Ini Dia 5 Manfaat dari Influencer Marketing bagi Brand!

0
22
manfaat-dari-influencer-marketing

Di tengah persaingan yang semakin ketat, terutama di ranah digital marketing, peran seorang influencer sangat dibutuhkan untuk mendongkrak pemasaran. Makanya, kali ini Allstars bakal membahas soal influencer marketing beserta manfaatnya bagi brand yang menggunakan jasanya.

Definisi influencer sendiri adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh baik secara langsung pada audiensnya. Profesi para influencer ini beragam, mulai dari selebritis, content creator, blogger, sampai dengan seseorang yang dinilai penting di komunitas tertentu. 

Pada umumnya, seorang influencer memiliki jumlah pengikut yang banyak hingga jutaan orang di media sosialnya. Walau begitu, jumlah follower tak selalu menjadi jaminan seseorang bisa menjadi influencer. Ada pula orang yang ‘hanya’ memiliki ribuan follower namun bisa disebut sebagai influencer karena bisa mempengaruhi para follower-nya.

Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh banyak brand sebagai salah satu channel marketing mereka untuk memperluas pasar, terutama untuk membangun brand awareness. Untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang apa itu Influencer Marketing kamu bisa menyimak artikel Allstars di sini, yah!

Manfaat Marketing Influencer Bagi Brand

Seperti yang sudah tertulis di atas, kini makin banyak brand yang menggunakan influencer sebagai salah satu medium pemasaran produk mereka. Berbagai cara kreatif dilakukan para influencer untuk menarik perhatian para followers-nya dengan target pembelian atau sekadar memberikan awareness pada produk yang dipromosikan.

Berikut Allstars rangkum lima manfaat dari marketing influencer:

  1. Meningkatkan brand awareness dalam jangka waktu singkat 

Karena pengguna media sosial kian banyak, produk dari brand yang dipromosikan lewat influencer bisa menjadi pusat perhatian sekaligus membantu meningkatkan kepercayaan terhadap produk itu sendiri.

  1. Memperluas Jangkauan Pasar

Jumlah reach serta engagement yang tinggi akan membuat jangkauan konsumen dan calon konsumen menjadi lebih luas lagi. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat, terutama untuk produk yang baru dirilis. Yang perlu diperhatikan adalah tidak perlu menjangkau semua jenis audiens, namun harus disesuaikan pula dengan relevansi produk yang dipromosikan.

  1. Meningkatkan Conversion

Mudahnya, semakin banyak produkmu diketahui oleh orang, maka semakin tinggi pula potensi penjualannya. Itulah kenapa, menggunakan influencer sebagai media bisa lebih baik daripada sekadar memasarkan secara offline di tempat tertentu.

  1. Membantu menjalin hubungan kedekatan antara brand dengan konsumen

Karena setiap influencer memiliki gayanya masing-masing, terutama cara yang kreatif untuk memasarkan sebuah produk, maka akan timbul pula kedekatan antara brand dengan konsumen. Produk tak lagi hanya dipajang di etalase, namun memiliki cerita di dalam pemasarannya. Selain itu, melihat respon yang ada juga bisa menjadi pembelajaran untuk peningkatan kualitas produk yang sedang dipromosikan.

  1. Sebagai alternatif promosi brand 

Yang namanya brand sudah pasti memiliki banyak channel untuk memasarkan produknya. Dari semua channel yang dimiliki, banyak pula yang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Dengan menggunakan jasa influencer, budget yang ada bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Banyaknya pilihan influencer bisa menjadi pertimbangan untuk mencari yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih influencer adalah sebelumnya kita sudah mengetahui dulu karakter mereka dalam menggunakan media sosialnya. Alih-alih mendapatkan awareness, produk kita bisa jadi blunder jika dipromosikan oleh influencer yang kurang tepat. Walau yang namanya ide selalu ada yang ‘liar’, namun identitas brand adalah hal utama yang perlu dijaga. 
Buat kamu yang ingin selalu update dengan hal-hal seputar media sosial dan digital marketing, simak terus yah artikel-artikel di Allstars!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini