Dear Bisnis, Mulai Libatkan Influencer di Strategi Affiliate Marketing-mu!

0
54
affiliate marketing ilustrasi

Sebagai pelaku bisnis, terdapat banyak strategi yang digunakan untuk mengembangkan bisnis sekaligus mengembangkan pasar lebih luas lagi. Nah, buat kamu para pelaku bisnis, pernah mendengar tentang affiliate marketing

Strategi marketing yang satu ini memang bukan sesuatu yang baru, namun sampai sekarang masih menjadi pembicaraan dan makin banyak diterapkan oleh para pelaku bisnis, baik yang bisnisnya baru dimulai maupun yang sudah lama berjalan. 

Dengan melibatkan para influencers, strategi affiliate marketing nyatanya memberikan hasil yang signifikan, mengingat zaman sekarang banyak hal yang bermuara dari media sosial atau platform digital lainnya.

Mudahnya, prinsip kerjanya adalah penjualan berbasis komisi. Pelaku bisnis atau pemilik usaha (affiliate merchant) akan memberikan komisi dengan persentase atau jumlah tertentu kepada influencer (affiliator) yang berhasil menjual produk atau jasanya yang ditawarkan. 

Cara penjualan yang dilakukan affiliator adalah menggunakan kode atau link unik yang disebarkan ke berbagai platform digital. Nantinya, tiap penjualan yang berhasil dan berasal dari klik kode atau link tersebutlah yang akan menjadi perhitungan komisi. Biar semakin jelas bagaimana peran, cara, dan apa untungnya menjadi affiliator, kamu bisa membacanya di sini.

Kembali ke pemilik bisnis, yang menjadi elemen terpenting dalam strategy ini tentu saja adalah kolaborasi dengan influencer itu sendiri. Dengan memilih influencer yang tepat dan relevan, strategi ini akan mudah dijalankan dan membuahkan hasil yang baik. 

Yang perlu diperhatikan lagi, affiliate marketing kerap disamakan dengan influencer marketing, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar. Yang membedakan adalah sistem kerjasamanya. Jika affiliate marketing menerapkan sistem komisi di mana influencer akan menerima pembayaran jika kode unik atau link-nya digunakan, sementara influencer marketing menerapkan pembayaran di muka dengan perjanjian yang sudah disetujui oleh kedua pihak. 

Sekarang, bagaimana pemilik bisnis atau brand bisa memanfaatkan peran influencer dalam strategi affiliate marketing yang dijalankan? 

Cara Influencer Membantu Strategi Affiliate Marketing

Ada 3 hal yang bisa membuat seorang influencer bisa membantu strategi affiliate marketing:

Influencer sudah punya targeted audiences

Seseorang menjadi influencer terutama karena konten-konten yang dihasilkan punya manfaat atau paling tidak menarik bagi followers-nya. Selain itu, ada niche tertentu yang membentuk audiensnya. 

Misalnya saja, kamu memiliki sebuah produk kecantikan, tentunya beauty influencer yang akan kamu ajak kerja sama, ketimbang influencer dengan niche olahraga atau game. Perlu diingat bahwa influencer juga punya kemampuan untuk mempengaruhi audiens dengan caranya masing-masing.

Lebih autentik

Tiap influencer memiliki cirinya masing-masing, walau memiliki niche atau fokus konten yang sama. Karena itulah cara berkomunikasi seorang influencer biasanya memiliki autentikasinya sendiri. Ada yang menggunakan storytelling, narasi yang menarik, study case, dan masih banyak lagi cara-cara yang bisa digunakan. Itulah kenapa influencer kerap mendapatkan audiens yang loyal dan percaya, karena cara berkomunikasinya yang tidak kaku serta terlalu direct.

Membentuk peluang kolaborasi jangka panjang

Karena tidak ada batasan waktu dalam strategi ini, kemungkinan bekerja sama atau berkolaborasi dalam jangka panjang pun bisa tercipta. Jika melihat lagi salah satu keuntungan affiliate marketing yang mana bersifat win win solution, pemilik bisnis atau brand tidak perlu khawatir dengan budget yang tinggi untuk kolaborasi jangka panjang.

Nah, jika kamu ingin mencari influencer untuk diajak berkolaborasi, Allstars Indonesia sebagai platform influencer marketing pertama di Indonesia akan memberikan banyak pilihan influencer dengan berbagai latar belakang. Yuk, mulai pencarian influencer yang sesuai di Allstars sekarang!

Baca Juga : Cari Uang Online dengan Affiliate Marketing!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini