Konten Instagram Guide Yang Menarik, Ini Tipsnya

0
439
tampilan dari instagram guide

Jika zaman dulu buku adalah jendela dunia, bisa dibilang saat ini posisi buku sedikit bergeser dengan adanya media sosial. Sebut saja Instagram, mulai dari konten seperti travel guide, cara memasak dan DIY semakin menjamur dan mudah untuk di akses. Lewat Instagram, banyak informasi yang tersaji secara menarik, karena ditampilkan dengan audio visual serta caption yang bisa memikat hati penggunanya sehingga mau mencari tahu lebih jauh lagi.

Instagram Guide, Terobosan Cemerlang dari Instagram

Salah satu media sosial yang kerap memberikan banyak informasi baru dan menarik, adalah Instagram. 

Baik lewat stories atau feeds, pasti ada saja hal yang kita cari maupun tak kita ketahui sebelumnya. Informasi yang disajikan sangat beragam, mulai dari yang berasal dari literasi dan pengalaman pribadi. 

Mengetahui hal ini, Instagram menghadirkan fitur Guide. Jika sebelumnya hanya berisi foto atau video yang sifatnya personal, kini Instagram bisa menjadi media untuk berbagi informasi lewat fitur tersebut.

Awal Mula Instagram Guide

Awalnya fitur ini ditujukan terbatas pada topik kesehatan. Hal ini terjadi karena fitur ini hadir pada Mei 2020, di mana pandemi COVID-19 masih jadi ‘hal baru’ saat itu, sehingga para praktisi kesehatan perlu media khusus di media sosial untuk memberikan informasi seputar kesehatan terkait kondisi yang tengah berlangsung. 

Kini, tak hanya praktisi kesehatan yang bisa membuatnya, para kreator konten pun bisa menggunakan fitur tersebut. Hal ini membuat konten yang terdapat pada Instagram Guide makin beragam.

Untuk mencari Instagram Guide yang sudah dibuat oleh para kreator konten, kamu bisa langsung menuju laman profile kreator tersebut, lalu klik ikon ‘Guide’ yang berbentuk buku.

Nah, jika kamu ingin membuat Instagram Guide versimu sendiri, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Cara Membuat Konten Instagram Guide

  1. Pertama klik ikon + di laman profile-mu, lalu pilih ‘Guide’ yang berada di paling bawah
  2. Pilih salah satu dari 3 kategori yang ada, yaitu ‘Places’, ‘Products’, dan ‘Posts’. ‘Places’ ditujukan untuk merekomendasikan lokasi-lokasi yang kamu favoritkan, ‘Products’ untuk produk favorit yang sudah kamu gunakan, dan ‘Posts’ untuk merekomendasikan konten yang telah dibuat sebelumnya
  3. Tiap-tiap kategori akan memiliki formatnya masing-masing, misalnya ‘Places’ kamu harus memilih lokasi yang kamu rekomendasikan terlebih dahulu, lalu gunakan foto yang menggunakan lokasi tersebut
  4. Berikan judul serta deskripsi pada Instagram Guide yang kamu buat. Kamu juga bisa memilih foto yang bisa digunakan sebagai cover

Jika sudah mengetahui cara membuatnya, selanjutnya adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat Instagram Guide yang menarik.

4 Tips Konten Instagram Guide yang Menarik

  1. Sesuaikan kebutuhan target audiens

Pastikan konten Instagram Guide yang kamu buat sesuai dengan kebutuhan atau niche audiens yang kamu targetkan. Dengan adanya tiga kategori yang tersedia tentu akan mempermudah hal ini. 

contoh cover instagram guide 2
Source: https://www.instagram.com/tokyo.explores/guide/here-are-our-japan-guides/17924110789476253/ 

Misalnya saja lewat pilihan ‘Places’ kamu bisa merekomendasikan sebuah tempat serta apa saja yang ada di dalamnya, mulai dari makanan khasnya, tips saat berada di sana, hingga rekomendasi oleh-oleh yang bisa dibeli. Dengan memberikan informasi yang bermanfaat dan tepat, engagement bisa dibangun karena para penggunanya akan fokus berada pada panduan yang sudah kamu buat tanpa perlu dialihkan ke media lainnya.

contoh cover instagram guide
Source:https://www.instagram.com/tokyo.explores/guide/here-are-our-japan-guides/17924110789476253/
  1. Gunakan foto cover yang menarik

Walau kesannya sepele, tapi foto cover yang menarik adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Sayang rasanya jika konten yang kamu buat sudah sangat menarik, namun akan diabaikan oleh para audiens karena foto cover yang dipilih kurang menarik atau tidak merepresentasikan panduan yang kamu buat. 

Kamu bisa menggunakan foto yang sudah diunggah sebelumnya atau menggunakan foto yang sudah diedit agar Instagram Guide yang kamu buat bisa menarik pada ‘pandangan pertama’.

instagram guide oleh influencer annisast
Source: https://www.instagram.com/annisast/guides/
  1. Tentukan judul yang singkat dan menarik

Judul pun menjadi salah satu elemen yang harus diperhatikan dengan baik. Lewat sebuah judul, audiens bisa dengan mudah menangkap apa yang akan kamu sampaikan. Usahakan membuat judul yang to the point tapi dengan ‘bumbu’ yang memprovokasi audiens untuk menuju panduan tersebut. 

Misalnya, jika kamu merekomendasikan nasi goreng favoritmu di Jakarta, kamu bisa menggunakan judul seperti ‘Nasi Goreng terenak di Jakarta?’ atau ‘Menikmati Nasi Goreng rasa bintang lima harga kaki lima di Jakarta’

  1. Share di Instagram Stories

Untuk memaksimalkan jangkauannya, jangan lupa bagikan juga Instagram Guide yang kamu buat di Instagram Stories-mu. Lakukan hal ini secara berkala dan terutama pada saat momen yang tepat. Misalnya, kamu bisa membagikan konten panduan lokasi favorit di saat musim liburan atau panduan makanan favorit di waktu-waktu weekend

Itulah beberapa tips serta perkenalan lebih dalam tentang Instagram Guide yang harapannya bisa membuatmu membagikan informasi-informasi menarik pada para pengikutmu. Selamat berbagi, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini