Auto Viral dan Banyak Likes! Waktu terbaik posting di Sosial Media

9
73454
Jam - waktu upload konten

Membuat konten yang menarik dan relevan dengan apa yang audience mu cari mungkin adalah salah strategy mendapat engagement . Tapi ada hal lain yang perlu menjadi faktor penentu adalah waktu upload konten mu dengan tepat. Ayo baca lebih rinci waktu yang tepat upload konten supaya auto viral dan banyak yg likes.

Ketahui Platform Media Sosial Terbaik untuk meningkatkan Brand Kalian!

Bagi yang memanfaatkan media sosial sebagai ladang untuk pemasaran sebuah brand, persaingan tidak hanya antara bisnis ke bisnis, tapi juga bisnis dengan berbagai akun lain yang diikuti oleh audiensnya. Dengan memanfaatkan media sosial, sebuah brand melakukan strategi pemasaran melalui konten yang mereka unggah. Jadi penting banget loh informasi yang terdapat pada konten tersebut sampai ke target audiensnya.

Waktu Upload Konten yang Tepat di Sosial Media

Ilustrasi waktu tepat posting

Pertanyaannya sekarang, kapan waktu terbaik yang tepat untuk mengunggah konten sehingga informasi yang ingin disampaikan bisa diterima oleh audiensnya? Maksud dari waktu yang tepat adalah waktu dimana audiens kamu paling banyak aktif di media sosial, dan disitulah kemungkinan tertinggi untuk mereka melihat dan melakukan interaksi dengan konten kamu.

Dilansir dari Oberlo, berikut adalah pembahasan soal waktu yang tepat (prime time) untuk unggah konten kamu sesuai dengan media sosialnya masing-masing:

#1 Prime Time Instagram (Waktu Terbaik Post di Instagram)

waktu upload konten di instagram
Sumber : Oberlo

Kebanyakan pengguna Instagram membuka platform media sosial ini melalui handphone. Instagram juga banyak digunakan sebagai media hiburan bagi sebagian orang. Mereka cenderung tidak membuka Instagram saat beraktivitas kerja ataupun sekolah. 

Pelajari juga Algoritma Instagram di Tahun 2021!

Kapan harus  upload video atau foto di instagram kamu? Waktu upload konten yang paling tepat untuk mengunggah konten pada Instagram adalah saat :

Waktu yang paling tepat mengunggah konten pada instagram adalah waktu makan siang yaitu jam 11.00 WIB – 13.00 WIB, juga pada saat malam hari jam istirahat dan beraktivitas dari jam 19.00 WIB – 21.00 WIB. Hari Rabu menjadi hari yang memiliki engagement tertinggi!

Jadi, pastikan kamu memilih waktu yang tepat untuk upload instagram yah. Biar makin tinggi engagement pada konten kamu!

#2 Prime Time Twitter (Waktu Terbaik Post di Twitter)

waktu upload konten di twitter
Sumber : Oberlo

Bagi kamu yang memanfaatkan Twitter sebagai media sosial untuk memasarkan sebuah brand, kamu mengambil keputusan yang benar. Tahu gak? Waktu yang tepat untuk mengunggah konten pada Twitter cukup panjang loh..

Kapan waktu upload konten terbaik untuk posting di Twitter? 

  • Sepanjang hari sibuk dari Senin hingga Jum’at adalah hari yang tepat untuk kamu waktu unggah konten di Twitter. 
  • Makan siang atau pukul 12.00 sampai 13.00 adalah waktu engagement tertinggi dari pengguna platform media sosial ini.

#3 Prime Time Youtube (Waktu Terbaik Post di Youtube)

waktu upload konten di youtube
Sumber : Oberlo

Kapan waktu upload konten yang tepat untuk video Youtube? Buat para Youtubers, kamu harus tau nih waktu yang tepat untuk unggah konten video kamu di Youtube. Perilaku pengguna Youtube ternyata agak berbeda nih pada weekday dan juga weekend.

Pengguna Youtube banyak menonton video pada : 

  • Selama hari sibuk atau weekday, Siang hari dari pukul 12.00 sampai 16.00. 
  • Hari libur atau weekend jam 9.00 sampai 11.00 adalah waktu dimana banyaknya pengguna Youtube yang menonton video pada platform media sosial berbasis konten video ini.  
  • Kamis dan Jum’at adalah waktu yang paling tepat untuk mengunggah konten video di Youtube. Sementara, di hari Sabtu dan Minggu adalah hari dimana aktivitas dari pengguna Youtube paling tinggi.

#4 Prime Time Facebook (Waktu Terbaik Post di Facebook)

waktu upload konten di facebook
Sumber : Oberlo

Kapan waktu upload konten yang tepat di Facebook? Sangat penting mengetahui frekuensi dan waktu terbaik untuk mengupload konten jika menggunakan facebook sebagai platform. Jam posting facebook yang sesuai adalah pada :

  • Pada hari kerja, jam posting facebook ada pada pukul 13.00 – 16.00. Diantara waktu itu para pekerja menggunakan komputer maupun smartphone untuk mengecek Facebook pada jam istirahat.
  • Hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu dianggap menjadi hari yang paling baik.
    • Untuk hari Minggu di jam 15.00
    • Sementara itu, hari Selasa menjadi hari yang paling buruk untuk posting Facebook 

#5 Prime Time Linkedin (Waktu Terbaik Post di Linkedin)

waktu upload konten di linkedin
Sumber : Oberlo

Kapan waktu upload konten yang tepat di Linkedin? Untuk kalian yang suka cari info pekerjaan dan sharing pengalaman kerja kalian di linkedin agar dilihat oleh rekan kerja, HRD maupun owner perusahaan kalian harus tau nih waktu posting yang tepat di akun kalian.

Jam yang sesuai untuk posting di linkedin adalah pada :

  • Antara pukul 10 hingga 11 pagi, karena LinkedIn sendiri digunakan oleh para profesional pada saat jam kerja.
  • Hari Selasa, Rabu, dan Kamis dianggap menjadi hari terbaik untuk posting konten.
  • Weekend adalah hari terburuk untuk upload konten di Linkedin. 

Walau Linkedin mempunyai jam untuk upload tersendiri, “Waktu” bukan menjadi hal terpenting untuk post konten di Linkedin. Kalian pasti pernah melihat posting-an yang cukup lama entah seminggu atau 5 hari lalu di timeline Linkedin. Hal ini karena algoritma LinkedIn dirancang bisa mengetahui konten mana yang bisa menarik dan menghasilkan engagement yang berarti berkualitas untuk pembaca atau user.

Ketahui juga 10 followers terbanyak di Indonesia 2021

Selain memperhatikan perihal waktu, perhatikan juga konten yang akan diunggah. Hati-hati dengan Creative Block yahh! Karena sesungguhnya konten yang berkualitas akan tetap menarik perhatian serta tingkat engagement yang tinggi, terlepas dari waktu terbaik yang dipilih untuk posting.

Kalo kamu, sudah atur waktu yang tepat belum untuk unggah konten di media sosial? Kalo belum, sekarang saatnya kamu lakukan ya! Demikian ulasan tenang upload konten yang viral di 2022. memang setiap tahun google memiliki perubahan soal algorithm, namun hal tersebut dapat diatasi jikalau kamu mengikuti panduan tips diatas. selamat mencoba ya!! Salam allstars

9 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini