Cari Tahu Jenis Iklan Online Dari Kategori dan Targetnya!

0
7
Jenis Iklan Online

Pasti kebanyakan dari kita kesehariannya tak pernah absen dari media sosial atau media yang terhubung dengan internet lainnya dan menggunakan perangkat seperti PC, laptop, dan handphone. Jika dulu, sarana hiburan dan informasi hanya terbatas di televisi dan radio, kini hampir semuanya bermuara dari media online, mulai dari berita sampai dengan hiburan. Namun begitu, walau medianya berubah, ada satu hal yang tak berubah. Bisa menebaknya? Yup, commercial atau iklan. Nah, kali ini kita akan bahas secara spesifik iklan yang muncul saat kita menjelajahi internet, yaitu iklan online. Sebenarnya apa sih, iklan online ini? Simak yuk!

Jenis-jenis Iklan Online

Semakin banyak platform online yang ada, makin banyak pula jenis iklan online yang digunakan sebagai promosi. Setiap iklan yang tayang, pasti sudah melalui banyak learning dan pertimbangan. Misalnya, ketika sebuah brand kosmetik anak muda, tentu akan menyiarkan iklannya di media sosial seperti Instagram yang lebih banyak diminati anak muda, ketimbang di Facebook atau Twitter. 

Berikut adalah beberapa iklan online yang sering terlihat ‘mondar-mandir’ di dunia maya. Ada yang familiar dengan salah satunya?

Self-service Advertising

Iklan ini ditujukan untuk mempromosikan sesuatu, sesuai dengan keinginan kita. Hal-hal seperti ide, desain, informasi dan penempatan iklan diatur sendiri, sehingga kita bisa lebih leluasa dalam mengendalikan aktivitas promosi dan biaya.

Direct Advertising (Sponsorship)

Jenis yang satu ini biasanya ditemui di media online seperti website, yang artinya ada perjanjian dengan pemilik website. Tentunya, makin tinggi traffic dan views di website tersebut, biaya yang diperlukan juga semakin tinggi.

Keunggulan model ini biasanya cepat prosesnya, namun memiliki kekurangan dari segi perekaman data.

Contextual Advertising

Iklan kontekstual adalah iklan bertarget yang terpilih dan dilayani oleh sistem otomatis berdasarkan konteks apa yang dilihat pengguna.Misalnya, jika kamu sering sekali melihat-lihat action figure di mesin pencari, marketplace, atau misalnya akun-akun media sosial yang kamu ikuti kebanyakan adalah yang sesuai interest-mu tersebut, maka bisa dipastikan iklan online yang akan berseliweran saat kamu berselancar tidak akan jauh-jauh dari hal tersebut.

Social Media Marketing

Seperti yang kita sama-sama tahu, bisa dibilang saat ini media sosial sudah seperti menjadi kebutuhan pokok kebanyakan orang. Mulai dari sisi informasi hingga hiburan, mata kita seperti tidak akan pernah bisa lepas menatap layar gadget atau monitor untuk sekadar ‘mampir’ melihat media sosial favorit. Karenanya, social media marketing menjadi salah satu jalur yang bisa menjadi ‘lahan’ promosi yang baik untuk memasarkan produk dan jasa. Produk dengan kategori sepert fashion, kuliner, gadget, dan lainnya terbukti bisa mendapatkan konversi penjualan yang nyata. Lewat jenis iklan ini pula, ‘lahir’ profesi yang menjadi tujuan banyak orang saat ini, yaitu influencers.

Search Engine Marketing

Hampir sama dengan media sosial, keseharian dari kebanyakan dari kita hampir tidak bisa lepas dari yang namanya Google dan sejenisnya, atau yang lazim disebut sebagai search engine. Mulai dari mencari nama, judul lagu, sampai dengan cara memasak biasanya akan dimulai dari situs pencarian ini. Nah, lalu bagaimana cara strategi yang satu ini berjalan? Mudah saja, siapa saja yang menggunakan search engine marketing akan mendapat tempat paling atas dari hasil pencarian. Misalnya saja, ada produk A yang mana adalah produk pelezat masakan dan menggunakan strategi ini, saat ada orang yang menggunakan keyword ‘pelezat masakan yang direkomendasikan’, lantas produk A tersebut akan berada pada urutan pertama hasil pencarian dan bisa dibilang potensi untuk mendapatkan klik dari itu sangat besar. Karena hal ini selain awareness, laman produk akan mendapatkan traffic.

Email Marketing

Iklan online yang satu ini punya cara kerja dengan cara dimulai dengan mengumpulkan email, yang dilanjutkan dengan mengirim email broadcast secara massal (email blast) untuk memberi informasi atau penawaran produk supaya masyarakat mencari tahu dan membeli baik produk tersebut. Lalu, dari mana database itu didapatkan? Salah satu contohnya adalah biasanya sebuah aplikasi akan menyertakan email subscription yang isinya adalah informasi seperti tersebut di atas.
Itu tadi beberapa jenis iklan online yang kerap mewarnai kegiatan online kita sehari-hari. Masih ada banyak lagi jenis iklan yang satu ini. Penasaran? Tunggu artikel selanjutnya yah!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini