Istilah dalam Instagram dan TikTok yang Wajib Diketahui Influencer

0
33
istilah dalam tiktok dan instagram yang wajib diketahui oleh influencer

Saat ini, TikTok dan Instagram bisa dikatakan menjadi dua nama besar dalam media sosial. Jumlah pengguna kedua platform ini terus mengalami peningkatan, seiring dengan pembaruan yang selalu dibuat. Dengan adanya pembaruan tersebut, tentu akan ada banyak hal yang perlu dipahami dari kedua platform tersebut, terutama jika kamu adalah seorang influencer.

Penting bagi seorang influencer untuk mengetahui serta memahami seluk beluk dunia media sosial yang mereka geluti agar bisa menghasilkan konten yang berkualitas dan relevan dengan kondisi terkini. Selain itu, para influencer nantinya bisa menentukan strategi marketing bagi dirinya sendiri untuk ke depannya. 

Nah, salah satu hal yang penting untuk dilakukan seorang influencer maupun pengguna Instagram dan TikTok adalah mengetahui istilah-istilah yang ada. Lho, kenapa hal ini menjadi penting? Dengan mengetahui istilah-istilah yang ada dengan baik, maka akan mempermudah penggunaan masing-masing platform tersebut. Dalam proses kreatif pun, nantinya akan ada banyak kemudahan yang didapatkan jika kamu mempelajari hal yang satu ini.

Karena itu, kali ini Allstars akan merangkum beberapa istilah penting yang ada di dalam Instagram dan TikTok yang harapannya bisa membantu untuk lebih memahami kedua platform tersebut. Simak yuk!

Instagram:

istilah-dalam-instagram

(Unsplash/Georgia de Lotz)

  1. Insights

Secara harfiah, insights berarti wawasan. Di Instagram sendiri, insights adalah fitur yang akan memberi tahu informasi seputar followers dan jenis konten yang banyak disukai. Dengan lebih mengenali followers, kita akan bisa membuat konten yang relevan dan baik. 

  1. Impression

Selanjutnya, adalah impression yang menunjukkan berapa kali konten yang kamu buat muncul di feed para pengguna Instagram lainnya. Sebagai contoh, jika impression postinganmu adalah 300, maka artinya sebanyak 300 kali postinganmu muncul pada feed pengguna Instagram lainnya.

  1. Engagement

Yang satu ini digunakan untuk mengukur kinerja konten yang sudah kamu buat. Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi engagement pada Instagram, mulai dari jumlah likes, komentar, share, dan sebagainya. Untuk lebih tahu soal engagement di Instagram, kamu bisa menyimak artikel Allstars berikut ini!

  1. Reach

Mudahnya, reach berarti jangkauan yang bisa ‘diraih’ oleh akun Instagram-mu. Reach dihitung dari berapa banyak akun unik melihat konten yang kamu buat. Katakanlah kamu memiliki 1000 followers, maka reach dari konten tersebut bisa diperkirakan memiliki jumlah yang sama yaitu 1000.

  1. Geotag

Di mana kamu berada atau lokasimu itulah yang disebut geotag. Fungsi geotag adalah menandai lokasi di setiap konten yang kamu unggah. Misalnya, kamu mengunggah foto cafe yang tengah hits. Dengan menandai foto tersebut dengan geotag, maka para viewers bisa langsung mengetahui di mana lokasi cafe tersebut.

  1. Instagram views

Untuk para pengguna Instagram Story, views bisa kamu temui di situ sebagai ‘laporan’ yang berisi siapa saja yang melihat story tersebut. 

  1. Profile visit

Profile visit digunakan untuk mengetahui berapa kali pengguna lain mengunjungi profilmu setelah melihat konten tertentu 

  1. Total shares

Yang satu ini adalah untuk melihat berapa kali konten yang kamu buat dibagikan oleh pengguna lainnya

  1. Total saves

Total saves memungkinkanmu untuk mengetahui berapa kali foto atau video pada kontenmu disimpan oleh pengguna lainnya

  1. Taps Backward

Bisa ditemukan di Instagram Story untuk melihat story yang ada sebelumnya

  1. Taps forward

Kebalikan dari taps backward, ini dilakukan jika kamu ingin melihat story selanjutnya

TikTok:

(Unsplash/Hello I’m Nik)

  1. FYP

For Your Page atau yang disingkat FYP, punya cara kerja yang mirip dengan laman explore di Instagram, namun dengan algoritma yang menawarkan konten yang kira-kira kamu sukai. FYP juga dianggap sebagai parameter viral di TikTok.

  1. Stitch

Stitch adalah fitur yang punya kemiripan dengan Duets. Namun bedanya adalah stitch tidak menggunakan konsep split screen, namun muncul bergantian. Biasanya fitur ini digunakan untuk mengomentari atau merespon video buatan kreator lain.

  1. Discovery page

Laman ini punya kesamaan pula dengan Instagram explore, hanya saja di sini disajikan pula hashtag yang tengah hits saat ini

  1. Duets

Fitur ini memungkinkan kreator untuk berduet atau berkolaborasi dengan kreator lain dengan konsep split screen

Nah, itu tadi beberapa istilah dalam Instagram dan TikTok yang perlu kamu ketahui. Masih banyak istilah lainnya yang belum kita bahas. So, ikuti terus artikel dan instagram Allstars untuk tetap update, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini