Auto Banyak Likes! Ini Waktu yang Tepat buat Upload Konten

0
2030
waktu yang tepat untuk posting di sosial media

Kamu sadar gak sih kalau pergerakan media sosial itu cepet banget? Ada banyak sekali konten yang diunggah ke media sosial setiap saat. Kalau kamu unggah satu konten, ada juga puluhan teman kamu yang mengunggah konten mereka di waktu yang sama.

Bagi yang memanfaatkan media sosial sebagai ladang untuk pemasaran sebuah brand, persaingan tidak hanya antara bisnis ke bisnis, tapi juga bisnis dengan berbagai akun lain yang diikuti oleh audiensnya. Dengan memanfaatkan media sosial, sebuah brand melakukan strategi pemasaran melalui konten yang mereka unggah. Jadi penting banget loh informasi yang terdapat pada konten tersebut sampai ke target audiensnya.

Waktu Terbaik Posting di Sosial Media

Pertanyaannya sekarang, kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten sehingga informasi yang ingin disampaikan bisa diterima oleh audiensnya? Maksud dari waktu yang tepat adalah waktu dimana audiens kamu paling banyak aktif di media sosial, dan disitulah kemungkinan tertinggi untuk mereka melihat dan melakukan interaksi dengan konten kamu.

Dilansir dari Oberlo, berikut adalah pembahasan soal waktu yang tepat (prime time) untuk unggah konten kamu sesuai dengan media sosialnya masing-masing:

waktu yang tepat untuk posting di instagram
Sumber: Oberlo

1. Prime Time Instagram

Kebanyakan pengguna Instagram membuka platform media sosial ini melalui handphone. Instagram juga banyak digunakan sebagai media hiburan bagi sebagian orang. Mereka cenderung tidak membuka Instagram saat beraktivitas kerja ataupun sekolah. 

Kapan waktu terbaik posting instagram? Waktu yang paling tepat untuk mengunggah konten pada Instagram adalah saat makan siang, yaitu jam 11.00 sampai 13.00, juga pada saat malam hari setelah selesai beraktivitas, yaitu dari jam 19.00 sampai 21.00. Ternyata, hari Rabu adalah waktu dimana Instagram memiliki engagement tertinggi. Jadi, buat kamu para selebgram, pastikan kamu memilih waktu yang tepat untuk upload instagram yah. Biar makin tinggi engagement pada konten kamu!

waktu yang tepat untuk posting di twitter
Sumber: Oberlo

2. Prime Time Twitter

Bagi kamu yang memanfaatkan Twitter sebagai media sosial untuk memasarkan sebuah brand, kamu mengambil keputusan yang benar. Tahu gak? Waktu yang tepat untuk mengunggah konten pada Twitter cukup panjang loh..

Kapan waktu terbaik untuk posting di Twitter? Sepanjang hari sibuk dari Senin hingga Jum’at adalah hari yang tepat untuk kamu unggah konten di Twitter. Apa lagi saat makan siang atau pukul 12.00 sampai 13.00 adalah waktu engagement tertinggi dari pengguna platform media sosial ini.

waktu yang tepat untuk posting di youtube
Sumber: Oberlo

3. Prime Time Youtube

Kapan waktu yang tepat upload video Youtube? Buat para Youtubers, kamu harus tau nih waktu yang tepat untuk unggah konten video kamu di Youtube. Perilaku pengguna Youtube ternyata agak berbeda nih pada weekday dan juga weekend.

Selama hari sibuk atau weekday, pengguna Youtube banyak menonton video pada siang hari dari pukul 12.00 sampai 16.00. Pada hari libur atau weekend, jam 9.00 sampai 11.00 adalah waktu dimana banyaknya pengguna Youtube yang menonton video pada platform media sosial berbasis konten video ini.  Kamis dan Jum’at adalah hari yang paling tepat untuk mengunggah konten video di Youtube. Sementara, di hari Sabtu dan Minggu adalah hari dimana aktivitas dari pengguna Youtube paling tinggi.

Coba yuk kita intip salah satu Youtubers Indonesia, Aulion. Cowok yang namanya mulai dikenal karena konten stop motion ini berhasil mengumpulkan sebanyak tiga juta penonton dalam video 100 NAMA PALING PASARAN miliknya loh! Selain kontennya yang memang unik, influencer Allstars ini mengunggah kontennya pada waktu yang tepat untuk upload video di Youtube lho. Alhasil, semakin banyak deh pengguna Youtube yang menonton video tersebut.

youtube aulion

Youtube: Aulion

Kalo kamu, udah atur waktu yang tepat belum untuk unggah konten di media sosial? Kalo belum, sekarang saatnya kamu lakukan ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini