Cara Bikin Konten yang Menarik untuk Content Creator Pemula

0
148
konten kreator pemula

Content creation adalah bentuk kontribusi media yang menarik audiens tertentu. Sebagai content creator pemula, kamu perlu menemukan dan membangun subjek atau topik yang menurut audiensmu menarik. Tentu saja cara membuat konten yang menarik harus sesuai dengan target audiens membutuhkan pengetahuan yang cukup.

Lantas, gimana cara bikin konten yang menarik, terutama dalam meraih dan mengumpulkan audiens sekaligus menciptakan sebuah community? Yuk, cari tahu jawabannya dalam artikel ini!

Apa yang Biasanya Cara Membuat Konten yang Menarik?

Cara membuat konten yang menairk biasanya memiliki beberapa hal berikut ini:

Video

Kini, foto dan teks saja tidaklah cukup. Kemajuan teknologi dan content creation menjadi semakin mudah diakses oleh hampir semua content creator. Karenanya, sebagai content creator pemula, kamu harus mengikuti perkembangan zaman dengan cara membuat konten live streaming dan video. Jenis konten ini dapat membantu audiens lebih terhubung dengan kamu sehingga bisa menciptakan relationship jangka panjang.

Orisinal

Suatu konten akan dikatakan menarik jika orisinal. Saat kamu menawarkan audiens sesuatu yang tidak ditawarkan oleh content creator lain, itu artinya kamu memberikan informasi yang orang lain belum berikan. Jadi, pastikan ide, pesan, dan keseluruhan identitas konten yang kamu buat selalu orisinal, ya.

Cara Membuat Konten yang Menarik bagi Content Creator Pemula

Sebagai content creator pemula, ada beberapa tips sederhana yang perlu kamu ketahui agar bisa membuat konten yang menarik perhatian target audiens, di antaranya:

1. Punya tujuan yang pasti

Agar terarah dan fokus, kamu harus memahami apa tujuan yang ingin kamu raih dari pembuatan konten. Memiliki tujuan yang pasti juga akan membantu kamu mengidentifikasi jenis konten yang ingin kamu buat. Misalnya, kamu mungkin ingin menjadi seorang influencer. Untuk mencapai tujuan ini, kamu perlu menyediakan konten yang relevan dan berkualitas tinggi sesuai target audiens.

Pilihlah format konten yang akan dibuat dan bagaimana kamu akan membagikannya di platform media sosial. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan Instagram untuk berbagi konten visual seperti video atau gambar, website untuk konten tertulis seperti artikel atau posting blog, dan platform lain untuk berbagi kombinasi keduanya.

2. Sesuaikan dengan audiens

Seperti disinggung sebelumnya, kamu bisa membuat konten yang menarik jika menyesuaikan jenis konten dengan audiens. Untuk itu, kamu perlu memilih niche, yakni area khusus yang ingin kamu geluti, misalnya fashion, food, travel, dan lain-lain.

Jika niche sudah ketemu, kamu bisa fokus membuat konten pada satu area industri saja. Sehingga, akan lebih mudah bagimu untuk membangun otoritas dan dengan demikian menarik audiens. Alhasil, kamu jadi terbantu dalam menargetkan audiens yang lebih spesifik, sehingga konten yang kamu buat bisa benar-benar sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

3. Tentukan jenis konten yang ingin dibuat

Untuk menentukan jenis konten yang ingin dibuat, pikirkan tentang tujuan yang kamu miliki terhadap audiens. Misalnya, kamu mungkin ingin audiens membeli sesuatu, membagikan konten yang kamu buat, subscribe, atau mengunduh sesuatu. Jika tujuannya jelas, kamu bisa tentukan konten seperti apa yang sesuai untuk kamu buat dan bagaimana kamu akan membagikannya.

4. Gunakan perspektif yang unik tetapi relevan

Pernahkah kamu memikirkan tentang apa yang membuatmu unik dibandingkan content creator lain? Jika kamu sudah menemukan apa yang membuatmu unik, selanjutnya kamu bisa menentukan strategi untuk menampilkan keunikan tersebut. Ada banyak konten di luar sana, jadi kamu harus bisa menonjol.

Kamu dapat menerapkan perspektif yang unik, tapi relevan, misalnya dengan menggunakan angle yang emosional. Angle seperti ini akan membuat banyak orang merasa bersimpati, bahkan relate, sehingga membuatmu lebih gampang terkenal sebagai content creator.

Demikian informasi tentang cara membuat konten yang menarik untuk content creator pemula. Sebagai content creator pemula, tentunya kamu perlu rajin membuat banyak konten yang nantinya bakal berfungsi sebagai portofolio. Namun, ingat, fokuslah pada satu niche supaya bisa memperkuat self-branding kamu juga.

Dengan begitu, kamu juga akan lebih mudah ditemukan oleh brand yang tertarik untuk bekerja saja. Apalagi kamu bergabung dengan Allstars Indonesia, platform influencer marketing yang bisa membantumu terhubung dengan banyak brand dari berbagai industri. Bersama Allstars, jalan menuju kesuksesan sebagai content creator jadi semakin terbuka lebar!

Baca juga : Cara membuat konten Instagram yang menarik!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini