Nggak Selalu Negatif, Ini Dampak Positif Dari Media Sosial

1
11
dampak media sosial

Membicarakan media sosial seperti tak pernah ada habisnya, selalu ada hal baru yang muncul setiap harinya. Penambahan fitur sampai dengan media sosial yang baru. Hal ini selalu menarik untuk diikuti, apa lagi oleh kita yang hidup ‘berdampingan’ dengan smartphone. Seperti tak bisa dipisahkan, antara smartphone dan media sosial seolah menjadi kebutuhan dalam keseharian hidup manusia. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak pun tak luput dari penggunaan media sosial.

Nah, penggunaan media sosial berlebihan seringkali menjadi ketakutan tersendiri bagi para orangtua dan keluarga, atau bahkan kolega. Nyatanya, media sosial bisa menimbulkan kecanduan pada beberapa pemakainya. Namun begitu, ternyata media sosial punya banyak dampak positif, selama kita menggunakannya dengan tepat. Kali ini Allstars akan merangkum beberapa hal positif yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan media sosial. Check it out!

Kamu sudah tau etika dalam bersosial media? Pelajari dan ketahui sekarang.

Memperluas Koneksi

Media sosial sering dikatakan menghubungkan orang banyak. Dari yang memang sudah kenal, sampai dengan yang sama sekali tidak kenal sebelumnya. Banyak cerita soal orang-orang yang sudah terpisahkan dalam waktu yang lama, kemudian bertemu kembali karena media sosial. Beberapa bahkan mendapatkan hal lebih dari situ, misalnya, mendapatkan rekanan kerja baru, kesempatan kerja, atau bahkan mendapatkan pasangan. Tentu saja, ada beberapa hal yang perlu diperiksa lebih jauh saat kita berkenalan dengan seseorang yang baru di media sosial demi menjaga kebaikan bersama. Yang paling penting, tujuan kita sendiri menggunakan media sosial adalah hal yang baik, yaitu memperluas koneksi.

Banyak Ilmu Baru

Zaman sekarang, banyak pertanyaan yang bisa dicari jawabannya lewat media sosial. Mungkin beberapa waktu yang lalu, kamu tidak mengetahui cara untuk memasak, tapi setelah mencari informasinya lewat media sosial, tiba-tiba kamu bisa dengan mudahnya memasak dengan hasil yang enak. Itulah kemudahan yang diberikan media sosial saat ini. Banyak ilmu baru yang tersebar dan pastinya akan memberi dampak positif untuk kita. Tentukan sendiri apa hal yang ingin kamu pelajari, misalnya dalam minggu ini dan lihat perkembangannya. Walau ada beberapa hal yang mungkin susah kita tiru, tapi paling tidak ada bekal ilmu dan pengetahuan yang sudah kita peroleh setelahnya.

Kamu sudah tau etika dalam bersosial media? Pelajari dan ketahui sekarang.

Sarana Promosi 

Hal positif lainnya dari media sosial adalah kemudahan untuk kita mempromosikan sesuatu. Bayangkan, jika dulu kita harus pergi ke banyak tempat atau harus mengeluarkan biaya yang tak murah untuk mempromosikan sesuatu, kini lewat media sosial kita tak perlu dipusingkan lagi oleh hal itu. Kamu hanya perlu memposting konten hal yang akan kamu promosikan, yang biasanya diikuti dengan tagging ke teman atau tokoh dengan followers yang banyak dan harapannya repost dari mereka akan menaikkan jumlah impresi pada konten kita. 

Informasi Terkini

Berita terbaru kini tak lagi kita lihat dari layar televisi, namun dari layar smartphone kita. Laporan para netizen pada kejadian tertentu selalu menjadi hal pertama, jauh sebelum diramaikan oleh awak media. Hal ini membuat hal baru dalam bidang komunikasi yaitu citizen journalism, di mana masyarakat bisa menjadi reporter langsung saat menemui sebuah kejadian. Tentu saja lewat postingan mereka di media sosial yang nantinya secara organik akan tersebar luas, selama berita tersebut menarik.

Belanja Jadi Makin Mudah

Di kala pandemi seperti saat ini, tentu kita berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi durasi keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain. Ada satu hal yang sebenarnya mengharuskan kita keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain, yaitu berbelanja. Nah, gara-gara media sosial, hal itu tak perlu dilakukan lagi. Yup, kini belanja semudah menggerakkan jarimu di smartphone-mu. Tinggal pilih aplikasi, merchants, hingga pembayaran yang paling tepat buatmu, barang yang kamu pilih akan diantar langsung ke depan rumahmu. Selain mudah, hal ini akan memberikan banyak waktu untuk melakukan hal lainnya sembari menanti hasil belanja tiba.

Kamu sudah tau etika dalam bersosial media? Pelajari dan ketahui sekarang.

Itu tadi beberapa dampak positif yang bisa diperoleh dari menggunakan media sosial. Tentu masih banyak lagi hal positif lainnya, termasuk hal negatif. Itu semua kembali pada kita sebagai pengguna. Be wise dalam menggunakannya ya, guys!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini