Bikin Konten TikTok yang Menarik Agar Makin Banyak yang Klik, Ini Tipsnya

0
135
contoh konten tiktok yang menarik

TikTok merupakan platform video musik dan jaringan sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat video pendek dan membagikannya, tentu dengan menggunakan musik serta bermacam efek menarik. Sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh, pembuatan konten TikTok yang menarik bisa membuatmu terkenal, lho.

Di Indonesia, aplikasi ini punya sekitar 99,1 juta pengguna yang berusia 18 tahun ke atas pada tahun 2022. Jumlah tersebut menjadikan Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan jumlah pengguna aktif terbesar yang menghabiskan waktu di TikTok, rata-rata sebanyak 23,1 jam per bulan.

Namun, dengan banyaknya pengguna, tentu kompetisi jadi semakin besar agar konten TikTok kamu dilirik banyak orang. Tenang saja, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat konten TikTok yang menarik sehingga banyak di-klik!

3 Tips Membuat Konten TikTok yang Menarik

Jadi, apa yang harus kamu lakukan untuk membuat konten TikTok yang menarik perhatian banyak orang? Berikut beberapa tipsnya untuk kamu coba!

Lakukan berbagai gaya

Pertama-tama, kamu perlu rajin melakukan berbagai gaya konten TikTok untuk menemukan mana yang paling cocok untukmu dan menghasilkan banyak views. Berikut beberapa contoh gaya konten TikTok yang bisa kamu coba:

Video berdasarkan sound trending

Salah satu jenis konten video terbaik untuk TikTok adalah video berdasarkan sound yang sedang tren. Peran sound sangat krusial bagi konten TikTok. Nah, menggunakan sound yang sangat populer pada video bisa membuat video buatan kamu jadi lebih menarik.

Video berdasarkan trending hashtags

Sama seperti Twitter, TikTok juga punya Discover section yang memungkinkan para penggunanya untuk dapat melihat video dan tagar populer. Kamu bisa mengandalkan info dari bagian ini untuk melihat apa yang sedang tren di TikTok dan mulai merencanakan strategi konten yang menarik.

TikTok challenge

Seperti banyak platform media sosial lainnya, challenge sangat populer di TikTok. Masih ingat Ice Bucket Challenge, kan? Jika TikTok sudah ada saat itu, pasti postingan video ember es ini bakal viral. Sekarang, semakin banyak TikTok challenge yang bisa kamu buat, misalnya K-Pop dance.

Video sinkronisasi bibir (lip-syncing)

Bersamaan dengan video dance, video lip-sync adalah jenis konten pertama yang membuat TikTok dikenal. Meski platform ini sudah berkembang dan punya banyak jenis video berbeda yang tak kalah populer, video lip-syncing tetap menarik dan disukai. Jenis video ini masih jadi salah satu video yang paling banyak dilihat di TikTok.

Tutorial

Apa pun jenis akun TikTok-mu, pasti ada beberapa jenis video tutorial yang bisa kamu buat, kan? Jenis video ini sangat populer di TikTok. Faktanya, hashtag #tutorial punya sekitar 75,6 miliar tampilan di TikTok. 

Buat konten memiliki ciri khas

Salah satu faktor yang membuat TikTok disukai adalah fitur perekaman dan editing bawaannya yang memudahkan pembuat konten untuk merekam, mengedit, dan memposting konten video dengan cepat dan menjadikannya viral. Nah, agar kontenmu unggul dari berbagai konten TikTok lain, kamu perlu membuat konten yang memiliki ciri khas. 

Contohnya, jika ingin membuat konten dance, kamu bisa mengkhususkan diri untuk cover dance K-Pop. Atau kalau kamu punya talenta di bidang seni dan ingin menunjukkan bakat di TikTok, kamu bisa rekam video saat membuat karya seni, tingkatkan kecepatannya, dan posting videonya. Jenis proyek seni apa pun bisa kamu share di TikTok, mulai dari kerajinan hingga DIY. Kamu bahkan bisa merekam teman atau anggota keluarga jika mereka tak kalah kreatif.

Buat dan unggah secara konsisten

Untuk membuat konten TikTok yang menarik dan banyak dilihat, kamu perlu buat dan unggah konten TikTok secara konsisten. Semakin sering, tentu semakin baik. Namun, hal tersebut akan percuma apabila kamu tidak konsisten. Misalnya, dalam sehari kamu bisa posting lima video di TikTok, tapi setelahnya kamu baru posting video lain seminggu kemudian. Kalau begini, bisa-bisa followers pun jadi lupa akan kehadiranmu di TikTok.

Karenanya, konsistensi menjadi kunci. Sebagai contoh, tidak apa-apa, kok, posting konten video sehari sekali saja di TikTok. Namun, lakukan itu setiap hari atau mungkin 2-3 hari sekali agar kamu bisa dapat lebih banyak views. Dengan begitu, peluang kontenmu masuk FYP pun jadi lebih besar!

Kini, kamu sudah tahu apa yang perlu dilakukan untuk membuat konten TikTok yang menarik dan di-klik banyak orang. Bahkan bukan tidak mungkin nantinya ada brand yang tertarik bekerja sama dengan kamu, lho!

Nah, agar lebih mudah terhubung dengan berbagai brand, kamu bisa bergabung bersama Allstars, platform influencer marketing terbesar di Indonesia. Di Allstars, kamu punya kesempatan lebih besar untuk bekerja sama dengan banyak brand dari berbagai industri. Yuk, gabung dengan Allstars sekarang juga!

Baca juga : Cara Live Tiktok tanpa 1000 followers!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini