Jangan Salah Posting, Ini Ukuran Story Instagram Yang Tepat!

1
8
Ukuran story instagram

Buat para pengguna Instagram, selain feed, story adalah fitur lainnya dari Instagram yang menjadi daya tarik media sosial tersebut. Di sini, kamu bisa berbagi konten berupa text, foto, atau video yang akan hilang secara otomatis dalam kurun waktu 24 jam. Walau begitu, story yang sudah kamu posting masih bisa terlihat selama masuk ke dalam fitur lainnya, yaitu highlight. Lewat fitur ini kamu bisa mensortir jenis story yang sudah kamu posting sebelumnya, misalnya highlight selfie, liburan, makanan, dan lainnya. Saking menariknya fitur ini, bahkan tidak sedikit akun Instagram yang hanya aktif di story ketimbang mem-posting di feed-nya. Nggak cuma sampai di situ, story juga bisa menjadi sarana promosi dengan harga khusus bagi para influencers.

Nah, untuk mem-posting story dalam bentuk foto atau video, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi agar konten bisa tersajikan dengan maksimal, salah satunya yaitu size atau ukuran.

Kenapa sih kita harus menyesuaikan ukuran yang ditentukan sebelum mem-posting sebuah story? Hal ini perlu dimengerti sebelumnya agar konten yang ada bisa tersaji penuh, tidak terpotong atau terlalu besar. Untuk itu, kali ini Allstars akan membahas ukuran story Insagram yang ideal untuk hasil yang estetik dan penuh.

Ukuran Story Instagram yang Tepat

Nah, sebelum kita bahas ukuran Instagram story yang tepat, Allstars akan jelaskan sedikit mengenai bagaimana caranya membagikan konten story pada akun Instagram-mu. Yang pertama, login ke akun instagram yang ingin kamu gunakan,  untuk shortcut-nya kam cukup geser ke kanan layarmu kemudian kamu bisa gunakan kamera untuk mengambil foto atau video secara real time. Namun, jika konten yang ingin kamu posting sudah ada di smartphone-mu atau di gallery-nya, cukup geser ke atas layar stories tersebut kemudian pilih gambar atau video yang ingin diunggah. Untuk video sendiri, durasi maksimal per story-nya adalah 15 detik dan maksimal 1 menit yang nantinya akan dipecah menjadi 4 bagian. Selain mengunggah video atau foto, kamu juga bisa menambahkan efek, emoji, text, GIF, tag lokasi, dan juga tagging akun lainnya.

Untuk ukuran konten, baik Instagram dan media sosial lainnya kerap mengalami perubahan seiring dengan upgrade atau maintenance yang mereka lakukan, namun Allstars akan memberikan informasi yang terbaru agar foto atau video yang kamu unggah tetap utuh dan tak terpotong.

Ukuran Portrait

Lazimnya, story IG akan menggunakan size portrait atau menggunakan aspect ratio 9:16. Lalu kenapa portrait sih? Hal ini dikarenakan mengikuti layout smartphone yang memang didominasi oleh desain portrait. Untuk ukuran lengkapnya, story Instagram pada foto portrait sebaiknya memiliki dimensi: 1080 x 1920 pixel, 720 x 1280 pixel atau 450 x 800 pixel, dengan maksimal ukuran file sebesar 30 MB.

Format file gambar yang digunakan bisa berupa JPEG atau PNG.

Ukuran Landscape

Untuk ukuran yang satu ini agak tricky, karena perlu ada penyesuaian dan editing agar konten bisa tersaji secara penuh. Walau begitu, Instagram telah memberikan kemudahan dengan cara penyesuaian secara otomatis untuk konten foto dengan dimensi landscape. Jadi nantinya kontenmu yang berukuran landscape nantinya akan terpajang di tengah atau centered dan akan memiliki ‘frame’ yang mana itu adalah blank area dari ukuran sebenarnya yaitu portrait. Nah, untuk konten video detail ukurannya memerlukan ukuran 1080 x 1920 pixel dengan aspect ratio: 9:16. Video juga harus memiliki resolusi sebesar 720P dengan ukuran maksimal 4 GB, dan memiliki format MP3 atau MOV.

Itu tadi ukuran story Instagram yang perlu kamu perhatikan agar konten yang kamu posting tidak terpotong dan bisa ter-posting dengan maksimal. Kalo kamu lebih suka posting story dalam bentuk foto atau video, nih?

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini