Mau Tahu Rate Card Tiktok Beserta Tips Menarik Membuatnya di 2023!

0
1901
apa-itu-rate-card

Marketing influencer sudah sering sekali kita bahas dan rasanya tak akan pernah ada habisnya. Kok bisa? Karena pertumbuhan influencer berjalan seiringan dengan pengguna media sosial yang kian meningkat. Selain ‘memasarkan’ dirinya sendiri, banyak pula brand yang meminta bantuan para influencer untuk memasarkan produknya. Sehingga, penting bagi seorang influencer untuk mempunyai rate card sebelum menerima tawaran pekerjaan brand yang akan diwakilinya. Namun, sebenarnya apa itu rate card?

Simak penjelasan selengkapnya yuk!

Apa itu Rate Card Tiktok (RC)?

Dikutip dari berbagai sumber rate card adalah dokumen yang berisi perincian harga untuk penempatan iklan di sebuah perusahaan, yang juga dikenal dengan sebutan ‘pricelist’. Rinciannya berisi mulai dari demografi audiens, konsep, hingga biaya tambahan jika dibutuhkan. 

Walau awalnya rate digunakan oleh perusahaan, kini influencer, freelancer, atau pekerja yang menawarkan jasanya wajar untuk memilikinya. Tentu saja bedanya adalah tarif yang digunakan adalah untuk perorangan atau tim kecil yang ada. Tidak jauh berbeda komponen umum yang ada pada rate influencer antara lain. Harga per post, media sosial yang digunakan, kategori dan lingkup brand untuk diajak kolaborasi, dan kontak.

Jadi, tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan berapa rate card dari influencer, karena masing-masing influencer memiliki tarifnya tersendiri. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi besaran tarif influencer, sebut saja tier influencer yang termasuk juga jumlah followers dan engagement rate. platform yang digunakan untuk berkonten mulai dari Instagram sampai TikTok, lingkup pekerjaan, sampai track record yang dimiliki.

Lalu kenapa rate card menjadi hal yang penting untuk dimiliki influencer? 

Alasan utamanya adalah jika kamu ingin dianggap sebagai seorang influencer yang profesional, tentu kamu harus memiliki tarif yang ‘profesional’ pula. Artinya, kamu harus tahu persis berapa dan bagaimana cara yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan brand yang meng-hire-mu. Dengan adanya penjelasan yang detail, brand pun akan lebih mudah untuk memutuskan apakah akan menggunakan jasamu untuk memasarkan produknya.

Cara Brand Mendapatkan Rate Card Influencer Tiktok

Dalam memperoleh rate card tiktok dari influencer, brand bisa melakukan beberapa cara. Pertama, riset RC dari influencer di internet. Namun, cara ini tidak bisa dilakukan begitu saja sebab rata-rata rate yang sudah disebarluaskan di internet adalah rate card milik mega maupun macro influencer saja. Selain itu, tak jarang RC yang ada di internet tidak update dengan rate terbaru yang semestinya.

Setelah melakukan riset, brand bisa melakukan cara yang kedua yaitu menghubungi langsung manajemen dari influencer terkait. Selain untuk memastikan apakah rate card yang ditemukan sudah benar dan diperbarui. juga bisa semakin yakin dengan gambaran tarif yang dipatok oleh influencer tersebut.

Terakhir, brand bisa menggunakan influencer marketing platform. Umumnya, influencer marketing platform terdiri dari ratusan hingga ribuan influencer dari berbagai kategori. Tentunya dilengkapi juga dengan informasi mengenai rate card yang dimiliki oleh influencer tersebut. Selain rate card, brand pun bisa mendapatkan informasi tentang influencer lainnya di influencer marketing platform seperti Allstars.

5 Tips Dalam Membuat Rate Card Tiktok bagi Influencer

Jika sudah memahami apa arti dan pentingnya rate card tiktok, selanjutnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar rate card yang kamu buat nantinya bisa membantumu untuk meraih lebih banyak klien.

Beri Gambaran Umum tentang Audiensmu 

tips-membuat-rate-card

Seperti yang sudah disebutkan di atas memahami siapa saja audiensmu bisa menjadi hal yang baik untuk dimasukkan ke dalam price list. Kamu bisa langsung menyesuaikan target audiens yang potensial dengan produk yang akan kamu promosikan. 

Misalnya, setelah dicek ternyata kebanyakan audiensmu kebanyakan adalah beauty and fashion enthusiast maka kamu bisa fokus untuk mengarahkan scope di bidang beauty and fashion.

Bangun Personal Value yang Unik tiktok mu 

Memiliki ciri tersendiri adalah nilai plus yang harus dimiliki oleh para content creator dan influencer. Alasan utamanya adalah para audiens bisa lebih attach dengan produk yang kamu promosikan. Karena hanya kamu yang menggunakan style yang berbeda. Hal ini juga bisa mendukung kelangsungan atau sustainability dari produk yang kamu promosikan.

Hindari Pembelian Followers tiktok

Hal yang satu ini sangat jelas harus dihindari. Kenapa? Alih-alih mendapatkan klien, kamu akan mendapatkan blacklist dari para calon klien. Sekali lagi, jumlah followers yang banyak tidak akan menjadi jaminan seseorang akan menjadi influencer

Zaman sekarang followers bisa mudahnya dibeli, namun tentu followers yang ada tidak akan menimbulkan interaksi organik, dibandingkan dengan yang memang memiliki followers karena konten yang diberikan menarik. Untuk mengesahkan hal ini, memasukkan data followers organik ke dalam price list akan meningkatkan value-mu sebagai seorang influencer.

Tentukan Harga Menggunakan Metrics 

Menyambung soal followers organik harga yang bisa kamu tetapkan di price list harus didasari oleh metrics seperti Cost per Action (CPA), Cost Per View (CPV), dan engagement rate. Dengan data-data tersebut, brand bisa melihat potensi jangkauan audiens yang kamu tawarkan, tentu beserta perhitungan tarif yang dikenakan.

Supaya nggak pusing, kamu bisa menghitung engagement rate instagram dengan kalkulator dari Allstars, lho!

Desain yang Menarik

Hal yang terakhir ini mungkin terkesan sepele. Namun hal yang sifatnya teknis jika disajikan dalam konsep yang menarik, akan lebih bisa menarik perhatian pula untuk disimak lebih jauh. Selain itu, kamu bisa ‘unjuk gigi’ menyesuaikan keahlian yang kamu miliki. 

Misalnya, kamu adalah influencer yang fokus pada fotografi, maka kamu bisa sajikan foto-foto terbaik yang pernah kamu abadikan untuk disematkan ke dalam rate card-mu. Itulah pengertian apa itu rate card dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan rate card untuk ‘memasarkan’ dirimu sebagai seorang influencer. Simak terus update terkini seputar media sosial dan influencer di blog dan Instagram Allstars!

metric-pilihan-dalam-membuat-rate-card tiktok

Baca juga : 6 Faktor Penentu Rate Card Influencer

Misalnya, kamu adalah influencer yang fokus pada fotografi, maka kamu bisa sajikan foto-foto terbaik yang pernah kamu abadikan untuk disematkan ke dalam rate card-mu.
Itulah pengertian apa itu rate card dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan rate card untuk ‘memasarkan’ dirimu sebagai seorang influencer. Simak terus update terkini seputar media sosial dan influencer di blog dan Instagram Allstars!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini