Wow, Durasi TikTok Bisa Jadi 10 Menit? Simak Informasinya Di Sini

0
24
Bermain durasi TikTok

Suatu layanan, produk, jasa, dan lainnya bisa berhasil jika mau mendengarkan bahkan mewujudkan apa yang diinginkan oleh penggunanya. Inilah sebabnya banyak brand yang bisa berhasil karena bisa beradaptasi dengan segala tren dan kebaruan, salah satunya TikTok. 

Saat ini bisa dibilang, TikTok adalah salah satu platform media sosial dengan pengguna paling banyak. Mulai dari yang muda dan tua, semuanya menikmati segala jenis konten yang ada. Media sosial yang awalnya dianggap sebagai platform ‘joget-joget’ ini, kini dikenal sebagai platform yang menyajikan berbagai jenis kreativitas dan interest yang makin berkembang. Inilah sebabnya, TikTok terus mengembangkan filter untuk memenuhi kebutuhan para kreator konten untuk memudahkan pembuatan konten yang menarik. Selain itu, TikTok juga harus terus berkembang agar bisa ‘mengatasi’ kompetitor langsungnya yaitu, YouTube sebagai media sosial yang berbasis video.

TikTok Lebih Diminati Ketimbang YouTube?

Sebelum membahas lebih jauh soal perubahan durasi pada TikTok, Allstars akan memberi sedikit gambaran atau fakta bahwa ternyata kini durasi menonton publik lebih banyak dihabiskan pada TikTok ketimbang YouTube. 

Dilansir dari The Verge, walau YouTube memiliki lebih banyak pengguna dibandingkan TikTok. Namun ada tiga hal yang menyebabkan durasi menonton video lebih banyak di TikTok: 

  1. TikTok menawarkan video pendek yang mana bisa terus-terusan dinikmati tanpa sadar akan waktu yang digunakan untuk menontonnya. Berbeda dengan YouTube yang biasanya menampilkan video dengan durasi panjang yang menyebabkan banyak penonton yang meninggalkan video tersebut sebelum durasi habis. 
  2. TikTok menawarkan konten yang lebih autentik. Seperti yang sudah disebutkan di awal, memang awalnya TikTok lebih dikenal sebagai media sosial dengan konten musically atau dance, namun ada ‘rasa’ atau konsep yang hanya bisa diaplikasikan di TikTok. Seperti penggunaan lagu atau sound, koreografi, dan cara menyampaikan sebuah gagasan yang tidak bisa ditemui di media sosial lainnya. 
  3. Adanya fitur live streaming. Memang saat ini bisa dipastikan sebagian besar media sosial memiliki fitur live, namun TikTok diperkuat dengan konsep yang autentik tadi, bisa menampilkan konsep live yang berbeda dengan media lainnya.

Itulah kenapa pada akhirnya TikTok bisa bersaing dengan ketat dengan YouTube sebagai media sosial yang sama-sama menggunakan video sebagai asetnya. Nah, bicara soal persaingannya dengan YouTube, ternyata TikTok tak berhenti sampai di situ. TikTok semakin memanaskan persaingan dengan menambah durasi videonya menjadi 10 menit!

Lalu, kenapa sih persoalan durasi ini bisa begitu penting?

Perubahan Durasi Video TikTok

Kembali ke soal keinginan para konsumen atau pengguna, tentu selalu akan ada perubahan yang diinginkan dari waktu ke waktu. Jika dikaitkan dengan TikTok, hal ini sudah berjalan dari waktu ke waktu yang dijawab dengan penambahan fitur. Mulai dari filter, editing tools, hingga pengaturan privasi menjadi jawaban atas permintaan para pengguna TikTok. Sebelumnya, Allstars pernah membahas perubahan durasi TikTok menjadi 5 menit yang bisa kamu simak di sini. Kali ini, TikTok kembali mengumumkan pembaruan durasi maksimal video yang bisa diunggah di media sosial ini yaitu 10 menit.

Tentunya, hal ini disambut dengan suka cita oleh para pengguna TikTok, walau tentu saja menimbulkan pro dan kontra, yang mana hal ini mengubah autentikasi TikTok sebagai layanan video singkat. Namun jika dilihat lagi, perubahan ini tentu akan menguntungkan banyak kreator konten. Salah satu alasannya, jika sebelumnya para kreator konten harus memotong videonya agar bisa memenuhi durasi maksimal, kini dalam 1 video mereka bisa langsung mengunggahnya. Selain itu, hal yang dicemaskan oleh pihak YouTube-pun bisa saja terjadi, para penggunanya beralih ke TikTok. Di lain sisi, kaitannya dengan kepentingan bisnis, efektivitas monetisasi konten bisa lebih mudah diaplikasikan pada video dengan durasi yang panjang. Penyebabnya adalah dengan durasi yang singkat, placement sebuah produk dari brand atau sponsor tidak bisa tersampaikan secara jelas. Hal ini tentu akan berubah seiring dengan bertambahnya durasi video.

Selain perubahan durasi, tentu akan masih ada banyak hal lain yang tengah dikembangkan oleh TikTok untuk memuaskan para penggunanya. Kalo kamu lebih suka TikTok berdurasi singkat atau panjang?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini