Maksimalkan Kontenmu dengan Menambahkan Musik ke IG Stories

2
9
Cara Menambahkan Musik ke Instagram Stories

Musik memang selalu menjadi daya tarik untuk hampir semua orang. Bisa jadi, tiada hari yang kita lewati tanpa musik. Hal ini yang kemudian banyak dibidik oleh berbagai platform media sosial yang menjadikan musik sebagai salah satu fitur mereka. Bicara tentang hal itu, salah satu yang memperbarui fiturnya dengan musik adalah Instagram yang merilis Instagram Music. Setelah dirilis cukup lama secara global, yaitu di tahun 2018, kini Instagram Music sudah bisa digunakan oleh para pengguna Instagram Indonesia. Hal ini tentu disambut dengan antusias oleh kebanyakan dari kita. Betapa tidak, konten stories yang kita buat akan semakin ‘berwarna’ dengan adanya penambahan fitur yang satu ini. Lewat Instagram Music, users dapat menyisipkan potongan lagu pada unggahan foto maupun video Instagram Stories-nya.

Dari pengamatan Allstars, lagu-lagu yang tersedia pun begitu banyaknya, mulai dari lagu-lagu yang populer sampai dengan yang tidak mainstream.

Nah, lalu bagaimana sih caranya menambahkan musik pada stories-mu? Simak yuk!

Step by step Instagram Music

Yang pertama, pastikan aplikasi Instagram-mu sudah ter-update dengan versi terbaru. Kunjungi Play Store atau App Store untuk mengeceknya. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Slide kanan laman utama Instagram-mu atau klik ikon kamera untuk membuka laman stories
  2. Ambil atau masukkan foto untuk memulai. Gunakan ‘create’ jika kamu hanya ingin menampilkan lirik saja nantinya dengan background polos
  3. Klik tab ‘Sticker’ lalu pilih ‘Music’
  4. Gunakan ‘search’ untuk mencari lagu yang ingin kamu gunakan
  5. Setelah muncul lagu yang kamu inginkan, akan ada semacam ‘pembatas’ di timeline lagunya. Itu adalah rekomendasi dari Instagram yang biasanya mengarah pada bagian lirik yang penting atau reff. Kamu bisa memilih waktu yang kamu inginkan dengan durasi 15 detik per post
  6. Setelah memilih lagu, kamu akan mendapatkan opsi untuk menampilkan lirik atau cover album
  7. Klik post untuk mengupload konten IG stories-mu dengan musik!

Nah, gampang banget kan cara menggunakan Instagram Music pada konten Instagram Stories-mu. Sekarang kita bahas yuk, ide konten yang bisa menimbulkan interaksi dengan followers-mu dengan menggunakan Instagram Music ini.

Ide Konten Menggunakan Instagram Music

  1. Ask me about song. Template ini belakangan sering muncul di stories banyak orang. Isinya adalah menanyakan lagu sesuai dengan poin per nomor, misalnya lagu saat jatuh cinta, lagu saat sedih, atau lagu yang menggambarkan dirimu. Dari model stories seperti ini, kamu bisa membangun interaksi dengan para followers-mu. Jangan lupa untuk me-repost pilihan mereka dan sertakan lagunya jika memang tersedia di Instagram Music
  1. Update referensi lagu favorit atau terbaru. Kalau dulu biasanya kita merekomendasikan sebuah lagu yang kita suka dengan membagikannya dari Spotify, kini berkat Instagram Music rekomendasimu bisa ‘berbunyi’ alias ada preview untuk didengarkan langsung. Ceritakan kenapa kamu bisa menyukai lagu tersebut, mungkin dari kisahnya atau dari segi teknisnya. Kemudian tanya juga rekomendasi lagu dari followers-mu yang mungkin belum pernah kamu dengarkan sebelumnya. Selain seru, bisa menambah referensi lagu kita lebih banyak lagi
  1. Nah, cara yang ini bisa juga menjadi daily content-mu. Alih-alih menjadikan GIF atau foto untuk menggambarkan mood-mu di hari ini, kamu bisa mewakili apa yang kamu rasakan lewat musik. Kamu juga bisa lho, mem-posting lagu sebagai pesan yang ingin kamu sampaikan untuk seseorang. Hm, bisa jadi #kode yah. Sekali lagi, untuk membangun interaksi, jangan lupa menanyakan juga pada followers-mu untuk membagikan lagu apa yang mewakili mood mereka hari ini. 

Masih banyak hal lain yang bisa kamu maksimalkan dengan menggunakan Instagram Music, termasuk mempromosikan musikmu sendiri jika memang sudah tersedia di berbagai platform streaming. Jadi, mau mendengarkan lagu apa hari ini?

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini