Creative Block Yang Sering Bikin Stuck Para Pekerja Seni!

0
7
Creative Block

Buat kalian yang sering terlibat dalam produksi kreatif pasti sangat familiar dengan istilah yang ‘menakutkan’ ini. Yup, creative block kerap mengintai para pekerja seni dan kreatif, terutama jika dalam prosesnya dilakukan secara terus menerus. Sebenarnya secara praktiknya, creative block adalah sebuah fase yang wajar dilewati, karena normalnya tidak ada seorang pun manusia yang bisa terus menerus menghasilkan sebuah pemikiran yang luar biasa. Malah terkadang dari creative block ini, kita akan mendapatkan cara lain untuk berpikir. Bisa jadi cara berpikir yang itu-itu saja yang membuat creative block ini datang.

Creative Block

Daftar Creative Block yang Mungkin Bisa Dikenali

Menurut beberapa artikel, ada beberapa penyebab creative block yang perlu dikenal dan sebisa mungkin dihindari. Ada apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Kelelahan

Salah satu penyebab utama creative block adalah kelelahan. Mungkin saja sebenarnya di dalam kepalamu masih terdapat ide-ide cemerlang yang siap untuk disampaikan, tapi karena tubuh terlalu lelah, akhirnya ide-ide tadi seolah ‘menguap’ begitu saja. Di kalangan pekerja seni dan kreatif, waktu memang sering kali seolah tak ada batasnya, karena yang namanya ide bisa datang kapan saja. Namun, tetap saja, kamu perlu lebih memerhatikan waktu istirahat agar tidak terlalu overwhelmed.

Mental Block

Yang kedua ini juga kerap menjadi penyebab utama creative block. Penyebabnya bisa datang dari dirimu sendiri atau orang lain. Kamu bisa saja memiliki ide-ide namun mengalami keraguan terhadap ide itu sendiri. Sebenarnya, tidak jatuh cinta dengan ide sendiri adalah hal yang baik, terutama dalam dunia kreatif. Namun, perlu tahu batasannya juga agar tidak terlalu menurunkan mentalmu sendiri nantinya. Begitu juga saat kita sudah menyampaikan ide kita kepada orang lain. Biasanya, sebuah ide tidak akan diterima begitu saja, pasti akan ada proses pemberian masukan atau bahkan penolakan. Yang perlu kamu lakukan adalah harus bisa lebih mendengarkan. Dengarkan setiap masukan tanpa memikirkan apa yang harus kamu katakan untuk menyangkalnya. Dengarkan untuk mengerti, bukan menjawab.

Personal Problem

Masalah juga tak bisa dihindari, kecil atau besar, pasti masalah akan mendatangi kita, keluarga, dan tempat kita bekerja. Pasti akan ada masalah yang datang dan kita harus siap untuk menghadapinya. Ada dua pilihan untuk ini, segera menyelesaikannya atau bertahan sambil berharap masalah tersebut hilang dengan sendirinya. Untuk yang satu ini, semuanya kembali padamu. Namun, jika kamu ingin segera melaluinya, ada hal yang perlu diingat. Kamu tidak sendirian. Akan ada orang lain yang bersedia membantumu melewati masalah yang kamu hadapi. Mendengar keluh kesah saja bisa berarti besar jika kamu membicarakannya dengan orang yang tepat. Jadi jangan tanamkan pemikiran it’s the end of the world setiap kali mendapatkan masalah. Tenang, hadapi, dan pahami kamu tidak sendirian.

Creative Block Yang Sering Bikin Stuck Para Pekerja Seni

Selain hal-hal tersebut di atas, masih ada beberapa hal yang bisa berpotensi menjadikan kita mendapatkan creative block. Misalnya, kebiasaan kurang sehat yang biasa dilakukan setiap hari seperti cara duduk yang tidak tepat, kurang air putih. Kurang komunikasi dengan kolega dan keluarga juga bisa menjadi salah satu pemicu creative block. Banyak berinteraksi dengan orang lain harusnya malah bisa memberikan banyak ide segar untuk pekerjaanmu nantinya.

Terus berkarya yah!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini