Mega KOL Dengan Performa Terbaik di Indonesia Versi FAS

0
853
KOL in pose

Key Opinion Leader (KOL) kini menjadi salah satu bagian penting dalam digital marketing. Keberhasilan sebuah marketing campaign banyak yang tak lepas dari peran seorang KOL. Dengan menggunakan KOL Indonesia yang tepat, brand atau marketer bisa mendapatkan jangkauan audiens yang sesuai dengan produk yang dipromosikan. 

Bicara soal memilih KOL Indonesia yang tepat untuk keberhasilan marketing campaign, brand dan para marketer perlu mempertimbangkan banyak hal, terutama performa para KOL Indonesia tersebut di campaign-campaign yang sudah pernah mereka jalankan sebelumnya. Nah, worry no more! Kali ini, Famous Allstars (FAS) memberikan referensi 9 Key Opinion Leader Indonesia dengan performa terbaik. Penasaran siapa saja mereka? Simak yuk daftarnya!

Instagram

Nanda Arsyinta 

Pertama ada Nanda Arsyinta, seorang kreator konten asal Palembang yang sudah aktif selama lebih dari 3 tahun ini mengawali karirnya dengan menjadi seorang beauty vlogger. Nanda kerap membagikan kontennya di YouTube serta Instagram-nya. Ide-ide make up-nya unik dan menginspirasi banyak followers-nya. Keaktifannya berinteraksi dengan para audiensnya pun makin meningkatkan popularitasnya sebagai seorang konten kreator. 

Followers: 2,1 juta

Engagement Rate Organik: 9.77%

Engagement Rate Bersponsor: 1.95% (photo), 0.98% (story), 1.47% (video)

Estimasi Total Reach: 84,000 (photo), 105,000 (story), 63,000 (video)

Tiara Pangestika 

Selanjutnya ada Tiara Pangestika, seorang kreator konten yang juga istri dari Arief Muhammad. Perempuan yang akrab disapa Tipang ini mulai aktif membuat konten make-up, tips traveling, hingga memasak di YouTube sejak tahun 2015. Selain aktif di YouTube-nya, ia juga aktif di Instagram Kini, setelah memiliki 2 anak, Tipang fokus dengan konten-konten parenting yang related bagi para new mom

Followers: 1,4 juta

Engagement Rate Organik: 8.66%

Engagement Rate Bersponsor: 1.73% (photo), 0.87% (story), 1.3% (video)

Estimasi Total Reach: 56,000 (photo), 70,000 (story), 42,000 (video)

Fadil Jaidi

Fadil Jaidi adalah Youtuber sekaligus selebgram/ KOL Indonesia yang dikenal dengan konten iseng namun kreatif. Anak kedua dari tiga bersaudara ini kerap membuat konten mengerjai alias prank pada ayahnya yang dikenal dengan “Pak Muh”. Selain itu, Fadil juga dikenal dengan persona lainnya yaitu penjaga toko Ci Lenny. Konten endorse miliknya selalu ditunggu pengikutnya karena lucu dan kreatif. Selain itu, ia pun rajin membalas direct message dari pengikut setianya. 

Followers: 5,6 juta

Engagement Rate Organik: 11.99%

Engagement Rate Bersponsor: 2.4% (photo), 1.2% (story), 1.8% (video)

Estimasi Total Reach: 224,000 (photo), 280,000 (story), 168,000 (video)

TikTok

Dimas The Meat Guy 

Dimas mulai aktif di TikTok sejak tahun 2020 dengan food sebagai fokus kontennya. Akhirnya, kreator konten yang awalnya seorang chef ini makin dikenal publik karena konsisten dalam membuat konten ide resep dengan bahan dasar daging. Dimas disukai pula karena resep atau cara memasak yang ia bagikan bisa ditiru bahkan oleh orang yang tidak memiliki keahlian masak yang tinggi. Selain itu, Dimas juga aktif memenuhi request resep atau masakan tertentu dari para followers-nya. 

Followers: 4,2 juta

Engagement Rate Organik : 4.31%

Estimasi Total Reach: 1,789,000

Timotius Mulyadi

​​Timotius Mulyadi adalah seorang atlet renang yang juga seorang kreator konten asal Jakarta. Sosoknya berhasil mencuri perhatian banyak orang,  khususnya pengguna TikTok, karena ia kerap membagikan tutorial dan tips berenang. Yang menarik darinya adalah ide konten yang dibuat selalu bisa menarik banyak followers-nya, misalnya saja tips untuk diving yang disukai banyak orang, terutama yang gemar travelling. Personanya yang ramah membuatnya makin disukai para followers-nya. 

Followers: 3,6 juta

Engagement Rate Organik: 5.12%

Estimasi Total Reach: 1,800,000

Satine Zaneta

Mungkin sudah banyak yang mengetahui jika Satine adalah anak kedua dari Abimana Aryasatya, seorang aktor ternama Indonesia. Karena darah seni ayahnya, Satine mengawali kariernya sebagai kreator konten yang aktif bernyanyi di media sosialnya. Ia kerap membagikan video cover artis-artis yang disukainya. Interpretasinya dalam membawakan lagu-lagu orang lain sering mendapatkan pujian, bahkan hampir selalu masuk FYP. Ia kemudian membuat lagunya sendiri yang berjudul Pada Waktunya dan Utuh yang rilis pada tahun 2021.

Followers: 440,400

Engagement Rate Organik: 13.94%

Estimasi Total Reach: 388,400

YouTube

Bayu Skak

Sudah menonton film Yowis Ben? Nah, pasti sudah tidak asing dengan sosok yang satu ini. Perjalanan Bayu Skak dimulai sejak tahun 2009 bersama beberapa temannya saat masih SMA dengan nama Skak (Sekumpulan Arek Kesel) dan kerap membuat konten lucu lipsync. Setelah lulus, Bayu Skak fokus untuk membuat kontennya sendiri yang kebanyakan adalah video komedi monolog yang membahas soal kehidupan remaja, kebiasaan misuh di Jawa Timur, komentator game, parodi-parodi tutorial dan tema unik yang lainnya. Videonya sebagian besar berbahasa Jawa dengan aksen medoknya. 

Subscribers: 3 juta

Engagement Rate Organik : 2.52%

Engagement Rate Bersponsor: 1.3%

Estimasi Total Impression: 400,000       

Tasya Farasya

Tasya Farasya dikenal sebagai beauty vlogger yang sering memberikan tutorial make up serta tips kecantikan lainnya.  Gaya make up Tasya yang menarik selalu menuai pujian, hingga akhirnya kini ia mendapatkan 4 juta subscriber di YouTube. Berbagai produk kecantikan pun banyak yang mempercayakan dirinya untuk di-review. Salah satu segmen dari YouTube-nya yang terkenal dan selalu ditunggu penggemarnya adalah “One Brand Makeup Tutorial”. 

Subscriber: 4 juta

Engagement Rate Organik: 2.05%

Engagement Rate Bersponsor: 0.90%

Estimasi Total Impression: 330,000

Raditya Dika

Terakhir adalah salah satu pionir stand up comedy Indonesia, Raditya Dika. Radit mengawali karirnya dengan menulis beberapa buku yang berdasarkan pengalaman pribadinya. Karena gaya menulisnya yang lucu, ia kemudian banyak dikenal oleh publik. Puncak karirnya adalah setelah dia aktif sebagai stand up comedian dan menjadi juri di berbagai kompetisi stand up. Radit membuat banyak konten yang lucu dan menarik di YouTube. 

Subscriber: 9,6 juta

Engagement Rate Organik : 0.91%

Engagement Rate Bersponsor: 0.54%

Estimasi Total Impression: 355,000

Itulah 9 Key Opinion Leader (KOL) Indonesia dengan performa terbaik versi FAS. Selain nama-nama tersebut, tentu masih banyak lagi KOL yang memiliki performa baik pula. Simak terus Allstars untuk mengetahui berita dan update tentang digital marketing dan lainnya!

Baca juga artikel kami lainnya : Perbedaan KOL dan Influencer

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini