Inilah Kegunaan Koin Tiktok dan Cara Mendapatkannya dengan Mudah

1
1685

Selain konten yang menghibur dan seru, ternyata ada hal lain yang menjadi daya tarik untuk menggunakan TikTok. Ada yang tahu? Yup, lewat platform video singkat ini, kita bisa mendapatkan uang dari apa yang sudah kita buat, tentunya setelah melewati beberapa ketentuan yang berlaku. Karena bisa menghasilkan cuan inilah, mulai dari anak muda hingga orang tua, banyak yang menjadi pengguna dan kreator setia TikTok.

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan mengumpulkan koin. Koin ini bukan sembarang koin, namun ‘mata uang’ virtual yang berlaku di TikTok dan memiliki banyak cara untuk mendapatkannya. Mungkin banyak masih banyak yang belum mengetahuinya, tapi, nyatanya caranya sangat mudah! Nggak percaya? Simak yuk penjelasan cara-cara mendapatkan koin TikTok.

Apa itu dan Kegunaan Koin Tiktok?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, koin TikTok adalah ‘mata uang’ yang berlaku di dalam aplikasi TikTok yang bisa didapatkan atau dibeli dengan menggunakan uang sungguhan. Sebagai bentuk apresiasi, biasanya seorang fans akan memberikan gift yang dibeli menggunakan koin TikTok untuk kreator favoritnya. 

Gift yang diperoleh dengan koin TikTok juga bermacam-macam bentuknya, mulai dari gift yang diberikan khusus pada saat live streaming atau TikTok Live, kemudian ada juga yang diberikan pada kolom komentar. Untuk memberikan gift, kamu dapat klik icon bergambar kotak hadiah dan pilih gift sesuai dengan jumlah koin yang kamu miliki.

Selain itu, kegunaan koin TikTok adalah dalam mempromosikan kontenmu di TikTok, yang lebih dikenal dengan sebutan ‘TikTok Promote’. Seperti namanya, fitur ini berfungsi untuk kamu yang tertarik mempromosikan konten videomu. Kamu juga bisa memilih berapa lama waktu promosi yang diinginkan serta berapa target jumlah penonton yang kamu harapkan. Soalnya, jumlah koin TikTok yang harus kamu sisihkan akan bergantung pada kedua hal tersebut.

Perbedaan Koin TikTok dengan Diamond

Seringkali dianggap sama, padahal kegunaan koin TikTok tidaklah sama dengan diamond. Hal yang membedakannya adalah koin merupakan sesuatu yang kamu tukarkan dengan uang sungguhan. Sementara, hadiah yang kamu berikan pada kreator favoritmu adalah diamond. Jadi, dalam pemberian hadiah tersebut akan terjadi pertukaran antara koin yang kamu miliki menjadi diamond, untuk kemudian diberikan pada kreator. Nilai dari diamond sendiri adalah 50% dari satu keping koin yang kamu miliki.

Harga Koin TikTok dalam Rupiah

Nantinya koin yang terkumpul akan dikonversi menjadi diamonds. Inilah yang nantinya akan menghasilkan cuan bagi para kreator. Untuk nilainya sendiri, koin TikTok memiliki variasi dalam nilai tukar. Baik harga atau konversi koin TikTok, sewaktu-waktu bisa berubah tergantung dari kebijakan TikTok itu sendiri.

Per September 2022, melansir situs resmi TikTok bahwa 70 koin TikTok memiliki harga senilai Rp11.900,00 yang mana berarti 1 keping koinnya diberi harga sekitar Rp170,00 saja. Minimal kepingan koin yang pengguna TikTok dapat beli yaitu mulai dari 30 sampai 2,5 juta keping. Jangan khawatir, sebab pengguna dapat menghitung nilainya terlebih dahulu sebelum akhirnya berbelanja koin. Untuk top-up koin TikTok, kamu bisa langsung berbelanja di situs resmi TikTok dan pilih nominal yang diinginkan, ya.

Tiktok coin ilustrasi

Source: TikTok – Coin

Cara Mendapatkan Koin TikTok dengan Mudah!

Jika kamu sekadar pengguna atau baru mulai menjadi kreator di TikTok, cara-cara ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan koin secara mudah. Yang perlu diingat adalah hindari cara-cara curang untuk mendapatkan koin di TikTok misalnya dengan menggunakan third party application yang mengiming-imingi cara mudah mendapatkan koin TikTok dalam jumlah yang super besar tanpa perlu berbuat sesuatu. Alih-alih kamu mendapatkan koin, malah akunmu sendiri bisa diretas oleh pembuat aplikasi tersebut. Jadi, pastikan tetap mengikuti aturan yang berlaku, karena sistem keamanan TikTok sendiri juga akan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan untuk terjadi.

Menonton Video

Hal paling umum yang sering dilakukan para pengguna TikTok adalah mengumpulkan koin lewat aktivitas tertentu. Beberapa aktivitas tersebut adalah menonton video dengan durasi yang sudah ditentukan. Durasi untuk menonton sebuah video TikTok mulai dari 15-30 menit. Masing-masing akan mendapatkan 2.000 koin untuk 5 menit waktu menonton, 7000 koin untuk 15 menit waktu menonton dan 15000 koin untuk 30 menit waktu menonton (catatan: bisa berubah sewaktu-waktu). 

Mengundang Teman

Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan koin dengan mengundang teman untuk masuk dan menggunakan TikTok. Semakin ‘rajin’ kamu melakukan hal-hal tersebut, semakin tinggi pula poin yang bisa kamu dapatkan dan berujung menjadi cuan saat ditukarkan menjadi pundi-pundi rupiah

Donasi dari Fans

Nah, untuk kamu yang menjadi seorang kreator, biasanya donasi ini datang saat kamu tengah melakukan live streaming. Bentuk donasi ini berupa item yang nantinya bisa ditukarkan dengan koin TikTok. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemberian item ini adalah bentuk apresiasi dari fans untuk content creator yang sudah berusaha untuk menghasilkan konten TikTok dengan maksimal. 

Umumnya, donasi ini tidak berbentuk koin langsung melainkan ada dalam bentuk gift. Seperti halnya tren beberapa waktu lalu di mana banyak penonton TikTok Live yang memberikan gift Singa atau Lion, yang mana memiliki nilai yang amat besar. Beberapa gift yang terdapat pada TikTok Live dengan nilai koin paling besar antara lain TikTok Universe, Lion, dan Rocket. Masing-masing memiliki nilai sekitar 34.999 koin, 29.999 koin, dan 20.000 koin lho. Fantastis, bukan?

Gimana, mudah ‘kan cara untuk mendapatkan koin TikTok? Yang penting, terus gunakan cara-cara yang sah sesuai ketentuan yah. Apa bila kamu seorang kreator, jangan pernah lelah untuk berkreasi membuat konten yang keren dan seru!

Baca juga : 4 Cara Membangun Personal Branding di Tiktok

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini