa tips untuk meningkatkan engagement rate TikTok yang perlu kamu ketahui. Jika terus berupaya membuat video berkualitas tinggi dan menarik, kamu akan mudah meraih kesuksesan. Kalau jumlah followers TikTok kamu meningkat drastis, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk menjadi influencer di platform tersebut. Agar bisa bertemu dengan brand yang tepat dengan persona kamu, yuk daftarkan diri di Allstars, platform marketing influencer pertama di Indonesia. Kunjungi website Allstars untuk informasi lebih lanjut!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini