Inilah 4 Tips Mudah untuk Memaksimalkan Instagram Stories Ads

0
21
beriklan lewat instagram stories ads

Mempromosikan produk, jasa, atau bahkan personal branding tak bisa lepas dari peran media sosial belakangan ini. Para pegiatnya berlomba untuk membuat konten marketing yang semenarik mungkin sekaligus relate dengan target audience-nya. Medianya pun makin luas, mengingat tiap media sosial punya fiturnya masing-masing yang bisa digunakan untuk beriklan. Salah satunya yang akan Allstars bahas kali ini adalah beriklan lewat Instagram Stories Ads.

Beriklan lewat fitur yang satu ini bisa dibilang cukup terjangkau dibandingkan lewat post yang dipublikasikan lewat feed atau reels. Sebagai pengingat, dengan menggunakan fitur Instagram Stories, penggunanya dapat mem-posting foto atau video yang berdurasi maksimal 15 detik dan akan menghilang dengan sendirinya setelah 24 jam. 

Jadi jika diartikan, Instagram Stories Ads adalah iklan yang ditayangkan dengan format 9:16 atau secara vertikal (walau bisa juga menggunakan ukuran lain, misalnya 1:1) yang bisa menghilang secara otomatis setelah 24 jam dan bertujuan untuk mempromosikan atau menyampaikan hal yang diinginkan pengiklan. 

Alasan Instagram Stories Ads Jadi Alternatif

Lalu, kenapa menggunakan Instagram Stories Ads bisa menjadi alternatif beriklan yang menarik?

Pertama, karena bisa menghilang secara otomatis, para influencers lebih ‘bersedia’ menggunakannya karena tidak akan memengaruhi feed yang biasanya sudah diatur atau dikonsep sedemikian rupa. 

Selanjutnya, beriklan lewat Instagram Ads bisa lebih berpotensi karena pengguna tidak akan terdistraksi oleh konten lainnya seperti yang terjadi jika iklan dipublikasikan lewat feed. Selain itu, ada call to action lewat pilihan swipe up yang bisa diarahkan ke website atau landing page yang diinginkan. Semuanya ditambah dengan ‘biaya’ yang lebih efisien dibandingkan dengan beriklan lewat fitur Instagram lainnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

4 Tips Maksimalkan Instagram Stories Ads

Untuk memaksimalkan penggunaan Instagram Stories Ads, Allstars akan memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan. Simak di bawah ini, yuk!

1. Menentukan Strategi Iklan

Salah satu hal penting yang perlu disiapkan adalah menentukan strategi penggunaan Instagram Stories Ads. 

Kamu harus paham betul tujuan dibuatnya iklan itu sendiri. Tentukan dengan menjawab beberapa pertanyaan ini: Apa yang ingin dipromosikan, kepada siapa kita berbicara, dan apa hasil yang kita inginkan lewat iklan tersebut. 

Hal tersebut tentu akan memengaruhi konsep iklan yang akan kita buat. Misalnya, konsep beriklan untuk meningkatkan followers tentu akan berbeda dengan konsep beriklan untuk meningkatkan penjualan produk. 

2. Maksimalkan Beberapa Detik Awal

Sama seperti kebanyakan iklan visual lainnya yang berbentuk foto atau video, beberapa detik awal menjadi penting untuk dimaksimalkan agar bisa menarik perhatian audiens secara instan. Pada kasus Instagram Stories, 1 hingga 2 detik pertama harus bisa dimaksimalkan. Kamu bisa memaksimalkannya dengan copy, audio, atau efek yang bersifat provokatif atau langsung to the point menuju masalah yang bisa diselesaikan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

3. Menggunakan Carousel

Durasi yang terbilang singkat tak berarti harus membuat iklan yang singkat pula. Kamu bisa menggunakan beberapa video atau gambar yang dibuat seolah menjadi carousel, tentunya dengan flow yang sudah dikonsep dengan baik. Hal ini bertujuan agar audiens bisa menyaksikan iklan lebih lama dan tentunya diharapkan akan menimbulkan ketertarikan pada hal yang kita tawarkan. 

Untuk menghasilkannya, tentu saja kamu harus menyiapkan konten dengan visual yang menarik dan diproduksi dengan baik. Kamu bisa juga menggunakan konsep storytelling untuk meningkatkan antusiasme audiens.

4. Menggunakan Hashtag

Terakhir penggunaan hashtag pada konten yang dibuat. Jenis hashtag yang digunakan beragam, mulai dari hashtag komunitas, branded, hingga campaign. Perlu diadakan riset dengan melihat tren yang sedang berlangsung dan apa yang kompetitor lakukan, tentunya pemilihannya harus relate dengan produknya sendiri dan target audience-nya. 

Dengan menggunakan hashtag yang tepat dan niche pada produk yang ditawarkan, kamu bisa mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas, sekaligus meningkatkan engagement

Itulah beberapa tips memaksimalkan Instagram Stories Ads untuk mencapai hasil yang kamu inginkan. Untuk tips seputar media sosial dan yang lainnya, pastikan kamu terus menyimaknya hanya di Allstars, ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini