Begini Cara Membuat Instagram Ads Yang Mudah!

1
25
Cara Membuat Instagram Ads

Siapa yang suka banget menggunakan Instagram dan punya usaha atau sedang ingin mempromosikan sesuatu? Instagram Ads bisa jadi salah satu solusi untuk mengembangkan bisnis atau produkmu, nih. Kamu bisa beriklan di Instagram untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan sesuai target yang kamu inginkan. 

Lantas, apakah Instagram Ads benar-benar bisa memengaruhi penjualan? Menurut Instagram sendiri, sekitar kurang lebih 62% penggunanya menyatakan bahwa mereka menemukan produk-produk baru dari iklan di media sosial tersebut. Artinya, lewat Instagram Ads kita akan mendapat konversi dari exposure menjadi sales.

Cara Membuat Instagram Ads Yang Mudah

Ada kabar baik juga untuk kamu yang punya target market usia remaja, menurut Hootsuite, Instagram bisa menjangkau remaja lebih banyak daripada media sosial lain seperti, Facebook atau Twitter.

Lalu, bagaimana membuat Instagram Ads? Simak yuk selengkapnya!

Langkah Pertama: Instagram Business Account!

Buat kamu yang ingin membuat Instagram Ads, hal pertama yang harus kamu miliki adalah akun Facebook dan akun Instagram-mu sudah menjadi business account. Hal ini adalah sesuatu yang wajib, karena akun Instagram biasa tidak akan bisa digunakan untuk membuat ads. Setelahnya, ada lima cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai iklan di Instagram, yaitu melalui: langsung lewat Instagram, Facebook Ads Manager, Facebook Power Editor, Facebook’s Marketing API, dan Instagram Partners

Dari kelima cara di atas, kamu bisa menggunakan Facebook Ads Manager yang paling mudah step by step-nya dan masih ‘ramah’ di kantong.

Tentukan Tujuan Ads 

Sebelum mulai proses pembuatannya, pastikan kamu sudah menentukan tujuan ads yang akan kamu buat. Setelahnya, Facebook akan membantu menentukan format iklanmu, bidding options, dan auto-optimization agar sesuai dengan tujuan campaign-mu. Akan ada banyak pilihan yang bisa kamu tentukan sesuai tujuanmu, mulai dari brand awareness, reach, traffic, store visits, sampai dengan store visit. Kemudian, kamu harus memberi nama untuk campaign yang akan kamu buat, serta menentukan waktu berlangsungnya campaign agar nantinya kamu bisa merekam data dan mengelola data tersebut sebagai learning untuk campaign berikutnya. 

Siapa Target Audience-mu?

Bicara soal target audience, kamu akan mendapatkan dua pilihan, yaitu membuat target audience baru atau menggunakan audience yang sudah ada sebelumnya

Tentukan target audiens dengan tepat, karena akan menentukan efektivitas ads-mu, serta berpengaruh pada biaya yang akan kamu keluarkan.

Selanjutnya, kita harus menentukan di mana ads kita akan ditayangkan, karena ini salah satu step penting yang harus dipertimbangkan baik-baik.Yang paling penting, sesuaikan dengan tujuan campaign-mu di awal.

Bagian berikutnya cukup menarik, yaitu bidding. Kamu harus menentukan pengeluaran dan bidding untuk ads-mu. Semakin besar biaya yang kamu keluarkan, Facebook akan semakin optimal dalam mendistribusikan ads-mu. Selain manual bid,  ada juga pilihan automatic bid, harga yang akan kamu bayarkan tergantung pada seberapa jauh jangkauan iklanmu dan seberapa banyak iklan yang mendapatkan exposure. Semakin berhasil iklanmu, akan semakin rendah pula harga bidding-nya. Artinya, dengan automatic bid, kamu bisa mendapatkan distribusi ads yang lebih optimal.

Pilih Format Ads Yang Sesuai

Setelah melakukan pengaturan pada ads yang akan kamu tayangkan, selanjutnya pilih format yang kamu inginkan. Instagram menyediakan tujuh format Instagram Ads, yaitu single image ads, carousel ads, video ads, slideshow ads, lead ads dan Instagram stories ads. Sesuaikan dengan konsep dan budget-mu untuk memilih format yang tepat. Jangan lupa untuk mengisi detail dari konten tersebut, mulai dari caption, copy di tombol CTA, dan lainnya. Terakhir, klik tombol place order untuk mengirimkan iklanmu untuk di-review dan dipublikasikan oleh Instagram. 

Nah, selamat mencoba untuk membuat Instagram ads-mu sendiri yah. Semoga bisa tepat sasaran dan mendatangkan banyak cuan!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini