Yuk, Simak Cara Live TikTok Tanpa 1000 Followers!

0
138
Live tiktok with Allstars

Sejak mengalami booming pada tahun 2020, TikTok menjadi media sosial yang tumbuh pesat. Salah satu penyebabnya ternyata berasal dari fitur live streaming yang ada pada aplikasi, yaitu TikTok live

Tiktok live ini kemudian banyak dimanfaatkan untuk kegiatan live shopping. Aktivitas promosi satu ini begitu menjanjikan mengingat 40% pengguna TikTok usia Gen Z ternyata pernah membeli setidaknya satu barang saat menonton live shopping di media sosial.

Menggunakan fitur live di TikTok memungkinkan kamu untuk terlibat dengan pengikut di platform ini dan membangun komunitas. Lewat fitur live, TikTok menawarkan cara untuk memaksimalkan pengalaman bagi kreator dan penonton saat melakukan siaran langsung. 

Menariknya lagi, kamu tak perlu punya 1000 followers dulu untuk bisa live TikTok. Berikut cara live Tiktok tanpa 1000 followers

Pengertian dan cara kerja TikTok Live

Pada 2019, TikTok meluncurkan fitur live yang memungkinkan pengguna dan pembuat konten untuk berinteraksi secara real-time melalui live streaming video. Live streaming video ini memungkinkan TikTokers terhubung dengan pengikut mereka secara real-time menggunakan komentar. 

Pengguna 16 tahun ke atas dapat meluncurkan live, sedangkan pengguna 18 tahun ke atas dapat mengirim dan menerima hadiah selama live berlangsung.

Nah, untuk menggunakan fitur live di TikTok melalui iPhone atau Android, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi dan klik tanda ‘+’.
  2. Geser ke tab ‘LIVE’.
  3. Tambahkan judul.
  4. Klik ‘Go Live’ atau ‘Siarkan Langsung.’

Setelah siaran langsung, kamu dapat mengakses rekaman hingga 90 hari dengan membuka tab “pengaturan dan privasi” serta memilih “LIVE replay”. Dari sana, kamu dapat mengunduh video langsung atau menghapusnya.

Cara live Tiktok tanpa 1000 followers

Jika kamu tidak bisa melakukan siaran langsung di TikTok, ada beberapa alasan yang bisa jadi penyebabnya, yaitu:

  • Kamu berusia di bawah 16 tahun.
  • Followers kamu kurang dari 1.000.
  • Kamu telah melanggar salah satu peraturan TikTok dan sedang dalam penangguhan atau peninjauan.

Jika kamu memenuhi ketiga persyaratan tersebut, tapi masih tidak bisa melakukan siaran langsung, kamu dapat melaporkan masalah ini ke TikTok. Menariknya, kamu yang belum memiliki 1000 followers tetap bisa melakukan live TikTok. Berikut cara live Tiktok tanpa 1000 followers: 

  1. Buka aplikasi Tiktok.
  2. Masuk menu Profile, klik tombol garis tiga di kanan atas.
  3. Pilih menu Settings and Privacy.
  4. Di bawah Support, klik Report a Problem.
  5. Klik menu LIVE dan pilih “I can’t start a LIVE”.
  6. Submit.
  7. Jika berhasil, maka kamu sudah bisa melakukan LIVE

Cara live Tiktok tanpa 1000 followers ini sebenarnya bergantung pada keberuntungan. Jika beruntung, tim support TikTok mungkin akan memberikan izin untuk kamu melakukan live meskipun belum memiliki 1000 followers. Jika sudah bisa melakukan live TikTok, kamu dapat memanfaatkannya terutama dalam hal live shopping, di mana kegiatan ini bisa membawa banyak manfaat seperti perluasan audiens hingga meningkatkan potensi pembelian.

Tips maksimalkan TikTok Live

Agar aktivitas live streaming di TikTok Live bisa membawa hasil optimal untuk brand kamu, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Tentukan tujuan dan rencana 

Pastikan kamu melakukan persiapan. Pikirkan tentang apa yang ingin kamu lakukan sebelum melakukan live. Tidak perlu menulis skrip, buat saja rencana tentang flow live untuk membantu kamu tetap fokus. Dalam melakukan TikTok live, menentukan tujuan dari live tersebut dan membuat rencana yang menyeluruh sesuai dari tujuan tersebut sangat penting agar aktivitas selama live bisa lebih terstruktur.

2. Engage dengan audience

Saat kamu melakukan TikTok live, pikirkan juga tentang bagaimana caranya untuk terlibat atau engage dengan audiens. Caranya bisa dengan menanggapi komentar atau menjawab pertanyaan audiens. Kamu dapat memanfaatkan TikTok live sebagai cara untuk membangun hubungan dengan audiens. Sama seperti video TikTok bentuk pendek biasa, kamu memiliki akses ke filter, efek, dan kontrol kamera. 

3. Beri pemberitahuan sebelumnya

Salah satu faktor penting yang perlu diingat saat ingin melakukan TikTok live adalah kapan ingin melakukannya. Jam prime time memberikan waktu terbaik untuk streaming, namun kamu juga harus mempertimbangkan audiens. Cobalah sesuaikan waktu TikTok live bertepatan dengan waktu audiens paling aktif. Tak kalah penting, pastikan kamu beri pemberitahuan sebelumnya agar semakin banyak audiens yang tahu dan nonton live kamu.

Sekarang kamu sudah tahu cara live TikTok tanpa 1000 followers yang bisa dimanfaatkan untuk mengadakan live shopping maupun keperluan lain. Agar hasilnya makin optimal, kamu bisa mengundang influencer untuk hadir selama sesi live TikTok berlangsung.

Pastikan saja influencer tersebut memang aktif di TikTok dan memiliki konten yang sesuai bidang bisnis kamu. Tak perlu bingung, kamu bisa menemukan influencer tersebut melalui Allstars, platform influencer marketing pertama di Indonesia! 

Tak hanya sebagai platform yang menghubungkan brand dan influencer, Allstars juga punya layanan Allstars Live yang masih under development dan bisa dimanfaatkan oleh para brand. Meskipun fitur dari Allstars Live akan mengikuti fitur yang sudah ada pada TikTok Live, tetapi mulai dari preparation hingga eksekusinya akan dibantu dan dipersiapkan oleh Allstars. Tertarik? Sambil menunggu launching, saatnya daftarkan brand-mu di Allstars. Klik di sini untuk info selengkapnya dan jangan lupa follow Instagram Allstars!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini