Jharna Bhagwani, Jadi Viral Berkat Konten Makeup Berani

0
64
Jharna beauty vlogger

Konten vlog atau video blog selalu berhasil menarik perhatian audiens. Dari banyaknya jenis vlog, konten beauty vlog punya basis audiens yang cenderung stabil. Sebab, produk kecantikan baru akan terus ada, beauty trend pun begitu cepat berubah. Tak heran kalau beauty vlogger kini makin banyak jumlahnya. Di antara banyaknya beauty vlogger Indonesia, nama Jharna Bhagwani menjadi angin segar dengan konten beauty yang unik. Seperti apa?

Siapa itu Jharna Bhagwani?

Nama Jharna Bhagwani mulai dikenal publik lewat konten “Lathi Challenge” pada tahun 2020. Dalam short video tersebut, ia menampilkan transformasi makeup dengan single “Lathi” dari Weird Genius sebagai background music. Diiringi lagu bergenre EDM tersebut, Jharna yang mulanya mengenakan riasan pengantin Sunda berubah menjadi karakter iblis.

Namun, kiprah Jharna sebagai content creator sebenarnya dimulai jauh sebelum itu. Gadis kelahiran Jakarta, 26 Agustus 2002 tersebut mengunggah beauty vlog pertamanya pada tahun 2015. Kala itu, ia baru berusia 17 tahun. Konten beauty vlog dipilihnya karena ia memang sudah tertarik dengan dunia kecantikan dan makeup sejak kecil.

Menariknya, Jharna tidak punya background apa pun soal dunia kecantikan. Keahliannya ber-makeup didapat secara otodidak dengan menonton video tutorial dari para beauty vlogger di YouTube. Jharna yang hobi menggambar ini sangat menggemari makeup dengan tema horor yang eksentrik. Inilah yang kemudian menjadi personal branding Jharna di media sosial.

Konten yang Dibagikan Jharna Bhagwani

Sebagai seorang content creator, Jharna punya banyak sekali ide kreatif. Konten andalannya adalah tutorial makeup tematik, seperti makeup ala comic book hingga makeup pengantin India. Selain itu, dara keturunan India ini juga beberapa kali mengunggah konten collab dengan content creator lain atau selebritas Indonesia.

Belum lama ini, ia mencoba keluar dari “zona nyaman” sebagai beauty vlogger dan merambah ke dunia tarik suara. Bersama komposer Eka Gustiwana, ia merilis sebuah single berjudul “Tell Me”. Karyanya tersebut pun disambut antusias karena tidak hanya menyuguhkan lagu yang apik, tapi juga makeup tematik yang unik khas Jharna. Saat ini, tercatat ia telah meraih 479 ribu subscribers di Youtube.

Selain YouTube, Jharna juga cukup aktif di TikTok. Lewat platform video sharing tersebut, ia rutin mengunggah konten challenge, bahkan tak jarang memulai challenge yang kemudian diikuti banyak orang. Di samping itu, ia juga sering mengunggah konten endorsement. Dalam konten endorsement, Jharna mempertahankan ciri khasnya sebagai beauty vlogger sehingga konten yang dihasilkan tetap menarik untuk diikuti. Tak heran, saat ini ia memiliki 11,2 juta followers di TikTok, lho!

Selain aktif berkonten di Youtube dan TikTok, tidak jarang Jhana juga membagikan kontennya di platform Instagram. Berkat popularitasnya yang amat tinggi, angka followers-nya di Instagram pun telah mencapai 3,1 juta. Fantastis, bukan?

Tips Sukses Jadi Beauty Vlogger ala Jharna

Kesuksesan Jharna bukanlah hal yang instan. Ada beberapa hal dari perjalanan Jharna Bhagwani sebagai content creator yang bisa kamu tarik sebagai tips untuk mencapai kesuksesan, yaitu:

Buat konten yang relevan dengan tren

Bukan hanya menarik, konten-konten yang dibuat Jharna selalu update sehingga membuat audiens lebih mudah merasa relate. Misalnya, ketika anime Spy x Family ramai dibicarakan, ia mengunggah tutorial makeup salah satu karakternya. Begitu pula saat menjelang Halloween, Jharna membuat video makeup bertema horor.

Meski begitu, Jharna tidak asal-asalan mengikuti tren. Dari setiap tren hype yang diikutinya, Jharna tetap memperlihatkan ciri khas. Jadi, audiens yang menonton pun bisa langsung tahu kalau konten tersebut adalah hasil kreasi Jharna.

Tetap konsisten

Dari timeline karier Jharna Bhagwani sebagai content creator, terlihat bahwa namanya tidak langsung menjadi viral setelah mengunggah konten pertamanya. Butuh waktu sekitar lima tahun hingga nama Jharna mulai dikenal publik.

Meski begitu, ia tetap konsisten mengunggah video dan terus memperbaiki isi kontennya. Di samping itu, Jharna juga terus mengasah skill makeup-nya. Kalau melihat unggahan videonya di YouTube, kamu bakal bisa melihat progress Jharna yang makin jago dari tahun ke tahun. Ini membuktikan kalau konsistensi memang bisa menghasilkan karya yang lebih baik dari sebelumnya.

Dari perjalanan Jharna Bhagwani sebagai seorang beauty vlogger, kamu bisa belajar kalau kesempatan buat jadi viral nggak akan terwujud tanpa persiapan. Video viral “Lathi Challenge” nggak bakal ada kalau Jharna enggan melatih skill makeup dan belajar soal content creation. Itu artinya, saat kamu memutuskan untuk menjadi content creator, jangan pernah berhenti untuk belajar.

Selain itu, usahakan untuk selalu mengisi portofoliomu sebagai content creator. Kamu bisa mulai dari produk yang dipakai sehari-hari dan kemudian mengunggahnya di media sosial. Cara lainnya adalah dengan bergabung bersama Allstars Indonesia, platform influencer marketing yang akan menghubungkan kamu dengan brand. Allstars Indonesia akan membuka lebih banyak peluang untuk menambah portofoliomu sebagai content creator hingga viral seperti Jharna Bhagwani!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini