Buat Background Video Semakin Menarik dengan TikTok Green Screen

0
264
fitur baru tiktok green screen

Sebagai seorang kreator konten, kreativitas adalah hal yang tidak bisa dilepaskan. Dengan memiliki rasa ingin tahu sekaligus terus mengasah kreativitas, seorang kreator konten bisa terus menyajikan konten yang menarik dan tentunya akan berpengaruh pada keberhasilannya dalam meningkatkan engagement pada media sosial yang digunakannya.

TikTok, sosmed penuh kreativitas

Salah satu media sosial yang tak pernah lepas dari kompetisi kreatif ini adalah TikTok. Media sosial yang awalnya dikenal sebagai media sosial ‘joget-joget’ atau musically, kini berevolusi menjadi media sosial dengan pengguna terbanyak sekaligus tingkat kreativitas yang tinggi. 

Banyak cara yang dilakukan para pengguna TikTok, mulai dari yang mudah hingga yang menggunakan peralatan dengan spek tinggi untuk menghasilkan konten yang berkualitas.TikTok pun berperan dalam hal kreativitas penggunanya, yaitu lewat fitur-fitur yang terus mengalami peningkatan seiring dengan kebutuhan penggunanya.

Fitur Baru, TikTok Green Screen

Nah, salah satu fitur TikTok yang akan Allstars bahas kali ini adalah efek green screen yang bisa memungkinkan penggunanya untuk mengubah background videonya agar lebih menarik. 

Buat kamu yang belum mengetahui apa itu green screen, pengertiannya secara harfiah yaitu layar hijau. Green screen banyak digunakan para praktisi video sejak dulu, terutama untuk pengadaan special effect.

Kenapa harus berwarna hijau? 

Karena warna ini tidak menyamai warna kulit manusia kebanyakan, sehingga akan mempermudah proses penyuntingannya dan bisa diubah menjadi visual yang berbeda dengan halus.

TikTok berkolaborasi dengan GIPHY dengan menambahkan opsi GIF pada efek green screen. Jika dulu butuh keahlian serta perangkat khusus untuk menggunakan green screen dan menyuntingnya, kini para pengguna TikTok bisa dengan mudah menggunakan efek yang satu ini. Hal ini memungkinkan para pengguna TikTok bisa membuat konten yang semakin menarik sekaligus unik. Tentu saja fitur ini disambut dengan baik oleh para pengguna TikTok.

Cara Menggunakan TikTok Green Screen

Lalu, bagaimana cara menggunakan efek green screen pada TikTok? Yuk, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Pertama pastikan kamu sudah memperbarui TikTok yang kamu gunakan menjadi versi paling terbaru. Jika belum, update bisa kamu lakukan di Play Store atau App Store. Sesudahnya buka aplikasi TikTok untuk mulai menggunakannya
  2. Mulai membuat video dengan klik +
  3. Selanjutnya klik opsi ‘Effects’
  4. Pilih efek green screen yang terdapat pada ikon berwarna hijau muda, dengan gambar dan tanda panah ke bawah
  5. Klik ‘Giphy’ dan pilih atau cari GIF yang diinginkan. Untuk mempermudah, kamu bisa mencari GIF dengan keyword spesifik seperti background, nature, atau hal-hal yang berkaitan dengan konsep video yang akan kamu buat
  6. Setelah selesai memilih, GIF akan secara otomatis menjadi background pada videomu
  7. Selanjutnya, atur kebutuhan lainnya untuk video yang akan kamu buat, misalnya posisi wajah, speed, music, durasi video dan lainnya
  8. Rekam video hingga selesai, lalu upload. Jangan lupa sertakan caption yang menarik serta hashtag yang relevan untuk memaksimalkan videomu

Kelebihan TikTok Green Screen untuk Kreator

Gimana, mudah kan cara untuk menggunakan efek green screen pada video TikTok? Ada banyak manfaat dengan menggunakan efek yang satu ini lho. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Mempercantik video yang kamu buat tanpa perlu menghabiskan waktu atau biaya untuk menuju lokasi tertentu serta membuat background set
  2. Privasimu pun akan terjaga, karena lokasi atau gambaran jelas rumahmu akan tersembunyi berkat adanya efek ini. 
  3. Kolaborasi dengan pengguna TikTok yang lainnya pun akan jadi lebih mudah, karena kamu bisa menampilkan video kreator lain yang ingin kamu duetkan tanpa perlu menggunakan aplikasi editing video lainnya, tentu saja secara otomatis nama kreator tersebut akan ada pada video yang kamu buat.

So, jangan lupa untuk terus update dengan berita terkini seputar media sosial dan fitur-fiturnya untuk menambah kreativitas dalam pembuatan kontenmu, tentu saja hanya di Instagram dan Blog Allstars!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini