Mau Brand-mu Lebih Gampang Dikenali? Yuk, Coba Kulik KOL Influencer!

0
8914
KOL Influencer

Seiring makin berkembangnya media sosial sebagai aset utama dalam digital marketing, makin berkembang pula ketertarikan untuk menjadi seorang key opinion leader (KOL). Seperti yang sudah sering Allstars bahas sebelumnya, seorang KOL dan influencer kini menjadi bagian utama dalam kebanyakan marketing campaign yang berhasil. Peran mereka sangat bisa diandalkan untuk menjangkau target audiens, sekaligus memperluas jangkauan audiens lainnya. 

Kini makin banyak nama-nama KOL Influencer yang meramaikan platform media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan Youtube dan berhasil menjadi trending. Meski kiprah dari beberapa kreator di bawah ini cenderung belum lama, tetapi para KOL ini berhasil menjadi booming dan menarik perhatian audiens dalam jumlah besar.

Peran KOL Influencer dalam Pemasaran

Kemunculan segudang KOL influencer tentu bukan tanpa sebab di era digital seperti saat ini. Hadirnya berbagai platform sosial media seperti Instagram, TikTok dan lainnya membantu menggerakan jumlah penyebaran KOL influencer ke hampir seluruh wilayah di Indonesia. Tentu, hadirnya KOL influencer ini memiliki peran terhadap suatu brand ketika brand tersebut melakukan pemasaran.

Sebagaimana sebutannya, KOL atau influencer ini adalah orang yang mampu memberikan pengaruh ke banyak orang melalui opininya. Mereka bisa seorang aktor, politisi, penyanyi, atau orang yang ahli dibidangnya. Dengan ini, penggunaan KOL ini bisa membantu sebuah brand untuk meningkatkan brand awareness-nya ke khalayak ramai. 

Tak hanya itu saja, penggunaan KOL dalam melakukan pemasaran juga bisa menambahkan kepercayaan masyarakat terhadap suatu brand. Sebagai contoh, suatu brand alat olahraga akan lebih dipercaya kualitas produknya apabila influencer yang digunakan untuk iklannya menggunakan pesohor-pesohor dari dunia kebugaran. 

Jenis-jenis KOL Influencer

Seperti yang kita ketahui, KOL di Indonesia jumlahnya sangat banyak dan masing-masing memiliki niche-nya sendiri. Selain terbagi dari interest-nya, influencer juga dikategorisasikan berdasarkan jumlah followersnya. Nah, berikut kategorisasinya:

  • Nano influencer: 1.000-10.000 followers
  • Micro influencer: 10.000-50.000 followers
  • Macro influencer: 500.000-1.000.000 followers
  • Mega influencer: lebih dari 1.000.000 followers

Bagaimana Memilih KOL Influencer yang Tepat?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penggunaan influencer mampu meningkatkan brand awareness. Namun, sebelum memilih KOL, ada beberapa cara agar kamu mendapatkan influencer yang tepat untuk brand-mu. Berikut cara bagaimana memilih KOL influencer:

Cocok dengan image yang dibangun oleh brand

Brand mana yang tidak mau produknya digunakan banyak orang dan mendapatkan angka sales yang tinggi. Penggunaan, KOL influencer merupakan salah satu cara agar meningkatkan probabilitas penjualan produk brand-mu. Akan tetapi, jangan asal melihat angka followers-nya, karena apabila kamu salah pilih KOL influencer, citra yang dibangun brand-mu akan tidak sesuai dengan mereka. 

Reputasi 

Setiap pemilik brand tentunya ingin memiliki reputasi yang baik untuk brand-nya sendiri agar tetap berkelanjutan. Maka dari itu, memilih KOL dengan reputasi yang baik akan menjaga nama baik brand-mu sendiri.

Memiliki akun media sosial yang beragam

Cara ketiga agar bisa mendapatkan influencer yang tepat adalah pilih influencer atau KOL yang memiliki berbagai akun media sosial. Dengan mencari KOL yang memiliki berbagai akun media sosial, kamu bisa dengan lebih mudah menganalisis datanya dan juga menghubungi mereka.

Itulah definisi KOL influencer dan penjelasan bagaimana cara memilih KOL influencer yang tepat untuk brand-mu. Dengan memilih KOL Influencer yang tepat, harapannya para marketer dan brand bisa mencapai tujuannya dalam strategi marketing campaign yang akan dijalankan. Untuk informasi tentang KOL lainnya, simak terus artikel di Allstars, yah! 

9 Referensi KOL Influencer Indonesia yang Lagi Trending Pilihan FAS

Seiring makin berkembangnya media sosial sebagai aset utama dalam digital marketing, makin berkembang pula ketertarikan untuk menjadi seorang key opinion leader (KOL). Seperti yang sudah sering Allstars bahas sebelumnya, seorang KOL dan influencer kini menjadi bagian utama dalam kebanyakan marketing campaign yang berhasil. Peran mereka sangat bisa diandalkan untuk menjangkau target audiens, sekaligus memperluas jangkauan audiens lainnya. 

Kini makin banyak nama-nama KOL Influencer yang meramaikan platform media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan Youtube dan berhasil menjadi trending. Meski kiprah dari beberapa kreator di bawah ini cenderung belum lama, tetapi para KOL ini berhasil menjadi booming dan menarik perhatian audiens dalam jumlah besar.

Dengan semakin banyaknya nama baru yang terkenal di dunia KOL, tentu para marketer dan brand harus jeli untuk memilih siapa yang paling tepat untuk membantu kesuksesan campaign yang akan dijalankan. FAS sebagai the first Indonesia’s influencer marketing company telah merangkum 9 referensi KOL yang lagi trending di Indonesia. Kita simak yuk profil mereka selengkapnya!

9 Key Opinion Leader Pendatang Baru Terbaik di Indonesia

Instagram

Nana Koot

Nana Koot Instagram account KOL Indonesia

Berawal dari kegemarannya akan dunia kuliner, perempuan asal Surabaya ini awalnya menekuni seni fotografi. Hobinya pun makin berkembang menjadi seorang foodie dan akhirnya Nana memutuskan untuk menjadi seorang food vlogger di Instagram. Kontennya digemari banyak orang karena bisa menggugah selera siapa pun yang menonton. Sebut saja konten mukbang yang memperlihatkan Nana makan dalam porsi yang sangat banyak, di mana semakin banyak menarik audiens. Ada juga konten makan gorengan dengan ukuran besar. 

Followers: 765k

Engagement Rate Organik: 4.88%

Engagement Rate Bersponsor: 1.46% (photo), 0.98% (story), 1.98% (video)

Estimasi Total Reach: 31,900 (photo), 47,850 (story), 19,140 (video) 

Den Dimas

Bubur ayam racer KOL Indonesia

Pria ini memulai karirnya dengan berkendara membawa kamera atau yang biasa disebut motovlog. Kini nama Den Dimas sudah cukup terkenal di kalangan penggemar otomotif, khususnya para pencinta sepeda motor. Meski terbilang baru, pria yang menggunakan nama Buburayamracer ini sudah cukup kredibel dan bahkan telah dipercaya untuk menjadi brand ambassador beberapa brand sepeda motor hingga clothing. Antusiasmenya dalam menjelaskan atau memberikan tips soal sepeda motor dan yang berkaitan dengannya, membuat Den Dimas bisa memikat hati audiensnya. 

Followers: 422k

Engagement Rate Organik: 6.43%

Engagement Rate Bersponsor: 1.93% (photo), 1.29% (story), 1.29% (video)

Estimasi Total Reach: 22,275 (photo), 33,413 (story), 13,365 (video)

Yoriko Angeline

Yorikooangln_ KOL Indonesia

Yoriko Angeline pada awalnya dikenal sebagai seorang aktris di beberapa film dan web series serta pernah terlibat dalam sebuah girlband. Kini, Yoriko aktif di beberapa media sosialnya, terutama Instagram hingga berhasil memiliki pengikut sebanyak 1,5 juta. Di Instagramnya, Yoriko membagikan banyak hal menarik serta menginspirasi seperti padu padan pakaiannya, catatan travelling-nya. Ia makin disukai oleh para followers-nya karena sering berinteraksi dengan menjawab berbagai tanggapan di kolom komentarnya.

Followers: 1,5 juta

Engagement Rate Organik: 6.53%

Engagement Rate Bersponsor: 1.31% (photo), 0.65% (story), 0.98% (video)

Estimasi Total Reach: 60,000 (photo), 75,000 (story), 45,000 (video)

Tiktok

Delvira Saskia 

Delvira Saskia KOL Indonesia

Kreator konten yang satu ini kerap muncul di laman FYP TikTok karena konten yang dibuatnya sangat menarik, sehingga berhasil memiliki 3,5 juta pengikut. Perempuan dengan senyum yang khas ini banyak membuat konten yang up to date dengan sound yang tengah hits. Ia rajin membagikan tips dalam menggunakan skin care, dan tentu saja konten-konten yang menjawab pertanyaan dari followers-nya. Selain itu, Delvira juga kerap membuat konten dengan pasangannya, Sandy SS, yang juga seorang TikTokers kenamaan. Kedekatan dan kekompakan mereka selalu mengundang pujian dari para followers

Followers: 3,5 juta

Engagement Rate Organik: 3.23%

Estimasi Total Reach: 492,300

Alessandro Georgie 

Alexandro Georgie FAS KOL Influencer

Alessandro Georgie adalah seorang KOL influencer yang berfokus pada fashion dan aktif di TikTok. Pria yang kerap disapa Ale ini sering membagikan tips fashion, terutama dengan gaya maskulin rebel yang unik namun mudah untuk ditiru. Ale juga selalu up to date dengan mengikuti tren fashion kekinian dengan berbagai tema. Padu padan busananya banyak mendapat pujian dari para followers-nya sehingga penggemar Ale semakin berkembang. Pengalamannya bekerja di bidang digital communication pun menjadi ‘bekal’ lebih baginya sebagai seorang kreator konten. 

Followers: 456,3k

Engagement Rate Organik: 10.56%

Estimasi Total Reach: 300,400

Cellos

Baldy FAS new comer KOL Indonesia

Siapa sih yang tidak menyukai konten  humor atau meme? Ketenaran pria bernama asli Marcell ini bertumbuh dari konten video-video pendek lucu yang ia unggah di Tiktok. Dengan ciri khas kepala plontos dan suara suara kerasnya, membuat Cellos mudah dikenali oleh para penggemarnya. Konten yang dibuatnya sangat beragam, mulai dari prank hingga yang berbentuk challenge. Salah satu kontennya yang paling disukai adalah video dance dengan gaya yang kocak. 

Followers: 10,1 juta

Engagement Rate Organik: 3.91%

Estimasi Total Reach: 1,319,100

Youtube

RANS Entertainment 

Rans Entertainment KOL Indonesia

Walau tidak bisa dibilang wajah baru, pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina lewat Youtube RANS Entertainment mengembangkan sayapnya di dunia hiburan Indonesia. Lewat konten daily life mereka sebagai sebuah keluarga idaman, serta konten-konten menarik dan menginspirasi lainnya, berhasil membuat keluarga ini selalu ditunggu-tunggu oleh penggemarnya di YouTube. 

Subscribers: 23,3 juta

Engagement Rate Organik: 0.99%

Engagement Rate Bersponsor: 0.4%

Estimasi Total Impression: 931,600

Miaw Aug

MiawAug Account FAS new comer KOL Influencer

Miaw Aug dikenal sebagai salah satu kreator konten gaming ternama di Indonesia. Para penggemarnya selalu dibuat penasaran dengan game apa lagi yang akan ia mainkan. Ia juga sering berkolaborasi dengan kreator konten gaming lainnya, dan me-review tempat menarik seperti toko mainan terbesar di Indonesia. Karena pembawaannya yang santai dan santun, penggemarnya pun beragam, dari yang sudah dewasa hingga anak-anak. 

Subscribers: 17,2 juta

Engagemen Rate Organik: 3.44%

Engagement Rate Bersponsor: 1.65%

Estimasi Total Impression: 529,750

Tasyi Athasyia

FAS new comer KOL Indonesia

Sebelum menjadi YouTuber, Tasyi Athasyia lebih dulu merambah dunia musik. Namun, ia memilih kegemarannya yang lain yaitu memasak untuk ditekuni di kanal YouTubenya. Tasyi memiliki gaya memasak, serta menikmati makanan yang unik, namun tetap bisa menggugah selera siapa saja yang menonton kontennya. Salah satu segmen favorit yang selalu ditunggu adalah “Battle Makanan” yang mana ia akan mereview berbagai merk tapi satu jenis makanan. 

Subscribers: 2,5 juta

Engagement Rate Organik: 4.28%

Engagement Rate Bersponsor: 1.85%

Estimasi Total Impression: 340,000

Itulah 9 referensi KOL yang lagi trending di Indonesia versi FAS. Dengan memilih KOL Influencer yang tepat, harapannya para marketer dan brand bisa mencapai tujuannya dalam strategi marketing campaign yang akan dijalankan. Untuk informasi tentang KOL lainnya,

simak terus artikel di Allstars, yah! Kelebihan Allstar sebagai Influencer Marketing

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini