Pentingkah KOL Marketing dalam Sebuah Bisnis? Yuk, Intip Penjelasannya!

0
64
ilustrasi KOL

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, strategi marketing saat ini banyak melibatkan peran KOL (Key Opinion Leader) untuk mencapai kesuksesan. Jika di masa-masa sebelumnya, iklan adalah marketing tools yang paling “ampuh”, posisinya kini bergeser dengan peran KOL. Hal ini selaras dengan penelitian Nielsen yang menyatakan bahwa. sebanyak 92% masyarakat saat ini lebih mempercayai rekomendasi dari individu ketimbang dari sebuah iklan.

Namun, apa sebenarnya KOL itu?

KOL adalah sosok yang memiliki keahlian, wawasan, atau expertise di suatu bidang. Dengan sekelompok audiens yang juga memiliki interest di bidang yang sama. Sementara itu, KOL marketing merupakan suatu kerja sama yang melibatkan bisnis atau brand bersama para KOL. Umumnya, KOL yang diajak kolaborasi memiliki kesamaan dengan niche bisnis, adanya kesesuaian antara bisnis dengan audiens yang dimiliki oleh KOL.

Peran KOL dalam Strategi Marketing

KOL Allstars dalam bisnismu
Infographic KOL Allstars

Meningkatkan brand awareness

Sebagai sosok yang dipandang, dipercaya, serta memiliki pengikut loyal dalam jumlah yang banyak. Seorang KOL bisa meningkatkan brand awareness dengan mudah. Dengan keahlian serta persona yang dimiliki seorang KOL. mereka dapat memberikan edukasi tentang produk atau jasa yang sedang di-handle dengan cara yang efektif serta dipercaya oleh audiensnya.

Mendorong pembelian sebuah produk

Kembali ke soal kepercayaan, people trust people. Berbeda dengan influencer yang mengandalkan popularitas, KOL adalah orang-orang yang memiliki kualifikasi yang valid di bidangnya masing-masing. Oleh karena itu, saat memasarkan sebuah produk atau jasa. para audiens dari KOL tersebut akan terdorong untuk membeli atau paling tidak mencari tahu informasi seputar produk atau jasa tersebut karena kualifikasi dari KOL tersebut sebagai pakar di bidangnya.

Meningkatkan kredibilitas bisnis

Sebagai seorang figur yang sudah memiliki reputasi karena kualifikasinya, pendapat seorang KOL akan sangat berpengaruh bagi audiensnya. Produk atau jasa yang diperkenalkan dan dipromosikan secara positif oleh KOL akan menghasilkan reputasi positif. Baik bagi brand barang atau jasa tersebut.

Membedakan brand dengan kompetitor

Yang terakhir adalah tentu saja brand akan mendapatkan perhatian lebih dari calon konsumen. Atau konsumen dengan brand kompetitor yang tidak melibatkan peran KOL. Pasalnya, seperti yang sudah disebut di poin ke-3, dengan reputasi yang sudah dimiliki KOL. maka masyarakat akan memberikan lebih memperhatikan brand yang dipromosikan oleh KOL tersebut (di luar campaign lainnya, misalnya promo, undian berhadiah, social media activity).

3 Hal Penting dalam Memilih KOL yang Tepat untuk Bisnis

Jumlah KOL yang ada hingga saat ini pun terus bertambah. itulah sebabnya pemilik bisnis atau brand harus bisa memilihnya dengan tepat. Namun, alangkah baiknya bagi para pemilik bisnis untuk memilih KOL yang tepat agar campaign bisa berjalan sesuai rencana. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih KOL yang tepat, antara lain:

Target Audiens

Pemilik bisnis atau brand harus bisa mengenali target audiensnya sendiri serta target audiens KOL yang akan diajak bekerja sama. Dengan mengetahui hal ini, proses seleksi akan semakin mudah dan pemilik bisnis atau brand bisa berkolaborasi dengan KOL yang tepat. 

Relevansi

KOL yang akan dipilih untuk bekerja sama harus memiliki relevansi. baik niche KOL dengan produk maupun produk dengan audiens KOL tersebut. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar strategi bisa sesuai sasaran. Jika ada rencana untuk pengembangan audiens pun, relevansi tetap menjadi hal yang utama.

Engagement Rate

Yang terakhir adalah jumlah audiens atau seberapa besar engagement rate seorang KOL. Semakin tinggi dan berkualitas kedua hal tersebut, tentu akan berpengaruh pula pada makin tingginya budget yang perlu disiapkan. Walau begitu, hasilnya bisa membawa kesuksesan pada sebuah campaign.

Nah, yang tidak kalah pentingnya, para pemilik bisnis atau brand harus mengetahui apa saja peran KOL dalam strategi marketing. Simak yuk penjelasannya di bawah ini!

Itulah peran serta kelebihan KOL yang pemilik bisnis atau brand ketahui. Dengan reputasi serta keahlian mereka, KOL bisa dibilang menjadi salah satu yang berperan dalam respon positif. serta kemajuan sebuah produk atau jasa dari brand. Kamu juga bisa bergabung dengan Allstars Indonesia. platform influencer marketing yang akan membuatmu terhubung dengan banyak brand ternama dari berbagai industri yang akan membuat peluangmu sebagai content creator semakin besar

Untuk mengetahui lebih banyak lagi tips atau informasi seputar branding dan marketing, pastikan kamu mendapatkannya hanya di Allstars!

Baca : KOL dengan konten sketsa komedi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini