Pemilik Brand Wajib Tahu! Ikuti Cara Ini untuk Tingkatkan Brand Loyalty

0
24
brand loyalty

Saat membangun bisnis, hal yang sangat penting diperhatikan brand loyalty atau kesetiaan pada suatu brand. Pasalnya bisa memberikan pasar yang setia pada brand kamu. Sehingga, produk dan layanan yang kamu tawarkan akan senantiasa dinantikan oleh audiens. Memangnya, apa itu brand loyalty? Apa manfaat dan bagaimana cara meningkatkannya?

Apa Itu Brand Loyalty?

Adalah kondisi ketika konsumen berhasil menjadi pelanggan. Artinya, mereka tidak hanya membeli produk kamu dalam satu kali pembelian, melainkan membeli secara berulang-ulang atau re-purchase, tanpa memperdulikan kenaikan harga, pengurangan fitur, bahkan munculnya kompetitor di bidang serupa.

Itulah mengapa hal tersebut dianggap sebagai pencapaian terbesar sebuah merek. Sebab, loyalitas pelanggan akan sangat berpengaruh terhadap pemasukan perusahaan dan hal ini bisa diciptakan berkat rasa percaya yang senantiasa terjaga utuh. Munculnya brand loyalty juga bisa memicu pelanggan untuk merekomendasikan merek kamu ke orang lain.

Manfaat dari Brand Loyalty?

Seperti yang telah disebutkan secara singkat di atas, brand loyalty bisa meningkatkan pemasukan perusahaan. Namun, masih ada manfaat lain dari loyalitas ini. Apa sajakah itu?

Pembeli akan loyal dan membeli produk yang kita rilis

Manfaat pertama dari brand loyalty adalah bisa membuat pembeli menantikan produk yang akan dirilis oleh merek kamu. Jika hal ini terjadi, otomatis stok produk yang kamu siapkan tak akan khawatir mubazir lantaran tidak berhasil terjual sampai habis. Bahkan, hal ini bisa membuat pelanggan menanti-nantikan produk terbaru kamu.

Memunculkan calon pembeli baru yang secara value sesuai brand

Kedua, selain mempertahankan konsumen lawas yang senantiasa setia dengan kamu, brand loyalty juga akan memunculkan calon konsumen baru yang sesuai dengan visi dan misi kamu. Hal ini bisa dipicu dari review yang diberikan oleh pelanggan lama terhadap produk kamu pada orang-orang di sekitarnya.

Mampu mengurangi biaya pemasaran suatu brand

Manfaat terakhir, brand loyalty bisa mengurangi biaya pemasaran karena pelanggan otomatis akan menyebarkan berita baik terkait produk dan layanan kamu pada orang lain. Teknik ini dinamakan word-of-mouth. Kamu juga bisa membidik calon konsumen baru dengan metode marketing yang telah berhasil diterapkan pada pelanggan lawas.

Cara Meningkatkan Brand Loyalty

Lantas, adakah cara untuk meningkatkannya? Kamu bisa melakukan lima cara berikut agar memperoleh loyalitas dari para pelanggan:

Mengenalkan value dari brand

Cara pertama yang bisa kamu lakukan jika ingin meningkatkan brand loyalty adalah dengan mengenalkan value. Jika value dari bisnis kamu sudah jelas, target market pun tentu akan lebih spesifik dan bisa menjaga konsumen agar tetap menjadi pelanggan setia.

Membuat visual yang menarik

Visual adalah salah satu hal yang penting saat menjalankan bisnis, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Karenanya, penting bagi kamu untuk mendesain logo dan kemasan brand dengan sematang mungkin agar dapat menaikkan value bisnis.

Memahami konsumen

Konsumen adalah raja. Oleh karena itu, kamu harus memahami setiap kebutuhan konsumen sebaik mungkin. Kamu juga jadi bisa mengembangkan produk dan layanan berdasarkan dinamika target pasar yang kamu miliki.

Konsisten akan nilai brand dan juga citra

Konsistensi menjadi hal yang tak kalah penting bagi sebuah bisnis. Apabila pelanggan berhasil menyukai brand kamu karena suatu hal, pastikan kamu konsisten untuk menjalankan hal tersebut. Jika tidak, besar kemungkinan pelanggan akan berpindah ke brand lain.

Meningkatkan brand engagement

Terakhir, kamu bisa meningkatkan brand loyalty dengan cara meningkatkan engagement. Semakin pelanggan paham akan produk yang kamu miliki, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli produk lainnya dari bisnis kamu.

Itulah penjelasan mengenai kesetian kepada suatu brand, manfaat, dan cara meningkatkannya yang penting bagi kemajuan bisnis. Jika kamu ingin mengembangkan bisnis dan menggaet target market yang lebih luas, bergabunglah dengan Allstars, platform influencer pertama di Indonesia. Kamu bisa berkolaborasi dengan berbagai influencer terkemuka yang akan bantu pemasaran brand kamu. Yuk, gabung sekarang!

Baca juga: Definisi Brand Awareness