Pemilik Brand Wajib Tau, Inilah Cara Meningkatkan Brand Awareness-mu!

0
92
Bentuk brand awareness
Bentuk brand awareness

Keberhasilan sebuah produk dari brand adalah penjualan. Namun, untuk mencapai hal tersebut, banyak hal yang harus dilalui dan dikelola dengan baik. Salah satu yang paling penting adalah brand awareness. Bisa saja ada sebuah produk yang sangat bermanfaat. Namun karena kurangnya brand awareness tentunya tidak akan banyak orang yang terpapar akan keberadaan produk tersebut. Hal inilah yang membuat brand harus mengetahui bagaimana cara meningkatkan brand awareness.

Bicara soal brand awareness, strategi yang dilakukan untuk meningkatkannya akan selalu berubah mengikuti perkembangan yang ada. Di saat seperti sekarang ini. Media online atau digital menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Banyak strategi yang dibuat dan terbukti sukses dikonversi menjadi penjualan. Dengan memiliki brand awareness yang kuat, bukan tidak mungkin sebuah brand bisa mengungguli kompetitornya.

Sebelum bicara lebih jauh lagi, kita cari tahu dulu yuk apa sebenarnya brand awareness. Mengapa hal ini menjadi penting untuk dikembangkan!

Pengertian dan Manfaat Brand Awareness bagi Brand

Secara harfiah, brand awareness adalah kesadaran merek. Arti lebih jelasnya lagi adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek/produk. Dari brand hanya dengan melihat identitas brand tersebut, mulai dari warna, logo, visual, dan sebagainya. 

Brand awareness kemudian menjadi hal yang penting. Karena akan menjadi faktor utama yang menentukan pertimbangan konsumen pada saat pengambilan keputusan untuk membeli sebuah produk. Jika disimak dari pengertian di atas, maka yang menjadi tujuan utama dari brand awareness adalah untuk meningkatkan loyalitas konsumen. 

Sebagai contoh, warna yang digunakan oleh perusahaan ojek online terkemuka, yaitu hijau. Bisa dibilang saat kita melihat warna hijau digunakan oleh pengendara motor di jalan umum. Tentu pikiran kita akan langsung tertuju pada perusahaan tersebut tanpa perlu melihat detil pada helm atau jaket yang sedang digunakan pengemudi motor tersebut. Itulah yang menjadi ‘keajaiban’ brand awareness dan menjadi alasan mengapa brand harus memiliki hal ini.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Ada banyak cara yang bisa brand lakukan untuk meningkatkan brand awareness. Kali ini Allstars telah merangkum beberapa di antaranya:

Membuat branding yang unik dan berbeda

Bukan tidak mungkin sebuah brand akan memiliki kompetitor dengan produk yang serupa. Karenanya, untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan keunikan dari segi branding. Agar perhatian audiens bisa tertuju pada produk yang akan dipasarkan di antara produk dari brand lain yang serupa. Salah satu caranya adalah mencari unique selling point atau USP yang hanya dimiliki oleh produk kita. 

Sebagai contoh, ada produk air mineral yang tidak ‘menjual’ kesegarannya, namun menjual kemurnian rasa mineralnya. Karena jika produk tersebut juga menjual kesegaran. Yang mana dilakukan banyak kompetitornya, bisa terjadi produk tersebut akan dilewati begitu saja oleh konsumen. 

Banyak value yang bisa dijadikan sebagai brand identity yang nantinya bisa menjadi USP dari produk tersebut. Begitu juga dengan logo atau aset visual lainnya. Yang bisa dibuat seunik mungkin agar bisa mendapatkan perhatian dari konsumen sejak awal melihatnya.

Maksimalkan konten di media sosial

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa saat ini kita hidup di era digital. Sudah tentu media sosial menjadi aset yang harus dimiliki oleh brand untuk meningkatkan brand awareness-nya. 

Dengan makin banyaknya pengguna media sosial, tentu akan lebih mudah pula brand bisa terhubung dengan konsumennya. Selain mudah, biaya yang dikeluarkan biasanya lebih murah dibandingkan dengan penggunaan media ATL atau Above the Line.

Mulai membuat konten di website

Biasanya, website dari sebuah brand adalah salah satu hal yang paling kecil traffic-nya. Namun, hal itu terjadi sebelum adanya kesadaran akan pemikiran bahwa website bukanlah etalase semata. Namun menjadi pintu masuk bagi para konsumen sampai akhirnya membeli produk yang tengah dipromosikan. 

Itulah mengapa, dengan membuat konten yang menarik dan interaktif di website. Bisa meningkatkan minat konsumen yang nantinya akan berpengaruh pada brand awareness.

Gunakan marketing influencer

Semua cara di atas bisa dioptimalkan lagi dengan menggunakan jasa dari marketing influencer. Mereka adalah orang-orang yang punya kemampuan untuk memengaruhi audiensnya untuk menyetujui sebuah persepsi. Ditambah lagi dengan banyaknya audiens yang dimiliki, brand awareness suatu brand tentu akan mengalami peningkatan setelah bekerja sama dengan marketing influencer.
Selain hal di atas, jika kamu adalah pemilik usaha atau brand, kamu bisa memaksimalkan brand awareness dengan bantuan dari platform Allstars for Brand. Di sini, kamu bisa mendapatkan bantuan dari para expert serta influencer untuk meningkatkan brand awareness. Yuk, daftarkan brand-mu di Allstars sekarang!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini