Yuk, Kenalan Dengan Online Marketing Strategy dan Kelebihannya!

0
24
online marketing advantage

Saat ini, kemudahan demi kemudahan bisa kita nikmati dengan adanya kemajuan teknologi informasi. Misalnya saja, jika dulu sebuah meeting harus dilakukan secara offline, kini meeting bisa dilakukan secara online dari rumah masing-masing. Begitu juga menjual barang yang kini tak lagi mengharuskan pemilik usaha memiliki toko fisik, termasuk dengan menyiapkan online marketing strategy terbaik untuk bisnis.

Di balik kemudahan-kemudahan tersebut, nyatanya banyak orang-orang yang harus bisa cepat tanggap dan mengikuti perubahan tersebut, di antaranya mereka-mereka yang bekerja di bagian pemasaran atau marketing. Perubahan besar yang terjadi di lini marketing, mengubah strategi yang sudah dijalankan selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, para pelaku marketing tentu saja harus mengenal strategi online marketing

Mudahnya, online marketing strategy adalah semua upaya yang dilakukan oleh para pemilik bisnis atau brand untuk menjangkau pelanggannya melalui internet. Tak berhenti pada sales semata, lewat online marketing strategy para pemilik bisnis atau brand juga dapat menyampaikan pesan atau value terkait produk atau layanan yang ditawarkan kepada konsumen. 

7 Kelebihan Menjalankan Online Marketing Strategy

Setelah mengetahui apa itu online marketing strategy, Allstars akan menjabarkan apa saja kelebihan dari strategi marketing yang satu ini.

Akses yang luas

Menjangkau konsumen secara online berarti menghapuskan jarak yang ada. Kita bisa dengan mudah “menemui” para pelanggan lewat aset digital yang kita miliki, bahkan sampai ke luar negeri. Tentu saja, setelah menganalisis report yang ada, kita bisa memaksimalkan daerah yang memiliki pelanggan potensial terbanyak.

Mendapatkan feedback instan

Feedback dari pelanggan sangat penting diterima demi improvement produk. Lewat online marketing, pelanggan bisa memberikan feedback terkait produk atau jasa yang digunakan lewat aset digital yang dimiliki brand. Tak hanya itu, banyak pula content creator yang membuat konten review atas produk yang sudah digunakan.

Terhubung tanpa batas waktu

Sama seperti poin nomor 1, tak hanya akses yang luas, waktu pun tidak melimitasi komunikasi dalam online marketing. Begitu juga dengan zona waktu yang kini tak lagi jadi masalah. Para pelanggan bisa berkomunikasi dengan brand di waktu yang tak terbatas. Selain itu, biasanya sebuah brand akan menyediakan layanan customer services selama 24 jam. 

Operasional dalam waktu singkat

Dengan adanya koneksi lewat internet, kegiatan operasional bisa berjalan dalam waktu yang singkat. Komunikasi antardivisi atau pihak terkait jadi semakin mudah dan cepat. 

Iklan digital

Berbeda dengan iklan di televisi atau billboard (ATL), pemilik bisnis kini bisa dengan mudah menentukan target audience atas iklan digital yang dibuat. Dengan mengetahui segmentasi pelanggan potensial, iklan yang dibuat tentu akan memiliki hasil yang optimal dalam jangkauannya.

Bisa menghemat banyak waktu

Baik brand atau pelanggan kini bisa lebih menghemat waktunya untuk saling terhubung. Brand bisa dengan mudah mendapatkan data para pelanggannya, begitu pula para pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan informasi seputar produk atau jasa yang akan dibelinya. Semuanya lewat digital!

Bisa terus terhubung dengan pelanggan

Terakhir yaitu poin yang paling penting. Bagi para pemilik bisnis dan brand, pelanggan adalah orang yang paling berarti bagi bisnisnya. Oleh karena itu, terus terhubung dengan mereka bisa jadi bahan dalam pengembangan produk atau jasa yang dibuat, sekaligus menjadikan mereka para pelanggan jangka panjang.

3 Online Marketing Strategy yang Populer

Berikut adalah contoh online marketing strategy yang banyak digunakan saat ini:

Content Marketing

Strategi ini mungkin yang paling banyak digunakan saat ini. Para pemilik bisnis atau brand menggunakan website untuk menampilkan konten, baik dalam bentuk foto, video, dan tulisan dengan tujuan agar calon konsumen bisa lebih mengenal produk atau jasa yang ditawarkan.

Mobile Marketing

Karena mayoritas pembelian online diakses lewat HP atau mobile phone, mobile marketing menjadi penting untuk dilakukan. Jika dulu marketers menggunakan SMS sebagai medianya, kini banyak hal yang bisa dikembangkan seperti algoritma pencarian untuk relevansi produk, newsletter, hingga aplikasi khusus untuk produk tertentu.

Social Media Marketing

Dengan penggunanya yang semakin bertambah, media sosial juga menjadi “lahan gembur” untuk online marketing. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti membuat akun khusus brand hingga menggunakan jasa influencer digital untuk memasarkan produk lewat media sosial.

Jadi, kapan bisnismu akan menjalankan online marketing strategy yang terbukti membawa banyak kelebihan di era sekarang? Jangan lupa untuk lengkapi juga strategi marketing-mu dengan influencer yang bisa kamu pilih hanya di Allstars, ya!

Baca juga : Ingin bisnismu banyak pelanggan gunakan online marketing

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini