Tips Instagram Story Kekinian, Lebih Menarik dan Engage!

0
607
tips-instagram-story

Dengan makin banyaknya pembaruan fitur yang ada pada Instagram Story, bukan tidak mungkin kebanyakan pengguna Instagram kini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk melihat Instagram Story ketimbang scroll feeds di laman utama. Selain durasi yang singkat, tampilan yang simpel, story bisa lebih menarik karena “dihiasi” oleh berbagai filter, GIF, hingga musik.

Tak hanya pengguna biasa, banyak influencer yang menjadikan story sebagai media unjuk kreativitas sekaligus konten endorsement dari produk yang meng-hire mereka. Dengan menyajikan story yang menarik, hal ini akan menimbulkan engagement tinggi dengan followers karena respon yang ada juga bisa berkesan ‘privat’ karena menggunakan direct message.

Hal inilah yang menarik untuk dibahas lebih jauh lagi. Gimana sih, cara membuat Instagram Story yang menarik? 

Without further ado, simak tips agar instagram story semakin menarik di bawah ini!

Tips Membuat Instagram Story Yang Menarik

  1. Konsisten Dalam Membuat Instagram Story 

Pertama adalah kamu harus memiliki konsistensi dalam mengunggah story. Konsisten yang dimaksud bisa berarti tema konten maupun waktu upload yang pasti. Kamu bisa memulainya dengan membuat jadwal, setelah sebelumnya memahami behaviour dari para followers-mu. Kapan dan bagaimana konten story yang bisa menarik perhatian mereka. 

Dengan adanya konsistensi dalam pengunggahan konten story, para followers akan ‘terikat’ dan tujuannya adalah mereka akan terus menanti konten story selanjutnya. 

Sebagai contoh, misalnya kamu ahli dalam storytelling, kamu bisa membuat story yang sifatnya serial. Ceritakan hal yang menarik dengan tampilan yang mudah dibaca. Pastikan kamu menyimpannya di highlight agar yang baru menyimak bisa melihatnya dari awal.

  1. Gunakan Bahasa yang Sederhana
tips-instagram-story

(Unsplash/Brett Jordan)

Agar konten story yang kamu buat, khususnya yang copy based, penggunaan bahasa yang mudah dibaca dan dimengerti sangat penting untuk dilakukan. Proporsinya pun perlu untuk diperhatikan. 

Misalnya saja, kamu menggunakan sebuah foto, kalimat dengan 20 hingga 40 kata dan headline (jika dibutuhkan) yang terdiri dari 60 hingga 70 karakter bisa dengan mudah dibaca. 

Sedangkan untuk story yang tidak menggunakan foto, bisa menggunakan 25 kata dan judul yang terdiri dari 50 hingga 60 karakter. Untuk konten yang sifatnya review dan menggunakan single image sebaiknya menggunakan tidak lebih dari 20 kata.

  1. Melibatkan Audiens 

Melibatkan audiens bisa dilakukan pada sebuah konten yang sifatnya trivia atau survey. Kamu bisa menggunakan stiker Question atau yang terbaru Add Yours untuk membangun interaksi dengan followers-mu. Di luar itu, kamu bisa menjadikan hal ini untuk lebih mengenal hal apa yang disukai oleh para followers dari konten-konten yang sudah kamu buat.

  1. Maksimalkan Fitur-Fitur yang Ada 
fitur-fitur-instagram

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu alasan makin banyaknya penggunaan Instagram Story adalah adanya fitur-fitur yang menarik. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, konten yang kamu buat akan lebih variatif dan tentunya up to date dengan tren yang sedang ada. 

Selain membuat konten lebih menarik, banyak juga fitur yang bermanfaat untuk berinteraksi sekaligus mendapatkan insights dari followers-mu. Misalnya, menggunakan stiker polling untuk menentukan suatu hal atau menggunakan stiker question untuk mencari tahu suatu hal.

  1. Gunakan Desain yang Menarik 

Menarik di sini tidak berarti kamu membuat konten story dengan desain yang berlebihan. Kamu bisa mendapatkan sense untuk menciptakan desain yang menarik, bahkan jika kamu bukan orang yang mendalami desain dengan cara melihat banyak tutorial atau contoh desain yang banyak disukai. 

Belakangan ini, aplikasi visual editing juga makin mudah untuk digunakan dan bisa diakses menggunakan smartphone

Itulah 5 tips untuk membuat instagram story-mu semakin menarik dan engage
Bicara tentang Instagram Story tentu tidak akan ada habisnya, karena selalu ada pembaruan yang dilakukan. Karena itu, simak terus update seputar Instagram dan media sosial lainnya hanya di Allstars!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini