Durasi Instagram Story Jadi 60 Detik? Baca Penjelasannya!

0
12043
fitur instagram story

Instagram sepertinya ingin beralih fokus ke konten video. Sejak menghadirkan fitur Reels, sekarang giliran Instagram Story yang ikutan mendapatkan pembaharuan. Jika awalnya pengguna Instagram hanya bisa mem-posting konten foto atau video lewat instagram story dengan durasi 15 detik saja.

Kini para penggunanya bisa memposting beberapa foto menjadi 1 post lewat carousel. Membuat stories yang akan hilang secara otomatis setelah 24 jam. Melakukan siaran langsung atau live, dan banyak filter yang bisa digunakan untuk membuat kontenmu semakin menarik.

Lewat Instagram kita banyak belajar soal menghasilkan estetika foto yang baik. menulis caption yang menarik. Dan tentunya mengungkap ‘jati diri’ kita lewat hal-hal yang kita sukai.

Media sosial yang satu ini akhirnya berkembang luas, penggunanya beragam mulai dari muda sampai dewasa, selebriti hingga brand. Yang paling menarik adalah munculnya istilah baru yaitu selebriti instagram atau yang dikenal dengan “selebgram”. Para selebgram ini bisa menghasilkan pundi-pundi cuan lewat kerja sama dengan berbagai brand atau yang dikenal dengan sistem endorsement. Para selebgram ini akan membuat sebuah konten yang ‘menjual’ produk yang dipercayakan padanya dengan cara yang sesuai dengan tipe masing-masing. Ada yang menggunakan cara how to, ada yang ‘menyematkan’ produk di foto liburannya. Ada pula yang membuat lagu untuk mempromosikan produknya. Beragam cara berkonten yang ada semakin membangun hype bagi para pengguna Instagram.

Bicara soal fitur, Instagram juga hampir tak pernah mengecewakan para penggunanya. Selalu ada kebaruan yang ditawarkan lewat fitur-fitur yang ada seiring dengan antusiasme atau tren yang sedang berlangsung.

Kekurangan dari Singkatnya Durasi Instagram Story

Kembali pada selebram atau influencer yang menggunakan Instagram sebagai media endorsement, selain mem-posting konten di feed. Banyak juga konten yang dipublikasikan lewat story. Hal ini biasanya menyangkut kebijakan ‘harga’, karena untuk konten yang di-posting lewat story. Biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan yang di-posting lewat feed

Lewat story, biasanya para influencer akan membuat konten yang dibagi menjadi beberapa story. Mengapa demikian? Masalahnya adalah pada durasi story yang hanya memungkinan 15 detik untuk video per satu konten. Hal inilah yang kadang menjadi masalah. Karena para influencer harus benar-benar membuat konten yang to the point, singkat, dan pastinya memikirkan break per video. 

Selain itu, secara otomatis, Instagram Story akan membagi video dengan durasi maksimal 1 menit menjadi 4 video. Jadi, jika kamu memiliki video utuh berdurasi 2 menit. Hanya 1 menit pertama yang akan ter-posting dan terbagi menjadi 4 bagian. Itulah sebabnya banyak kesulitan yang dialami untuk memaksimalkan penggunaan story dalam pembuatan konten.

Baca juga : Jangan Salah Posting, Ukuran Story Instagram yang tepat

Kehadiran Fitur Durasi Instagram Story 60 Detik

Namun, melihat ‘kebiasaan’ Instagram dalam hal mendengarkan kemauan para penggunanya. Bukan tidak mungkin nantinya durasi pada Instagram Story bisa menjadi lebih dari 15 detik. Baru-baru ini, lewat sebuah cuitan dari Matt Navarra, seorang social media consultant ternama dari Inggris. Dia mengatakan bahwa Instagram tengah melakukan percobaan untuk memperpanjang durasi Instagram Story menjadi 1 menit atau 60 detik per story-nya. Hal ini membuat kehebohan di antara pemerhati dan pengguna Instagram kebanyakan. Karena tentu saja menjadi jawaban dari kesulitan dalam membuat konten story yang hanya berdurasi 15 detik untuk saat ini. 

Tentu butuh waktu bagi Instagram untuk melakukan uji coba pembaruan ini. Hal ini untuk menghindari segala kemungkinan yang bisa mengganggu penggunaan story nantinya. Hal ini juga membutuhkan research apakah memang orang-orang ‘bersedia’ untuk menyimak sebuah konten story yang berdurasi hingga 1 menit. Yang jelas, durasi yang diperpanjang ini menjadi angin segar bagi para influencer karena bisa memaksimalkan konsep story yang akan dibuat. 


Apakah kamu salah satu yang sangat menantikan diperpanjangnya durasi Instagram story? Simak terus artikel-artikel di Allstars untuk tahu perkembangan Instagram dan media sosial lainnya, yah!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini