Artikel Kenali dan Kuasai Algoritma Instagram di Tahun 2021!

Kenali dan Kuasai Algoritma Instagram di Tahun 2021!

2

Instagram menjadi salah satu media sosial yang kini banyak dipuja anak muda hingga orang yang lebih dewasa. Platform yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi lewat konten visual ini pun tidak hanya diam menuai kesuksesan. Begitu banyak improvisasi yang dilakukan dari waktu ke waktu, mulai dari penambahan fitur hingga algoritma. Bicara soal algoritma, jika kamu terutama menggunakan Instagram untuk mempromosikan sesuatu, hal ini sangat penting untuk dipelajari untuk meningkatkan performa promosimu. Without further ado, yuk simak selengkapnya!

Algoritma Instagram Feed

Mungkin beberapa dari kalian sudah mengetahui hal ini, tapi tahukah kamu jika konten-konten yang muncul di feed Instagram kini tidak lagi muncul berdasarkan urutan kronologis waktu unggahan tetapi berdasarkan interest kita? Feed Instagram kini tidak hanya berdasarkan akun yang diikuti oleh user tetapi juga berdasarkan akun dan jenis konten-konten yang disukai sebelumnya. Mudahnya, jika kamu menyukai tipe postingan tertentu, maka algoritma Instagram semakin sering memunculkan jenis konten itu pada feed-mu. 

Sebagai contoh, jika kamu mempunyai minat dan sering mengunggah atau menyukai produk fashion, maka kemungkinan unggahanmu akan muncul pada feed pengguna yang punya minat pada fashion akan lebih tinggi. Begitu juga apa yang akan kamu lihat di feed-mu atau bagian explore sebagian besarnya akan berupa konten fashion. Untuk yang satu ini bisa diperkuat pula dengan tagar atau hashtag yang digunakan, misalnya saja #fashion #fashionenthusiast dan sebagainya.

Interaksi dengan Followers

Selanjutnya, algoritma Instagram akan ‘bereaksi’ dengan akun-akun yang dalam rekam jejaknya paling dekat dengan penggunanya. Jika sebuah akun sering berinteraksi dengan akun Instagrammu, misalnya saja memberikan like, mengirim direct message, dan memberikan komentar, kemungkinan mereka akan melihat konten-kontenmu di feed mereka akan semakin besar. Maka dari itu, sangat penting, khususnya bagi sebuah brand atau yang punya kepentingan promosi, untuk sering berinteraksi dan membagikan konten yang engaging secara konsisten pada para follower-nya. 

Waktu Yang Tepat Untuk Posting

Selain interest dan interaksi, waktu kapan sebuah konten diunggah juga menjadi pengamatan algoritma Instagram. Yang penting untuk diperhatikan adalah waktu di sini bukan kronologis waktu unggahan seperti yang tersebut di atas, namun lebih ke kapan kamu mempublikasikan konten tersebut. Lewat beberapa tools atau penelitian yang bisa kamu cari, temukan waktu di mana para follower tengah aktif online dan unggah kontenmu pada jam tersebut sehingga kemungkinan unggahanmu muncul di feed mereka semakin besar dan engagement-mu pun bisa semakin tinggi.

Instagram Story, Explore, dan Recommendation

Selain Instagram Feed, ada juga fitur Instagram Story yang jangan sampai luput dari pengamatan nih, karena Story merupakan salah satu fitur favorit pengguna yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan engagement. Hampir sama juga dengan Instagram Feed, Instagram Story yang muncul juga didasarkan pada engagement seperti likes, komentar, story view, reaction, dan direct message

Laman Explore Instagram pun kurang lebih memiliki perhitungan yang sama. Konten yang disajikan adalah konten-konten yang menurut algoritma Instagram paling diminati oleh penggunanya berdasarkan interaksi-interaksi sebelumnya. Nantinya, kamu akan mendapatkan kemudahan untuk mengikuti akun-akun baru yang memiliki minat yang sama denganmu.

Tak sampai di situ, Instagram juga memunculkan fitur yang semakin personal bagi penggunanya yaitu Suggestion. Jika user telah melihat semua konten di feed mereka, Instagram akan memberikan rekomendasi postingan yang baru diunggah dari akun yang tidak diikuti. Jadi jangan kaget yah jika tiba-tiba ada akun yang belum kamu follow namun muncul di feed milikmu.

Instagram Reels

Fitur terbaru dari Instagram ini konon bisa mencapai reach yang sangat tinggi, karena biasanya segala fitur yang baru pasti banyak juga peminat untuk mencobanya. Lewat fitur ini, kamu bisa membuat video pendek berdurasi 30 detik dan bisa diedit layaknya seperti menggunakan TikTok. Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan konten reels ini adalah pastikan kualitas gambar videomu baik, gunakan hashtag yang relevan, hal menarik terutama di 3 detik pertama dan pastikan juga kontenmu menarik untuk dibagikan.
Setelah membaca penjelasan Allstars, sudah ada bayangan tentang algoritma Instagram? Harapannya, dengan fitur-fitur baru yang diluncurkan, serta memahami algoritma Instagram, kamu bisa mengoptimalkan konten dan engagement konten yang ingin kamu promosikan. Good luck, ya!

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version