Inilah Manfaat dan Contoh Campaign Marketing Keren buat Inspirasi Brandmu!

0
55
campaign marketing All stars

Seperti apa contoh campaign marketing yang sukses? Campaign marketing sendiri merupakan sebuah strategi dalam dunia marketing yang berguna untuk meningkatkan pemasaran dari berbagai aspek bagi sebuah brand. Sederhananya, ini merupakan cara-cara memasarkan produk untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk lebih memahami tentang campaign marketing, yuk ikuti ulasan berikut ini hingga akhir!

Apa itu Campaign Marketing?

Adalah upaya-upaya yang dilakukan brand untuk meningkatkan pemasaran dari beberapa aspek. Bentuknya tidak selalu berupa iklan, tapi juga bisa berupa demo (menampilkan cara menggunakan produk), konferensi video, hingga berbagai metode interaktif lainnya. Brand yang beroperasi di pasar kompetitif dapat memanfaatkan campaign marketing untuk meningkatkan brand awareness dan tentunya penjualan.

4 Manfaat Menjalankan Campaign Marketing

Bukanlah strategi marketing baru, namun masih relevan untuk diterapkan hingga saat ini. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menjalankan strategi marketing ini:

Meningkatkan popularitas brand

Campaign yang dilakukan secara masif akan membantu meningkatkan popularitas brand. Dulu, sebelum populer seperti sekarang, Gojek terus meluncurkan campaign kreatif yang menunjukkan bahwa mereka adalah solusi transportasi untuk semua orang.

Ini menjadi bukti bahwa strategi marketing melalui campaign dapat membantu brand dalam meningkatkan popularitasnya. Jadi, buatlah campaign sekreatif mungkin agar orang-orang pun tertarik. Tak ada salahnya juga untuk memanfaatkan jasa influencer saat melakukan campaign.

Mendapatkan leads

Leads adalah calon konsumen yang memiliki potensi besar untuk menjadi pelanggan tetap. Dengan fokus pada leads ini, kamu bisa mendapatkan pelanggan baru yang setia. Ternyata, leads pun bisa didapat melalui strategy ini. Konten campaign yang menarik tentu akan membuat audiens penasaran dengan produk yang kamu tawarkan. Mereka inilah yang kemudian menjadi leads.

Meningkatkan penjualan

Ketika kamu punya banyak konsumen potensial, otomatis penjualan pun akan ikut naik. Para konsumen potensial akan lebih mudah dipengaruhi untuk melakukan transaksi pembelian jika dibandingkan dengan mereka yang hanya melihat konten marketing sambil lalu. Jadi, konten campaign marketing harus dipikirkan baik-baik, ya.

Mendorong brand loyalty

Manfaat campaign marketing yang terakhir adalah untuk mendorong brand loyalty atau kesetiaan terhadap brand. Ketika konsumen sudah menjadi pelanggan yang loyal, mereka akan enggan untuk berpaling pada produk dari brand lain. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau mereka menjadi “agen marketing” dengan merekomendasikan produkmu kepada orang lain.

Kekuatan rekomendasi atau word of mouth seperti ini tidak bisa dianggap sepele. Kebanyakan orang justru akan lebih percaya terhadap suatu brand jika mendapat rekomendasi dari orang terdekat. Semua ini bisa kamu dapatkan dengan menyusun strategi campaign marketing yang menarik!

Contoh Campaign Marketing yang Berhasil

Wah, ternyata campaign marketing punya banyak manfaat bagi brand, ya. Tertarik untuk menerapkannya, tapi bingung harus mulai dari mana? Jangan khawatir, kamu bisa menyimak beberapa contoh campaign marketing yang berhasil untuk dijadikan inspirasi dalam poin-poin berikut ini:

Meta – The Metaverse

Source: Instagram Post – Meta

Istilah “Metaverse” menjadi begitu populer akhir-akhir ini. Penyebabnya tak lain adalah karena pendiri Meta (sebelumnya bernama Facebook), Mark Zuckerberg, yang terus mendengungkan konsep realitas baru tersebut. Zuckerberg menggambarkan Metaverse sebagai sebuah dunia baru yang memungkinkan penggunanya untuk bisa melakukan berbagai hal, mulai dari berinteraksi hingga melakukan jual-beli aset.

Apple – Shot on iPhone

Source: Youtube – Apple

Campaign yang satu ini dilakukan iPhone untuk menunjukkan betapa bagusnya kualitas kamera mereka. Mulanya, campaign Shot on iPhone” berupa user-generated content. Artinya, para pengguna membuat konten di media sosial yang kemudian diberi hashtag tertentu. Namun, campaign ini menjadi begitu populer setelah beberapa selebritas dunia seperti Lady Gaga ikut berpartisipasi.

Pepsi – Is Pepsi OK?

Source: Youtube – Pepsi

Di Amerika Serikat, pertanyaan “Is Pepsi OK?” kerap muncul ketika konsumen ingin memesan soda, namun Coca-Cola tidak tersedia. Alih-alih merasa kalah saing, Pepsi justru memanfaatkannya untuk berpromosi. Lewat campaign marketing, Pepsi “menjawab” pertanyaan tersebut dengan “We’re more than OK”. Pepsi juga menggandeng selebritis terkenal mulai dari Steve Carell, Cardi B, dan Lil Jon. Bahkan campaign ini menjadi begitu populer ketika Pepsi menjadi official partner untuk Super Bowl pada tahun 2019 lalu.

Google – Year in Search

Source: Youtube – Google

Contoh campaign yang terakhir datang dari Google. Lewat campaign ini, Google mengajak pengguna untuk mengetahui tentang pertanyaan yang kerap ditanyakan, tokoh yang paling banyak dicari, hingga momen yang menarik perhatian dunia setiap tahunnya. Selain menampilkan fakta-fakta menarik, campaign ini mampu menunjukkan keunggulan Google sebagai mesin pencari dengan baik.

Nah, dari contoh campaign di atas, mana yang menjadi favoritmu? Ada banyak cara agar campaign marketing yang kamu lakukan sukses. Salah satunya adalah dengan menggandeng influencer profesional. Dengan bantuan influencer yang punya audiens besar, produk dari brand milikmu tentu akan lebih mudah dikenal masyarakat. Mari mulai kolaborasi dengan influencer melalui Allstars! Informasi selengkapnya, klik di sini!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini