Yuk, Kenalan Sama Awkarin, Influencer Keren yang Punya Banyak Bisnis!

0
82
awkarin in pose

Awkarin dikenal punya banyak bisnis kolaborasi dan usaha yang diluncurkannya. Wanita kelahiran 29 November 1997 ini mempunyai bisnis makanan dan pakaian yang terkenal. Selain itu, ia juga mulai menuangkan kreativitasnya ke dalam sejumlah produk yang ia buat. Biar lebih kenal dengan influencer keren yang punya banyak bisnis ini, yuk simak informasi selengkapnya di artikel berikut!

Siapa, sih, Awkarin itu? 

Aktif sejak tahun 2016, dia adalah seorang selebgram, influencer, YouTuber, model, pengusaha, dan penyanyi asal Indonesia. Nama Awkarin sendiri merupakan singkatan dari kata awkward dalam Bahasa Inggris yang berarti canggung dan Karin yang merupakan nama aslinya.

Karin mengaku bahwa dulunya ia adalah sosok yang pemalu. Ia sempat tidak berani untuk berkomunikasi di depan banyak orang, termasuk di depan kamera. Itu sebabnya ia sempat menggunakan nama @awkwardkarin pada salah satu akun media sosialnya.

[ Embed Instagram profile https://www.instagram.com/awkarin/ ]

Namun, karena dirasa terlalu panjang, nama tersebut kemudian disingkat menjadi @awkarin saja. Pada Juni 2022 lalu, dia mengumumkan bahwa akun Instagram @awkarin yang sudah ia gunakan selama 11 tahun tidak akan lagi digunakan untuk urusan personal dan berpindah ke @narinkovilda.

[ Embed Instagram profile https://www.instagram.com/narinkovilda/ ]

Kini, akun Instagram-nya tersebut didedikasikan sepenuhnya sebagai platform untuk mengangkat berbagai isu yang menurutnya penting. Karin banyak membahas isu seperti kesehatan mental dan edukasi seks. Hal ini ia lakukan karena ingin berkontribusi bagi orang-orang di dunia nyata.

Di sisi lain, dia yang lebih banyak fokus ke dunia bisnis daripada dunia hiburan membuatnya dikenal sebagai influencer keren yang punya banyak bisnis. Bahkan, ia sempat mengutarakan keinginannya untuk pensiun dari dunia entertainment lantaran lebih tertarik menggeluti bisnis.

Gurita Bisnis Awkarin

Ada cukup banyak bisnis yang saat ini ditekuninya, bahkan bisnis-bisnis tersebut berada dalam bidang yang cukup beragam. Ini dia beberapa bisnis dari Awkarin!

1. A Team Management

Terbiasa menerima endorse (promo berbayar), dia melihat peluang bisnis yang besar dengan mendirikan agensi A Team Management. A Team Management adalah manajemen dari kumpulan selebritas internet yang berkarier di media sosial Instagram alias selebgram. Selaku perintis sekaligus CEO A Team Management, dia sukses membawa agensi berumur lima tahun tersebut menaungi lebih dari 20 influencer atau selebgram tanah air.

2. Bad Influence by Awkarin

Memiliki arti “pengaruh buruk” dalam Bahasa Indonesia, namanya seakan ingin menjawab kritikan netizen yang pernah menyebutnya membawa pengaruh buruk terhadap anak muda Indonesia. Bad Influence adalah bisnis pakaian yang menjual sweater dan kaus oblong. Terkenal mempunyai fashion taste yang baik dan banyak dijadikan acuan dalam memilih outfit of the day (OOTD), Awkarin mencurahkan kreativitasnya dalam bidang fashion lewat Bad Influence ini.

3. Hally by Awkarin

Saat masih SMP, dia sempat mengenakan hijab. Ia bahkan pernah berada di posisi ke-3 sebagai peraih nilai UN tertinggi dan diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kepintarannya berasal dari sang ayah yang berprofesi sebagai dokter spesialis mata dan ibunya yang seorang dokter gigi. Meskipun saat ini tak lagi mengenakan hijab, Awkarin merilis bisnis hijabnya sendiri, Hally by Awkarin, pada 2018 lalu.

4. Awkenyang

Awkenyang adalah usaha makanan milik Awkarin yang dijual secara daring (online). Spesialnya, bisnis kuliner yang menjual aneka menu rumahan ini diracik dari resep sang ibu. Pelanggan bisa memesan secara paket, nasi kotak, rice bowl, hingga lauk ala carte sesuai selera. 

Kolaborasi Bisnis dengan Brand dan Influencer Lain

Selain gurita bisnisnya sendiri, Awkarin juga kerap melakukan kolaborasi bisnis dengan berbagai brand dan influencer lainnya. Terbaru, pada awal Agustus 2022, Awkarin berkolaborasi dengan Gaudi, lini fashion lokal, untuk mengajak anak muda Indonesia lebih peduli terhadap lingkungan.

Gaudi sendiri mengadakan kampanye go green untuk menekankan pentingnya sikap ramah terhadap lingkungan. Kolaborasi ini menghasilkan 18 desain barang fashion ramah lingkungan, seperti tops, bottoms, outer, dan dress yang fokus mengurangi sampah kantong plastik.

Beberapa kolaborasi bisnis Awkarin lainnya adalah Candu yang merilis produk liquid vape, project Sea Familia untuk membantu perekonomian masyarakat Labuan Bajo, serta kolaborasi dengan Hoodieku yang digambar langsung oleh anak-anak. Lewat berbagai bisnis yang ia jalani sendiri dan rangkaian kolaborasi, Awkarin berharap dapat berbagi manfaat dengan sesama.

Apakah kini kamu jadi lebih kenal dengan sosok Awkarin? Sebagai seorang influencer, Awkarin memanfaatkan pengaruhnya untuk berbuat kebaikan kepada sesama. Wajar jika banyak brand yang mengajaknya kolaborasi untuk mempromosikan produk-produk mereka. Kamu sendiri juga bisa, lho, ikutan memperluas eksposur brand milik kamu melalui kerja sama dengan influencer.

Kuncinya adalah memilih sosok influencer yang tepat supaya campaign yang kamu jalankan juga efektif. Untuk kebutuhan satu ini, langsung saja bergabung dengan Allstars, platform influencer marketing pertama di Indonesia. Klik di sini untuk info selengkapnya, ya!

Baca juga : Abel cantika beauty influencer dan transformasi karier nya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini