Vlog Adalah Mengabadikan Momen. Kira-kira Siapa Vlogger Favorit Netizen di Indonesia, ya?

0
24
Vlog adalah

Cara meluangkan waktu saat ini dibandingkan dengan sekitar 15-20 tahun yang lalu sangat berbeda. Jika dulu kita akan mencari bacaan, menonton televisi, atau mendengarkan radio, saat ini sudah ada smartphone yang “setia” menemani kita di mana saja. Yang sangat kontras adalah menunggu menjadi kegiatan yang tak membosankan atau menyebalkan lagi. Dengan mudah kita bisa menjelajahi banyak hal lewat gadget dan waktu pun terasa berjalan sangat cepat.

Ya, itulah satu dari banyaknya perubahan yang terjadi karena kemajuan teknologi serta media. Layaknya jargon sebuah iklan gadget, semuanya ada dalam satu genggaman. Menariknya lagi makin banyaknya kreator konten yang bermunculan. Para kreator konten ini memiliki latar belakang yang beragam, mulai dari artis, koki, gamers, sampai beauty enthusiast. Hal-hal yang bisa dijadikan konten sebuah vlog pun beragam pula, mulai dari aktivitas sehari-hari, traveling, kuliner, otomotif, kecantikan, hingga tips. Kini, seseorang tak perlu menjadi seorang pesohor untuk mulai membuat konten. Berbeda dengan masa saat televisi berjaya, sekarang siapa saja bisa “muncul” di layar yang sedang kamu lihat. Namun kita perlu tahu lebih dalam definisi vlog adalah.

Nah, konten-konten yang rutin dibuat oleh para kreator konten ini biasa disebut dengan vlog atau singkatan dari video blog. Istilah yang satu ini pasti sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Biar makin memahami seluk-beluk vlog, Allstars akan memberikan penjelasannya di bawah ini. Simak yuk!

Perkembangan Vlog

Sebenarnya arti sederhana vlog adalah mendokumentasikan sesuatu dan mengunggahnya secara rutin, dalam jangka waktu tertentu. Jika diartikan lebih detail lagi, vlog adalah kegiatan blogging yang menggunakan medium video, yang dibantu oleh penggunaan teks serta audio dengan menggunakan perangkat seperti kamera digital atau smartphone. Tujuan membuat vlog secara umum adalah mendokumentasikan aktivitas atau hal tertentu agar bisa disimak banyak orang, sekaligus menjadi ajang berinteraksi atau eksistensi. 

Mundur sedikit, vlog mulai dibuat pada awal tahun 2000an oleh Adam Kontras. Video yang ia buat kemudian diunggah pada laman blognya. Ide Adam ini kemudian dikembangkan oleh Adrian Miles yang mengunggah video dengan mengubah teks pada gambar. Istilah vlog kemudian baru dikenal pada tahun 2004 saat Steve Garfield mengunggah video blog miliknya. Kemudian tren vlogging meningkat dengan signifikan setelah YouTube muncul pada tahun 2005. 

Ada yang masih ingat video pertama di YouTube yang berjudul “Me At Zoo”?

Tren Vlogging di Kalangan Artis

Tren pembuatan vlog ini merambah juga ke kalangan artis. Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa alasan mereka turut meramaikan ranah media sosial di saat sudah dikenal di layar kaca. Nah, ini beberapa alasannya:

Sebagai sarana interaksi dengan fans

Sama seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, dengan mengunggah vlog secara rutin, bonding para pesohor dengan para penggemarnya bisa makin kuat. Para penggemar akan merasa lebih dekat, up to date dengan kegiatan pujaannya, sekaligus bisa berinteraksi atau menyampaikan pendapatnya di konten yang diunggah para artis.

Digital telah menggeser peran televisi

Pergeseran tren telah mengubah kebiasaan masyarakat yang biasanya menghabiskan waktu dengan menonton televisi menjadi menonton lewat gadget-nya. Hal ini juga disebabkan oleh konten-konten di televisi yang scripted dibandingkan konten di digital media yang apa adanya. Nah, oleh karena itu, para artis pun tak ingin kehilangan penggemarnya dan banyak yang beralih ke digital.

Penghasilan tambahan

Selain dua hal di atas, sudah bukan rahasia lagi pundi-pundi cuan yang bisa didapatkan dengan pembuatan konten di digital punya nilai yang fantastis. Tentu saja, kesempatan ini tak disia-siakan untuk dijadikan lahan mendapatkan pendapatan tambahan atau bahkan utama bagi para vlogger lewat pemasangan ads atau endorsement di vlog yang mereka buat.

Terakhir nih, Allstars akan merangkum 5 nama vlogger terbesar Indonesia yang jadi favorit banyak orang. Apakah ada yang jadi favoritmu?

Arief Muhammad

[ Embed Youtube profile https://www.youtube.com/channel/UCGd6ly1Govd77mjyvSKjRtA ]

Berawal dari akun Twitter @poconggg, kini Arief Muhammad dikenal sebagai salah satu vlogger paling dikenal di Indonesia. Dengan konten-konten yang beragam serta menarik seputar daily life, tips seputar percintaan, hingga kegemarannya akan otomotif.

Agung Hapsah

[ Embed Youtube profile https://www.youtube.com/c/AgungHapsah ]

YouTubers yang satu ini dikenal dengan kemampuan Bahasa Inggrisnya yang cakap, serta produksi video yang baik. Agung Hapsah kerap membuat konten seperti film pendek, review, musik, sampai daily life. Dengan pembawaan yang kalem dan humble, konten-konten yang ia buat sangat disukai oleh penggemarnya.

RANS Entertainment

[ Embed Youtube profile https://www.youtube.com/c/RansEntertainment ]

Yang satu ini sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Siapa sih yang tak kenal pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina? Setelah sukses di layar kaca, pasangan ini merambah ke dunia digital di bawah payung RANS Entertainment. Tentu saja, berbekal ketenaran yang sudah dimiliki serta konten-konten yang lucu dan menarik, membawa mereka menjadi salah satu vlogger yang disukai di Indonesia.

Nihongo Mantappu

[ Embed Youtube profile https://www.youtube.com/c/nihongomantappu ]

Youtubers dengan nama asli Jerome Polin ini awalnya dikenal karena kerap membagikan vlog kehidupannya sebagai mahasiswa di Jepang. Konten yang dibuat banyak yang bersifat edukatif. Mulai dari belajar bahasa Jepang, belajar matematika, rekomendasi tempat wisata, sampai dengan challenge

Fadil Jaidi

[ Embed Youtube profile https://www.youtube.com/channel/UCbcqLlPfZ5GTc-mNLkYTz1g ]

Yang terakhir adalah sosok yang belakangan sering terlihat di banyak media, Fadil Jaidi. Konten-konten yang awalnya iseng dibuat, akhirnya membuahkan ketenaran bagi dirinya. Siapa sih yang tak suka konten komedi? Hal inilah yang kemudian menjadi “bekal” untuk Fadil dalam pembuatan konten-kontennya, terutama konten bersama Pak Muh, ayahnya, yang banyak disukai oleh penggemarnya.

Buat kamu yang baru memulai membuat vlog, terus semangat yah. Semoga bisa membuahkan hal baik serta bisa menginspirasi banyak orang. Terus berkarya!

Baca Juga : 5 Beauty vlogger cowok terfavorite

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini