Brand Awareness Adalah Kunci Kesuksesan Bagi Brand dan Influencer. Baca Di Sini!

0
23
brand awareness adalah

Salah satu tujuan yang ingin didapatkan oleh pelaku bisnis atau brand adalah produknya dikenal luas, yang mana akhirnya meningkatkan penjualan pula. Itulah kenapa, membangun brand awareness sangat penting dilakukan. Terlebih saat ini cakupan awareness masyarakat tak hanya terbatas pada media offline (ATL), tetapi juga media online (TTL). Lebih luas lagi, brand awareness tak hanya dibutuhkan oleh sebuah produk dari brand, tapi juga oleh  para influencer untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Untuk lebih jelasnya, kali ini secara lengkap Allstars akan membahas tentang brand awareness, manfaatnya, serta cara untuk meningkatkannya.

Pengertian dan Manfaat Brand Awareness

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, brand awareness berarti kesadaran merek. Dengan memiliki brand awareness artinya masyarakat, konsumen, atau penggemar bisa langsung mengenali dan mengingat suatu merek atau sosok hanya dengan melihat warna, logo, karakter visual, gaya berbicara, dan lainnya yang menggambarkan identitas sebuah brand atau influencer. Tujuan dimilikinya brand awareness tentu saja sebagai “bekal” untuk memasarkan produk atau identitas demi mencapai target pemasaran.

Lebih jauh lagi, tujuan dimilikinya brand awareness adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan sebuah brand atau figur
  2. Meningkatkan nilai jual
  3. Mendapatkan konsumen atau penggemar baru
  4. Menciptakan jaringan yang lebih luas
  5. Menciptakan persepsi
  6. Meningkatkan kepercayaan

Untuk memperkuat soal brand awareness ini, ada sebuah teori yang ditulis oleh Durianto dkk dalam bukunya yang berjudul Brand Equity Trend. Di dalam buku tersebut dijelaskan tahap-tahap masyarakat dalam mengenali sebuah merek. Berikut tahapannya bersama dengan contohnya:

  1. Belum mengenali merek (unaware of brand)
  • Sebuah produk kecantikan dari brand baru bernama XYZ dirilis
  1. Pengenalan merek (brand recognition)
  • Karena brand baru tersebut memasang ads di media sosial dan membuat akun di marketplace, seorang perempuan akhirnya mengetahui “keberadaan” produk XYZ
  1. Pengingat akan merek (brand recall)
  • Saat ingin mencari produk kecantikan yang baru, perempuan tersebut ingat akan adanya XYZ lalu mencarinya
  1. Berada di puncak pikiran masyarakat (top of mind)
  • Setelah membeli dan menggunakan XYZ, perempuan tersebut merasa puas. Saat ditanya oleh rekannya tentang rekomendasi produk kecantikan, perempuan tersebut langsung merekomendasikan XYZ yang sudah menjadi top of mind-nya dalam produk kecantikan

Dari situ jelas terlihat bahwa untuk membangun brand awareness dibutuhkan beberapa langkah, berbagai strategi, serta waktu yang tidak sebentar. Butuh konsistensi di dalam pengembangan brand awareness untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Seperti yang sudah dijanjikan, kali ini Allstars akan membagikan cara untuk meningkatkan brand awareness untuk brand atau profilmu. Simak yuk!

Membuat logo atau slogan yang menarik

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memiliki logo atau slogan yang catchy, unik, sekaligus merepresentasikan identitas brand. Hal ini sudah terbukti dengan banyaknya brand yang langsung bisa dikenali walau hanya memajang logo tanpa teks apa pun atau saat slogannya terdengar. Sebagai contoh, logo Facebook. Tanpa perlu memberikan penjelasan atau nama, hanya dengan melihat logonya saja pasti kamu bisa langsung mengenalinya. Diperlukan brainstorming yang mendalam, khususnya dengan team creative, strategist, dan research untuk mendapatkan hal ini.

Memiliki media sosial 

“Hari gini nggak punya media sosial?” Mungkin pertanyaan yang menyentil ini akan terlontar saat sebuah brand sama sekali tidak memiliki akun media sosial di platform mana pun. Di era digital seperti sekarang, merambah serta menguasai digital media adalah salah satu cara yang bisa menjangkau audiens dengan luas sehingga nantinya brand awareness akan semakin mudah dibangun. Pastikan platform media sosial yang dipilih juga relevan dengan produk yang ditawarkan, ya!

Membuat website

Aset digital lainnya yang wajib dimiliki adalah website. Di sini adalah tempat orang-orang mencari informasi seputar brand lebih lanjut dan bahkan bisa terjadi pula penjualan di sini. Kelola website dengan informasi yang jelas dan up to date, sehingga kamu tak perlu kesusahan lagi dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh para konsumen. Bagi personal, website juga bisa menjadi media portofolio yang menampilkan apa saja yang sudah dan bisa dilakukan.

Mengenalkan produk unggulan suatu brand

Fokus pada produk yang diunggulkan agar mendapatkan tempat di hati masyarakat. Buat seolah produk atau profilmu adalah satu-satunya alias eksklusif. Selanjutnya, bangun juga persepsi akan produk lainnya agar brand awareness makin kuat.

Bekerja sama dengan merek lain (co-branding)

Di era seperti ini, kompetisi bukan lagi jalan untuk memenangkan “pertandingan”. Kamu bisa mengajak brand atau sosok lain untuk berkolaborasi demi mendapatkan pasar yang semakin luas serta inovasi untuk pengembangan produk baru lainnya.

Memberikan hadiah atau reward

Strateginya adalah membagikan sesuatu secara cuma-cuma dengan kondisi atau syarat tertentu. Hal inilah yang kemudian akan memicu keinginan konsumen secara emosional, karena mereka akan mendapatkan sesuatu yang lebih dan pastinya akan menciptakan brand awareness yang besar.

Bekerja sama dengan KOL atau influencer

Nah, cara yang terakhir ini sudah banyak dilakukan oleh banyak brand, sekaligus sang influencer itu sendiri. Dengan menggunakan jasa influencer yang relevan dengan produk, maka perluasan pasar akan terjadi. Tentu saja hal ini didasari oleh brand awareness yang sudah dimiliki oleh influencer tersebut sendiri. Sebaliknya, seorang influencer juga bisa meningkatkan brand awareness-nya adalah karena bekerja sama dengan suatu brand atau produk tertentu. Secara tak langsung, “nilainya” akan meningkat di mata penggemar atau bahkan pengguna produk tersebut di luar penggemarnya sendiri.

Gimana, jadi lebih memahami pentingnya brand awareness kan? Nah, kamu juga bisa menggunakan Allstars untuk menghubungkan brand yang kamu punya dengan influencer yang tepat untuk mempromosikan produkmu ke publik, meningkatkan awareness dan juga engagement. Coba sekarang dengan mendaftarkan brand-mu di Allstars, yuk!

Baca Juga : Cara Meningkatkan Brand Awareness

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini